5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

Bagi mereka yang ingin mengawali usaha berjualan produk fashion, salah satu informasi yang sangat dibutuhkan adalah tokogrosir yang menjual produk fashion agar bisa memperoleh barang-barang dengan harga yang murah.

Namun, mengetahui tempat berbelanja dengan harga yang lebih murah untuk pembelian dalam jumlah banyak saja, masih belum cukup, karena ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Berikut beberapa tips berbelanja grosir produk fashion.

1. Siapkan Modal yang Cukup

5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

Besar kecilnya modal sudah barang tentu tergantung dari besar kecilnya usaha yang dirintis. Bagi mereka yang modalnya kurang dari Rp. 100 juta, pertimbangkan lebih matang sebelum berbelanja di toko grosir, jika lokasi grosir tersebut cukup jauh. Justru akan lebih efektif dengan berbelanja pada sales keliling.

 

2. Buat Planning Belanja

5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

Rencanakan barang-barang jenis apa saja yang akan dibeli, dan berapa batasan maksimal jumlah dan nilainya. Dengan membuat daftar belanja yang terperinci, akan membuat proses transaksi dapat berlangsung lebih cepat dan efektif.

Pada saat membuat planning belanja, usahakan untuk memprioritaskan barang-barang yang cepat laku atau yang banyak dicari. Jika ingin mencoba belanja model-model busana terbaru, jangan pernah melebihi toleransi 20% dari nilai belanja.

 

3. Tentukan Tempat Berbelanja

5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

Agar tidak terlalu banyak membuang waktu, tentukan dengan spesifik tempat grosir yang akan dikunjungi, berdasarkan informasi yang Anda ketahui sebelumnya.

Di beberapa kota besar, toko grosir produk fashion biasanya berkumpul di satu tempat. Tentukan counter/toko grosir yang hendak dituju sesuai jenis barang yang akan dibeli, sehingga tidak perlu harus mondar-mandir dari satu toko ke toko yang lain hanya untuk membandingkan harga.

Bagi pedagang pemula yang hanya mengetahui lokasi secara umum, cara terbaik untuk mencari toko grosir yang memberikan harga terbaik adalah dengan melihat banyaknya pembeli yang ada di lokasi toko tersebut. Toko grosir dengan pembeli berjubel besar kemungkinan memberikan harga terbaik.

 

4. Jangan Malu Menawar Harga

5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

Pada umumnya harga yang ditetapkan oleh grosir adalah harga per ¼ lusin, harga perlusin dan harga per 10 lusin. Karena itu, apabila ingin memperoleh harga terbaik, belilah sebanyak 10 lusin dan sampaikan rencana pembelian tersebut di awal transaksi agar Anda tidak diberi harga per ¼ lusin atau perlusin yang tentunya lebih mahal.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga yang diberikan grosir, jika harga tersebut sudah sesuai dengan pasar tidak perlu ditawar, tapi jika sebaliknya maka jangan malu untuk menawar sambil menyebutkan sejumlah alasan.

Apa yang Anda sampaikan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dari toko grosir untuk menurunkan harga, karena grosir juga menginginkan win-win solution.

 

5. Jangan Bayar Kontan

5 Tips Berbelanja Grosir Produk Fashion

Berbelanja di toko grosir dengan nilai pembelanjaan di atas Rp. 25 juta sangat berisiko jika pembayaran dilakukan dengan cara kontan, karena Anda berada di tempat umum. Itu sebabnya, lakukan pembayaran dengan menggunakan ATM atau cek giro setelah terlebih dahulu menanyakan nomor rekening pemilik toko grosir.

Demikian 5 tips berbelanja grosir produk fashion bagi mereka yang ingin mengawali usaha. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan