5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2!


5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2! 1

Pada diabetes tipe 2, penderita biasanya merasakan berbagai gejala, beberapa di antaranya adalah penglihatan kabur, bagian tubuh menghitam, dan luka sulit sembuh.

Pada diabetes ini, sel-sel tubuh menjadi lebih kurang sensitif terhadap hormon insulin yang ada.

Agar kadar glukosa darah kembali normal dan stabil, berikut adalah 5 tips untuk mengatasinya :

1. Isi piring anda dengan sayuran

5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2! 3

Jika sebelumnya anda adalah tipe pemakan yang pilih-pilih, sebaiknya anda memulai perubahan pola hidup contohnya dengan lebih memperbanyak makan sayuran.

Dengan memperbanyak makan sayuran di setiap makanan anda, makanan anda akan menjadi terisi nutrisinya dan kemudian kesehatan anda akan menjadi lebih baik, dan kesehatan  jantung anda menjadi lebih terlindungi.

Memperbanyak sayuran juga dapat menjaga berat badan anda tetap stabil, terutama dalam menghadapi kenyataan bahwa banyak obat diabetes dapat mendorong penambahan berat badan.

Sayuran-sayuran yang baik contohnya adalah sayuran kaya nitrat seperti selada dan seledri, sayuran mengandung protein seperti bayam, kembang kol, brokoli, dan sawi. Sayuran rendah glycemic index (GI) seperti wortel dan tomat, lalu sayuran yang mengandung serat seperti kacang polong dan bit.

2. Fokuskan diri anda pada kesehatan mata

5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2! 4

Masalah penglihatan adalah salah satu konsekuensi paling umum dari diabetes tipe 2. Ini karena, penyakit ini menyebabkan pembengkakan pada makula (daerah kecil berbentuk bulat, di belakang retina), yang merusak penglihatan tajam.

Dengan anda yang memfokuskan diri pada kesehatan mata anda, contohnya dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil, tidak pernah melewatkan pemeriksaan mata rutin, dan mengunjungi ahli kacamata anda segera jika anda melihat ada perubahan dalam penglihatan anda, akan membantu menjaga kesehatan mata anda.

3.  Perbaiki kebersihan gigi

5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2! 5

Diabetes dapat membuat anda rentan terhadap infeksi gusi. Pastikan anda menyikat dua kali sehari (kebanyakan dokter gigi merekomendasikan penggunaan sikat elektrik).

Selain itu, jika menggunakan benang gigi, bersihkan benang gigi setidaknya sekali sehari, dan ikuti perkembangan rutin check-up (jika memungkinkan).  Jika anda adalah penderita diabetes pengguna gigi palsu, anda perlu membersihkan gigi palsu anda setiap hari.

Gunakanlah obat kumur, supaya menurunkan kadar kuman yang berada di rongga mulut. Karena, kenaikan kadar gula mengakibatkan rongga mulut menjadi sumber kuman dan bakteri dari makanan.

4. Lebih aktif

5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2! 6

Olahraga membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh anda terhadap insulin. Olahraga, juga merupakan cara terbaik untuk memastikan berat badan anda tidak naik.

Tidak hanya itu, olahraga juga membantu menjaga tekanan darah anda tetap stabil, yang mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes lainnya.

Usahakan untuk aktif setidaknya 30 menit setiap hari. Bagi penderita diabetes tipe 2, anda dapat melakukan olahraga seperti yoga, yoga dapat anda lakukan secara teratur untuk meningkatkan endokrin dan neurologis organ. Bersepeda juga merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes tipe 2, yang menderita radang sendi. Aerobic dance dan pilates untuk meningkatkan kontrol gula darah juga patut anda coba.

5. Buat catatan

5 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Diabetes Tipe 2! 7

Diabetes, cenderung semakin memburuk semakin lama anda mengidapnya. Akan lebih baik, jika anda mengambil tanggung jawab atas kesehatan anda sendiri dan perkembangan penyakitnya.

Caranya ialah dengan membuat catatan harian rinci tentang obat yang anda minum, makanan yang anda makan (terutama karbohidrat), tingkat aktivitas, tingkat stress, dan penyakit apa pun sebagai penyertanya.

Hal ini, akan membantu anda menemukan pola yang akan berkontribusi pada manajemen penyakit diabetes, yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Begitulah sekiranya 5 cara yang dapat anda lakukan sendiri, untuk mengatasi diabetes tipe 2 jika anda memilikinya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap