5 Tips Berlibur Aman Saat Musim Hujan

5 Tips Berlibur Aman Saat Musim Hujan

Menjelang akhir tahun, Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Intensitas hujan mulai meningkat. Padahal, menjelang akhir tahun, biasanya banyak bertebaran diskon dan promo-promo segala hal yang berkaitan dengan wisata. Mulai dari diskon tiket masuk, promo diskon pesawat, hingga promo diskon penginapan.

Dengan beragam diskon dan promo tersebut, akhir tahun biasa menjadi waktu yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk pergi berlibur. Selain itu, banyak juga masyarakat yang ingin menghabiskan waktu libur natal dan tahun baru dengan pergi berlibur bersama keluarga.

Selama ini, musim penghujan yang biasa muncul di akhir tahun tidak lantas membuat euforia masyarakat untuk pergi berlibur di akhir tahun menjadi luntur. Banyak dari mereka yang tetap pergi berlibur meski ramalan cuaca mengatakan hari itu akan turun hujan.

Baca juga  Lo Sedang Ga Baik?? It’s Okey, Itu Hal yang Wajar Banget

Supaya aman, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut saat kamu bepergian atau pergi berlibur ketika musim hujan seperti sekarang ini.

1. Tentukan tempat tujuan yang akan kamu kunjungi saat pergi berlibur

Menyebalkan bukan, ketika sampai tempat tujuan tapi tiba-tiba hujan deras? Rencana berlibur kamu akan berantakan. Jadi, sebelum pergi, tentukan dulu destinasi yang akan kamu kunjungi. Jangan lupa cek keadaan destinasi wisata tersebut, apakah akan turun hujan atau tidak. Yang paling penting, pastikan destinasi yang akan kamu kunjungi aman untuk dikunjungi saat musim penghujan. Destinasi wisata indoor lebih direkomendasikan untuk dikunjungi daripada destinasi wisata outdoor saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Baca juga  Deretan Alasan Mengapa Kamu Butuh Liburan

2. Bawa obat-obat penting

Meski tidak memiliki riwayat penyakit, ada baiknya kamu tetap menyiapkan obat ketika hendak pergi berlibur. Obat seperti obat flu, obat untuk masuk angin, minyak kayu putih, hingga obat untuk alergi ataupun obat gatal sebaiknya kamu bawa saat pergi berlibur di musim hujan ini untuk berjaga-jaga.

3. Jaga kondisi tubuh sebelum liburan dan saat liburan

Tidak sedikit yang mengalami kondisi imun tubuh menurun karena udara dingin di musim penghujan ini. Kondisi imun tubuh menurun dapat membuat tubuh menjadi gampang sakit, seperti pusing, sakit flu, dan sebagainya. Apabila kamu merencanakan liburan di musim hujan ini, maka kamu perlu menjaga kondisi tubuh kamu mulai sekarang agar ketika jadwal liburan tiba, badan kamu dalam kondisi fit. Untuk menjaga kondisi tubuh kamu tetap fit sampai waktu liburan, kamu harus makan tepat waktu, tidur yang cukup, olahraga ringan, dan konsumsi vitamin apabila tubuh kamu membutuhkan.

Baca juga  6 Tips Aman dan Nyaman Wisata Keluarga di Pantai

4. Pakai pakaian hangat

Suhu udara di musim penghujan biasanya rendah dan akan terasa dingin di tubuh kamu. Untuk menghalau udara dingin di tubuh kamu, kamu perlu memakai pakaian hangat. Jaket, sweater, atau pakaian musim dingin lain dapat kamu pakai saat pergi berlibur di musim dingin ini untuk menjaga tubuh kamu dalam keadaan hangat dan menjaga kamu agar tidak mudah sakit.

5. Konsumsi makanan hangat

Selain memakai pakaian musim dingin, kamu juga dapat mengonsumsi aneka makanan hangat saat di tempat kamu berlibur. Mengonsumsi aneka makanan hangat ini dapat menjaga tubuh kamu dalam keadaan tetap hangat pula. Beberapa kuliner yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga tubuh kamu tetap hangat, seperti bubur, bakso kuah, soto, aneka jenis sup, dan sebagainya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh