5 Tips Aman Memesan Makanan Via Online Saat Corona Melanda

5 Tips Aman Memesan Makanan Via Online Saat Corona Melanda

Saat ini dunia tengah berjuang melawan wabah corona, tak terkecuali di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk patuh menjaga jarak (physical distancing) selama pandemi berlangsung.

Untungnya, kemajuan teknologi saat ini memudahkan kita untuk melakukan berbagai kegiatan tanpa harus keluar rumah, salah satunya membeli makanan secara online.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar terhindar dari kemungkinan tertular virus mematikan ini saat memesan makanan. Apa saja? Yuk ikuti tips berikut ini.

1. Perhatikan Tempat Kita Memesan

Pilih restoran atau tempat makan yang terjamin kebersihannya, mulai dari kebersihan area restoran hingga pegawai yang memakai sarung tangan dan masker ketika mengolah sampai membungkus makanan ke dalam wadah.

Baca juga  Apakah Mungkin Kisah Hunger Games menjadi nyata di tengah Pandemi Covid-19?

2. Jaga Jarak Dengan Driver

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan driver. Beritahukan sebelumnya pada driver lewat aplikasi/chat agar menaruh makanan di tempat tertentu seperti di pagar atau teras rumah tanpa harus bertemu langsung.

3. Manfaatkan Metode Pembayaran Non-Tunai

Aplikasi penyedia jasa delivery biasanya memiliki beragam pilihan selain bayar di tempat/cash, antara lain melalui transfer atau uang elektronik (e-wallet).

Baca juga  Me Time Seru Meski di Rumah Aja

Opsi tersebut dapat dipilih agar kamu tidak perlu memegang uang tunai yang bisa jadi sarana penularan. Namun, pastikan saldo uang elektronik kamu mencukupi, ya.

4. Ganti Wadah Makanan

Setelah makanan sampai, pastikan untuk memindahkannya ke wadah bersih sebelum dikonsumsi dan segera buang kemasan atau wadah dari restoran ke tempat sampah.

Dikutip dari gridhype.id dalam siaran langsung Nakita.id, Dokter Reisa Broto Asmoro menganjurkan untuk memanaskan kembali makanan yang dibeli di luar rumah selama 3 menit di atas suhu 37 derajat untuk membunuh virus corona yang mungkin ada di dalam makanan.

Baca juga  5 New Normal yang Harus Dihadapi Paska Pandemik Covid-19

5. Cuci Tangan Sebelum Makan

Jangan lupa untuk mengikuti panduan mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum makan. Usahakan untuk tidak berbagi sendok dan peralatan makan lainnya dengan orang lain, walaupun mereka adalah orang serumah.

Demikianlah cara yang dapat kita lakukan agar tetap aman saat memesan makanan secara online di tengah merebaknya virus corona seperti saat ini.

Untuk meringankan beban driver, sebaiknya sisihkan sedikit rezeki untuk mereka yang kini semakin sulit mencari penghasilan karena pandemi. Semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Miku