5 Tips Memelihara Kelomang Di Rumah

5 Tips Memelihara Kelomang Di Rumah

Pernahkah kalian memelihara kelomang? Kelomang merupakan hewan sejenis kepiting yang dapat kita temukan dengan mudah di Pantai.

Kelomang dapat dengan mudah kita temukan karena selain mudah di dapatkan kelang sering dijadikan sumber penghasilan oleh pedagang yang sering berjualan di depan sekolah.

Biasanya kelomang dujual dengan harga yang murah yaitu 500-1000 rupiah sehingga dapat dibeli oleh anak sekolahan tanpa tau bagaimana cara merawat hewan tersebut hingga akhirnya kelomang yang dibeli mati atau hilang. 

Berikut ini 5 Tips dalam memelihara kelomang. 

Siapkan tempat yang cukup luas

Kelomang dijual dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil sampai besar sehingga kita harus menyesuaikan tempat tinggal yang pas dengan ukuran kelomang agar hewan tersebut tidak stress dan akhirnya mati

Berikan pasir dan cangkang kosong

Karena kelomang merupakan hewan yang hidup di daerah pantai maka hewan tersebut sangat suka menggali pasir untuk bersembunyi.

Siapkan juga beberapa cangkang kosong dengan berbagai ukuran agar ketika kelomang tumbuh besar dan merasa cangkangnya sempit ia dapat berpindah cangkang dan tidak perlu berebut dengan kelomang lainnya

Jangan terlalu sering dipegang atau diajak bermain dengan kasar

Terlalu sering memegang kelomang membuat hewan tersebut stress lagipula kelomang memiliki capit kecil yang dapat mencapit apa yang dianggap berbahaya bagi hewan tersebut misalnya tangan anda.

Jangan juga perlakukan kelomamg dengan kasar seperti menimpa atau melempar hewan tersebut karena cangkang kelomang dapat pecah dan membuat hewan tersebut mati

Berikan makanan dan air secukupnya

Kelomang dapat diberi makan buah, sayur, atau bahkan nasi. Berikan juga wadah air berupa air biasa dan air asin di dalam tempat tinggal kelomang. Kelomang akan makan dengan cara mencapit sedikit demi sedikit makanan dengan capitnya. 

Pelihara lebih dari satu kelomang

Agar kelomang tidak kesepian peliharalah lebih dari satu kelomang tapi pastikan agar jumlah kelomang yang dipelihara sesuai dengan ukuran tempat tinggal yang di sediakan 

Itulah 5 tips dalam memelihara kelomang agar hewan tersebut sehat dan dapat hidup dengan lama. Sebelum membeli hewan untuk dipelihara pertimbangkan lah dulu segala kebutuhan hewan tersebut. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Angeline