5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking)


5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) 1

Semua orang menginginkan karir dan gaya hidup yang mapan untuk bisa diterima banyak orang. Untuk memiliki keinginan tersebut maka setiap dari kita harus berusaha untuk menggapainya, salah satu caranya adalah dengan memiliki banyak wawasan dan teman yang bisa mengantarkan kita menjadi seseorang yang diinginkan. Cara untuk mendapatkan wawasan dan teman yang membuat kita masuk kedalam cyrcle-nya adalah mampu berkomunikasi dengan baik.

Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kita juga akan sering mengasah kemampuan public speaking dengan terbiasa dan mampu membangun sebuah lingkungan yang cocok dalam rangka mendapatkan karir dan rekan kerja yang saling mendukung satu sama lain.

Mungkin public speaking adalah sesuatu yang sulit jika belum dicoba. Berbicara didepan umum sendirian ataupun berkelompok bisa jadi adalah sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang. Selain bisa membuat badan gemetaran, keringat bercucuran dan insecure sama penampilan, terkadang saat berada didepan orang banyak, pikiran bisa nge-blank dan bingung harus berkata apa.

Tahukah kamu? Bahwa untuk bisa memiliki kemampuan public speaking itu ada tekniknya juga. Jadi hal itu bisa dipelajari baik-baik supaya bisa dan terbiasa untuk tampil dengan rasa percaya diri. Berikut ini adalah lima tips sederhana untuk melatih public speaking yang baik :

1. Ketahui audience

5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) 3

Sebelum membuat atau menyampaikan sesuatu di depan khalayak orang, perhatikanlah terlebih dahulu siapa yang menjadi pendengarnya. Bisa jadi audience-nya adalah anak-anak, orang dewasa, atau lebih tua dari itu. Karena apabila salah penyampaiannya maka tujuannya tidak akan tersampaikan dengan baik.

Mengetahui siapa saja audience-nya juga membuat materi yang disiapkan lebih memiliki pola dan tujuan yang tepat. Cari tahu terlebih dahulu informasi sederhananya seperti usia, jabatan, wilayah tinggal atau kantor, jenis kelamin, profesi dan lain-lain.

2. Audience adalah teman, bukan lawan

5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) 4

Kuncinya saat menjadi public speaker adalah yakin dengan kemampuan dan percaya dengan apa yang disampaikan oleh diri sendiri. Percaya diri membuat audience akan merasa percaya dan yakin terhadap isi materi yang diberikan. Sehingga goals-nya adalah audience bisa menjalankan atau mengikuti apa yang diberikan dalam materi dengan baik tanpa merasa dipaksa.

Keluarkan apa yang menjadi kelebihan saat berbicara, tidak bimbang, dan menganggap bahwa audience adalah teman yang juga bisa kita ajak untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan leluasa. Tentunya dengan batasan-batasan yang cukup antara seorang speaker dan audience.

3. Buat audience aktif secara dua arah

5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) 5

Memposisikan diri sebagai audience juga adalah sesuatu yang penting. Yang mana speaker tidak hanya memberikan materi “gitu-gitu aja”, sehingga terkesan jadi monoton yang membuat audience merasa bosan bahkan sampai merasa ngantuk.

Buat materi secara umum atau lebih spesifik terhadap posisi audience yang sedang memperhatikan. Jadi tidak keluar dari lingkup yang ada atau banyak hal yang tidak dimengerti oleh audience. Buat materi yang menarik dan memuaskan seperti dengan menambahkan gambar-gambar, video, memanggil audience sesekali, memberikan soal atau memberi informasi lain yang membuat audience mendapatkan keseruan dan aktif saat memperhatikannya, dan secara tidak langsung merasa dilibatkan dalam materinya.

4. Berikan senyum dan tawa

5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) 6

Untuk menarik perhatian audience berikan sesuatu yang disukai, seperti humor-humor kecil yang membuat mereka terhibur. Memang ini hal kecil yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi speaker bisa mencari bahan-bahan lucu diinternet jika tidak tahu walaupun hanya sedikit, untuk dipersembahkan saat materi sedang disampaikan.

Contohnya bisa saat memberikan kuis, anekdot, cara berbicara atau gimmick yang membuat audience terkesan.

5. Dalami materi untuk menghindari gugup

5 Tips Keren Percaya Diri Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) 7

Banyak juga speaker yang gugup saat menyampaikan materinya. Sehingga saat ditengah-tengah acara bisa saja nge-blank dan hilang arah berbicara. Untuk menghindari itu, sebaiknya pelajari materi dengan baik sampai hafal, sehingga saat gugup speaker masih bisa “on the track” karena mengerti dengan apa yang sedang disampaikan saat itu.

Tenangkan hati dan pikiran sebelum ke depan dengan cara mengatur napas sehingga membuat suasana hati juga enjoy.

Itulah lima tips untuk tampil di depan umum lebih luwes yang bisa dicoba bagi para pemula. Jangan berhenti belajar dan pantang menyerah saat ingin menjadi public speaker yang handal. Selamat mencoba.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap