5 Tips Berburu Lowongan Kerja

5 Tips Berburu Lowongan Kerja

Meski pesatnya perkembangan tekhnologi memberi kemudahan kepada kita untukmengakses berbagai informasimelalui internet, termasuk , namun buat Anda yang benar-benar ingin memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan kompetensi keahlian yang Anda miliki, ada baiknya untuk tidak hanya berburu informasi di depan komputer.

Adakalanya cara tradisional memberi hasil yang lebih positif, karena dengan berinteraksi secara langsung, banyak hal yang bisa didapat, mulai dari detail informasi yang lebih lengkap, adanya ikatan emosi jika informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut kita peroleh dari mereka yang memiliki akses langsung terhadap pekerjaan yang bersangkutan, dan sebagainya.

Disamping itu ada sejumlah perusahaan yang lebih suka memasang informasi lowongan pekerjaan sacara manual, atau kalaupun memasang informasi lewat internet, hanya sekilas saja yang disampaikan, sedang detailnya dapat dibaca lengkap lewat pamflet yang dipasang di papan-papan informasi, utamanya di papan informasi yang ada di perusahaan tersebut.

Baca juga  Hati-Hati Penipuan! Ini Jenis Lowongan Kerja yang Asli

Tujuannya, jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan oleh pencari kerja, maka yang bersangkutan dapat menghubungi langsung pihak HRD perusahaan guna memperoleh informasi yang diperlukan secara lengkap dan detail.

Berikut 5 cara tradisional yang masih efektif untuk dilakukan dalam mencari :

1. Melalui Relasi

5 Tips Berburu Lowongan Kerja

Bukan tanpa alasan jika mereka yang kesehariannya mudah bergaul dan memiliki banyak teman, cepat sekali memperoleh pekerjaan, bahkan dapat dengan mudah berganti-ganti pekerjaan.

Banyak pula yang menyarankan, untuk mereka yang baru mulai memasuki dunia kerja untuk tidak terlalu memilih jenis pekerjaan, sebab dengan menjalani pekerjaan yang ada terlebih dahulu, dia akan dapat cepat berganti pekerjaan yang lain yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki.

Hal tersebut disebabkan karena di dunia kerja, seseorang tidak hanya sekedar mencari penghasilan tapi juga membangun relasi.

Baca juga  Ini yang Harus Dilakukan Saat Mengunjungi Bursa Kerja

Buat Anda yang butuh informasi kerja, manfaatkan relasi tersebut lewat komunikasi yang dibangun dengan teman, saudara, kenalan, serta yang memiliki hubungan dengan Anda.  Tidak perlu sungkan untuk berterus terang bahwa Anda sedang mencari informasi kerja, dan jika ada respon dari orang yang Anda ajak bicara, sampaikan pula sisi-sisi positif yang ada pada diri Anda, termasuk sejumlah keahlian yang Anda miliki. Namun jangan terlalu berlebihan saat memaparkan sisi positif tersebut, karena Anda justru akan dianggap menyombongkan diri.

2. Kunjungi Bursa Kerja

5 Tips Berburu Lowongan Kerja

fair masih merupakan tempat yang paling ideal untuk para pencari kerja, karena di tempat ini berkumpul banyak perusahaan yang tengah membutuhkan tenaga kerja dengan berbagai jenis kualifikasi pendidikan dan berbagai macam keahlian. Sepanjang lokasi bursa kerja tersebut masih dapat dijangkau, usahakan untuk berburu kerja di sana.

Baca juga  Hati-Hati Penipuan! Ini Jenis Lowongan Kerja yang Asli

3. Melalui Koran

5 Tips Berburu Lowongan Kerja

juga dapat ditemui di media-media cetak, utamanya Koran harian, yang selalu menyediakan beberapa lembar halaman yang khusus memuat tentang .

4. Papan Pengumuman di Kantor Pos

5 Tips Berburu Lowongan Kerja

Di teras semua kantor pos di seluruh Indonesia, dapat ditemui papan yang disediakan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memasang informasi lowongan pekerjaan. Manfaatkan papan pengumuman tersebut, siapa tahu diantara informasi yang ada, terdapat lowongan pekerjaan sesuai dengan yang Anda harapkan.

5. Pusat Karier Kampus

5 Tips Berburu Lowongan Kerja

Bagi Anda yang masih kuliah, namun ingin mencari pekerjaan sambilan dengan tidak meninggalkan kesibukan belajar Anda, kunjungi pusat karier kampus karena di tempat ini juga dapat ditemui .

Itulah 5 cara tradisional yang masih efektif untuk dipraktikkan oleh mereka yang berburu (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan