5 Tips Agar Mendapat Dukungan Dari Orang tua


5 Tips Agar Mendapat Dukungan Dari Orang tua 1

Cita-cita kalian tidak mendapat dukungan orang tua? yuk simak lima tips di bawah ini

Orang tua adalah elemen terpenting dalam hidup kita, mereka bagai pelita dalam kehidupan. Menerangi dalam kegelapan, mereka yang selalu mengarahkan kita.

Orang tua selalu mengharapkan yang terbaik pada anaknya, tidak sedikit orang tua yang mengharapkan anaknya menjadi sukses. nah, kita sebagai anak sudah pasti ingin membahagiakan orang tua, bukan? Kita pasti memiliki cita-cita agar bisa membahagiakan orang tua, lalu bagaimana jika orang tua tidak mendukung bahkan melarang cita-cita kita?

Yuk simak lima tips yang siapa tahu membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut.

1. Banyak Sharing Kepada Orang Tua

Hal pertama yang harus dilakukan adalah sharing, mulailah dari hal terkecil seperti menceritakan pengalaman kalian di sekolah. Tidak harus semua diceritakan, kalian bisa menceritakan teman kalian, bagaimana guru kalian di sekolah, bisa juga kalian menceritakan mata pelajaran apa yang kalian sukai dan yang tidak kalian kuasai.

Ceritakan juga bakat dan minat kalian, kenapa kalian suka dalam hal itu, dengan begitu orang tua bisa memahami kalian dan tahu apa yang kalian inginkan.

2. Jelaskan dengan Baik-baik Mengapa Kalian Memilih Cita-Cita tersebut

Cari waktu yang tepat untuk berbicara pada orang tua, lihat situasi dan kondisi terlebih dulu. Bicarakan dengan baik-baik, beri orang tua pengertian kenapa kalian memilih cita-cita tersebut dan jelaskan lebih detail dalam bidang yang kalian inginkan.

Jika orang tua tetap melarang, jangan sampai kalian emosi dan memberontak, cobalah berusaha tetap tenang dan jelaskan kembali bujuk mereka dengan baik-baik.

3. Beri Tahu Orang Tua Jika Banyak yang Sukses dalam Bidang Yang Sama dengan yang Kalian Minati

Sebagai contoh, jika kalian bercita-cita menjadi penulis, coba kalian cari penulis-penulis hebat dan pencapaian mereka. Kalian bisa mencari di internet atau media sosial lainnya, sudah pasti banyak pencapaian yang mereka raih.

Beri tahu orang tua jika di bidang menulispun banyak yang sukses dan kalian juga bisa sukses seperti penulis itu, kalian akan berusaha agar bisa sukses seperti beliau. Orang tua akan mengerti dan bisa jadi mereka mendukung kalian karena melihat kegigihan kalian.

4. Menunjukan jika Cita-Cita Kalian Sesuai dengan Bakat Kalian

Jika kalian berbakat menulis dan bercita-cita menjadi penulis, kalian bisa menunjukan karya-karya kalian kepada orang tua kalian. Atau jika kalian bercita-cita menjadi dokter kalian bisa tunjukan pengetahuan kalian dalam bidang itu, jika kalian bercita-cita sebagai penyanyi kalian juga bisa membuktikan dan menunjukan bahwa kalian bisa bernyanyi dengan baik.

5. Buktikan Jika Kalian Bisa Sukses di Bidang Yang Kalian Minati

Cara terakhir dengan membuktikan kepada orang tua jika kalian bisa sukses dalam bidang yang kalian minati, sebagai contoh jika kalian ingin menjadi pengusaha bisa mulai dari sekarang dengan hal kecil yaitu jualan online terlebih dahulu, jika jualan kalian laku dan semakin meluas relasinya kalian bisa membuat toko online.

Ketika orang tua melihat keberhasilan kalian mereka akan percaya kepada kemampuan dan keinginan kalian, dengan begitu mereka akan mendukung kalian. 

Bagaimana kelima tips di atas? Semoga bisa membantu kalian. Ingat, jangan putus asa tetap semangat walaupun orang tua tidak mendukung. Percayalah setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anaknya, setiap keputusan mereka itu pasti yang terbaik untuk kita. Semangat:)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Derestiara

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap