5 Tipe Investasi Yang Sering Dilupain Sama Orang

5 Tipe Investasi Yang Sering Dilupain Sama Orang 1

Ketika dengerin kata “Investasi” pasti hal yang ada di benak kalian sudah pasti tentang menaruh sejumlah uang di dalam produk keuangan yang dipilih, dengan harapan uang yang akan kalian taruh akan bertambah seiring berjalannya waktu atau justru di benak kalian malah adanya seperti reksadana, saham, obligasi, pasar uang, dan masih banyak lagi.

Yah, sebenarnya hal itu nggak salah juga sih, tetapi kalau dipikir-pikir secara mendalam konsep Investasi sendiri itu sebetulnya nggak cuma soal menabung saham dan menjual saham kok, karena sebenarnya ada banyak jenis-jenis investasi yang harus dilakukan oleh semua orang, namun sering banget dilupain.

1.Investasi pada ilmu

Jangan salah, mempelajari ilmu juga termasuk investasi loh dan malah menurut aku ilmu itu aset yang paling berharga yang pernah dimiliki oleh semua manusia. Bayangkan dengan adanya ilmu pengetahuan, kita sebagai manusia jadi bisa lebih muda menjalani hidup, bisa selesain suatu masalah menggunakan ilmu, selesain pekerjaan juga harus menggunakan ilmu, terus kalau mau mencari uang yang banyak dan efisien juga harus menggunakan ilmu, dan semuanya harus menggunakan ilmu.

Bahkan kalau kalian ingin membeli suatu saham yang ingin dijadikan sebagai investasi juga harus ada ilmunya, ya kali kalau kalian asal membeli saham-saham yang nggak jelas dan cuma modal yakin saham yang kalian beli bakalan naik, mau dari influencer atau kata hati, karena nggak akan masuk akal.

Mendapatkan suatu ilmu juga nggak mesti dari sekolah, bahkan diluar sekolah pun kamu juga bisa mendapatkan ilmu. Sebagai manusia tentunya kamu harus bisa mencari ilmu sebanyak mungkin dan teruslah belajar dan jangan pernah berhenti sampai kamu sudah tutup usia.

2.Investasi pada lingkungan tempat tinggal

Investasi pada lingkungan tempat tinggal yang aku maksud ialah seperti pertemanan, keluarga, tetangga deket rumah, dan sebagainya. Misalnya seperti investasi pertemanan, serius deh, kalo punya temen yang banyak itu bakalan mudah kalau menjalani hidup, karena kita jadi bisa punya relasi, dan seandainya jika kita sedang kesusahan mungkin saja bakalan ada yang akan menolong kita, meskipun persentase nya kecil sih. Maka dari itu sebisa mungkin kamu memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan siapapun, mau itu temen kuliah, temen SD, temen SMP, temen SMA, dan temen-temen yang lain juga jangan dilupain.

Terus juga keluarga jangan dilupain, karena keluarga lah menjadi satu-satunya tempat untuk kamu berteduh dan mengeluh ditambah menjadi tempat tinggal kamu, meskipun hal ini sebenarnya ada juga sih keluarga yang jahat, tetapi kalau keluarga kamu termasuk orang baik manfaatkan hal itu dan jangan pernah di sia-sia kan, terus sama lingkungan sosial, sebisa mungkin baik lah sama tetangga sebelah meskipun kadang tetangga mulut nya suka sakitin hati tapi ya mau bagaimana lagi, ketika api dibalas dengan api tentunya akan memancing masalah.

3.Investasi membuat karya

Hey, jangan salah, membuat karya juga termasuk investasi loh. Ketika seseorang yang terus-terusan membuat karya juga bisa menghasilkan uang yang banyak atau justru malah orang tersebut malah kerjaan nya terus membuat sebuah karya untuk menghasilkan uang. Karya sendiri juga nggak soal lukisan saja, semua bisa dianggap sebuah karya seperti penulis yang menciptakan sebuah buku hasil pemikirannya sendiri juga termasuk karya, lalu seorang penulis artikel seperti aku yang menulis artikel setiap harinya juga termasuk karya, seorang konten kreator yang setiap harinya membuat video juga termasuk karya, dan masih banyak lagi.

Makanya dari itu nih, kamu sebagai manusia yang masih hidup sekarang, cobalah untuk menciptakan karya sendiri karena hal itu bakalan menjadi sebuah kenangan ketika kamu sudah meninggal nanti, ditambah karya kamu akan selalu dikenang oleh seseorang.

4.Investasi kesehatan

Kesehatan adalah aset paling berharga yang harus dimiliki oleh semua manusia, karena dengan adanya kesehatan yang bagus, kita sebagai manusia bisa menjalani hidup yang jauh lebih enak. Coba bayangkan kalau kamu punya penyakit yang nggak bisa sembuh dan penyakit itu terus menggrogoti tubuh kamu sampai kamu mati, rasanya pasti nggak enak.

Untuk mendapatkan kesehatan yang bagus, kamu harus rutin berolahraga supaya tubuh tetap bugar, terus jangan lupa makan-makanan yang sehat, jangan makan sembarangan seperti makan yang pedes-pedes, makan junk food setiap hari dan sebagainya, terus jangan lupa rajin-rajin minum air putih dan jangan kebanyakan minum boba, kopi, teh, dan sebagainya, karena itu semua nggak baik. Terus jangan lupa sebisa mungkin rajin cek kesehatan ke dokter lah atau kalau merasa mahal ke dokter bisa coba beli asuransi kesehatan buat jaga-jaga seandainya kamu sakit parah.

5.Investasi pada bumi

Bumi adalah tempat tinggal semua manusia, maka dari itu kita sebagai manusia yang masih memiliki hati nurani coba deh investasiin juga kesehatan buminya dan jangan cuma dirinya sendiri aja yang di investasiin, dengan cara membuang sampah pada tempatnya, coba belajar tuh daur ulang sampah jadi barang-barang yang bisa dipakai, nggak usah lagi pakai plastik coba diganti dengan tas aja, terus tanam pohon sebanyak mungkin, gunakan kendaraan yang nggak memproduksi asap polusi yang banyak, dan sebagainya.

Itulah dia jenis-jenis investasi yang sering dilupain orang. Jadi pada intinya investasi juga nggak mesti soal menabung uang dan beli saham aja, dan semoga tulisan aku ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.