5 Tips Ini Membantu Anda Untuk Tidur Nyenyak

5 Tips Ini Membantu Anda Untuk Tidur Nyenyak 1

Udah pada sadar belum? atau masih ngantuk?. Ya, keseharian kita bisa saja berbeda, ada yang gampang untuk tidur, ada juga yang sulit untuk terpejam walaupun sebentar. Hal ini bermula dari kebiasaan kita yang kurang sehat. Apakah itu berkaitan dengan pekerjaan, makanan dan minuman bahkan jadwal kita menonton film kesukaan juga kita bawa hingga melewatkan jam tidur. 

Ketika kita beranjak dewasa, pekerjaan adalah hal yang sering menjadi halangan kita untuk tidur nyenyak. Adanya tekanan atau lembur menjadi efek utama dari kesulitan untuk tidur. Beberapa dari kita mungkin mencoba merebahkan badan untuk menghindari stres dan menutup mata berusahan untuk tidur.

Tapi terkadang hal tersebut tidak berhasil jika tidak diawali dengan beberapa hal berikut ini :

Mandi Air Hangat

Efek dari mandi air hangat adalah untuk melemaskan otot-otot yang selama seharian sudah kita ajak untuk mencari nafkah. Mandi air hangat, selain melemaskan otot juga dapat mengurangi rasa gerah dan penat yang kita alami selama seharian.

Jika tidak ada sumber air hangat, Anda bisa mencoba merebus air hangat secukupnya. Tujuannya adalah untuk membasahi handuk kecil yang nantinya dipakai untuk membasuh wajah hingga ke bagian tubuh yang anda rasa perlu dibasuh. Anda akan merasakan efek yang relax dan tenang setelah itu.

Minum Susu

Minum Susu dipercaya menjadi solusi singkat untuk mencegah kesulitan tidur. Susu mengandung antioksidan dan dapat melegakan pencernaan. Susu yang disajikan secara hangat dapat membuat tubuh serasa hangat dan kenyang.

Sementara itu, triptofan yakni asam amino yang berperan dalam pelepasan zat kimia otak yang disebut serotonin. Serotonin mengatur mood, meningkatkan relaksasi tubuh, dan turut memengaruhi produksi hormon melatonin dalam siklus tidur. 

Tapi susu ini tidak disarankan untuk Anda yang punya penyakit asam lambung.

Yoga

Aktivitas berat sebelum tidur sangat tidak disarankan. Hal tersbut akan menaikkan stres otot ke level yang tidak nyaman. Hal yang perlu dilakukan adalah mengambil gerakan ringan untuk merilekskan badan.

Salah satunya adalah dengan mencoba gerakan ringan dari Yoga. Yoga efektif menurunkan stres dan merilekskan badan kita. Yoga sangat disarankan untuk menghasilakan kenyamanan tidur Anda. 

Cokelat

Sebatang cokelat mungkin terlalu banyak. Tapi jika anda cukup menikmatinya, itu tidak ada masalah. Cokelat dipercaya dapat menghasilkan hormon endorphin, yang bekerja untuk menimbulkan rasa bahagia jika memakannya.

Endorphin ini bisa menjadi sebuah zat pemicu untuk kita yang ingin memulai tidur lelap. Dengan perasaan yang bahagia, dimungkinkan juga kita untuk bermimpi yang indah.

Jangan lupa sikat gigi dan bersihkan mulut sebelum tidur ya.

Aroma Terapi

Beberapa merk terkenal dari yang murah hingga mahal sekalipun adalah salah satu pilihan bagi kita. Aroma terapi memang banyak jenisnya, dari mulai hanya cukup digantung, dibakar, hingga dengan cara menguapkannya dengan alat khusus.

Pilihan ini tergantung selera Anda, semakin anda merasakan kepuasan dari aroma tersebut, semakin anda akan merasa rileks dan dapat tertidur pulas. Sediakan setidaknya satu atau dua jenis aroma yang anda sukai di kamar anda.

Semoga bermanfaat ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.