5 Tips Aman Saat Berpuasa Untuk Kamu Yang Gendut


5 Tips Aman Saat Berpuasa Untuk Kamu Yang Gendut 1

Dalam bulan puasa pastinya adalah waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan bagi kamu yang gendut. Tapi  meski waktu bulan puasa hanya makan sehari 2 kali saja tetapi kebanyakan orang mengeluh karena berat badan mereka justru naik dan bukannya turun. Hal itu karena nafsu makan yang kamu tahan dan saat berbuka kebiasaan makan kalap yang serba minyak goreng – gorengan dan manis membuat kalori yang masuk dalam tubuh kamu tidak terkontrol. Hal lain yang membuat berat badan kamu naik adalah jumlah kalori yang begitu banyak masuk dalam tubuh kamu lebih banyak timbang kamu membakar kalori saat melakukan aktifitasmu.

5 Tips Aman Saat Berpuasa Untuk Kamu Yang Gendut 3

Karena itu untuk mencegah berat badan kamu naik saat bulan puasa ini perlu kamu perhatikan pola makan dan aktifitas fisikmu yang bisa membuat kamu menjadi gendut. Saat berbuka memang sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi yang manis – manis untuk mengembalikan energi yang telah banyak hilang saat puasa. Namun hal ini jika terus menerus di lakukan maka akan menaikan berat badan kamu, mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis – manis tidak membuatmu kenyang secara langsung. Hal ini setiap hari di lakukan tanpa di sadari jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kamu semakin banyak jika kamu tidak imbangi juga dengan olahraga yang cukup. Karena itu inilah 5 tips aman saat berpuasa agar berat badan mu tidak naik.

1. Kurangi Makanan Yang Berminyak Dan Berlemak

Boleh saja mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa dengan yang manis – manis dan gorengan, namun hindari dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Karena kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui gorengan sangat banyak dan tidak baik buat kesehatan. Sebaiknya konsumsi makanan dengan sumber protein dan mineral yang baik untuk tubuh dan tetap menjaga kestabilan berat badan kamu.

2. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan mineral seperti ayam, ikan, daging, buah – buahan dan sayuran akan membuat tubuh kita menjadi lebih banyak menyerap nutrisi dan energi yang baik akan kesehatan. Buah – buahan dan sayuran baiknya di konsumsi saat buka dan sahur agar nutrisi yang kamu makan bisa membuat tubuhmu lebih tahan lama dan mempunyai energi yang cukup untuk seharian berpuasa.

3. Tetap Konsumsi Air Putih

Kebiasaan orang saat berbuka akan mengkonsumsi yang manis – manis dan lupa dengan air putih. Dalam tubuh kita saat berpuasa akan sangat kekurangan cairan dalam tubuh dan untuk mengatasi masalah tersebut minuman yang paling baik adalah air putih. Air putih juga sangat baik untuk menetralisirkan bahan makanan yang tidak sehat dalam tubuh saat kita mengkonsumsinya. Cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh kamu setidaknya 8 gelas sehari baik saat berbuka dan sahur untuk terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

4. Batasi Minuman Manis Dan Mengandung Kafein

Hindari minuman yang manis – manis yang berlebihan saat berbuka karena akan menyebabkan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan dan membuat berat badan kamu menjadi naik. Batasilah minuman manis seperti minuman kemasan, sirup dan lain – lain. Selain itu minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda sebaiknya kamu hindari juga. Minuman tersebut dapat menyebabkan tubuh kamu kehilangan lebih banyak cairan dalam tubuh sehingga kamu lebih cepat merasa dehidrasi.

5. Berilah Waktu saat Berbuka Dan Sahur

Saat berbuka dan sahur sebaiknya jangan langsung tidur jika merasa tubuh kamu saat itu sedang lelah dan capek. Hal itu akan membuat berat badan kamu naik dan pola tidur kamu menjadi tidak teratur dan kurang nyenyak. Berilah waktu untuk tubuh kamu mencerna semua makanan yang masuk kira – kira 20 – 30 menit lalu kamu bisa tidur.

Inilah 5 tips yang wajib kamu tahu dan kalau bisa kamu lakukan saat bulan puasa ini agar kamu bisa mengontrol kalori yang masuk dalam tubuhmu dan mencegah berat badanmu naik secara drastis tanpa kamu sadari.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap