5 Tips Memilih Oleh-oleh Makanan Saat Liburan, Agar Tak Cepat Basi

5 Tips Memilih Oleh-oleh Makanan Saat Liburan, Agar Tak Cepat Basi 1

Saat kamu berlibur kesuatu tempat, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Keluarga dirumah pasti juga menunggu oleh-oleh dari mu, dan mereka senang menerimanya.

Selain barang, yang biasanya orang bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah makanan. Selain enak, makanan juga bisa dimakan bersama-sama sehingga semua keluarga bisa menikmatinya. Namun, terkadang oleh-oleh berupa makanan sangat berisiko mudah basi.

Nah, agar oleh-oleh makananmu tidak mubadzir saat tiba di rumah, kamu bisa mengaplikasikan 5 tips berikut ini.

 

1. Beli oleh-oleh mentah

5 Tips Memilih Oleh-oleh Makanan Saat Liburan, Agar Tak Cepat Basi 3

Membeli oleh-oleh berupa makanan yang masih mentah bisa menjadi alternatif bagi kamu, agar oleh-oleh makananmu tidak mudah basi. Kamu bisa membeli oleh-oleh mentah berupa camilan, seperti lumpia, pempek, atau ikan goreng dan sejenis kerupuk, serta oleh-oleh mentah lainnya.

Saat kamu tiba di rumah kamu bisa memasaknya lebih dulu, dan langsung dapat kamu nikmati. Cara ini lebih praktis, karena tidak takut oleh-olehmu akan basi selama perjalanan.

 

2. Hindari membeli makanan yang terpapar sinar matahari

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh berupa makanan berat yang menjadi ciri khas kuliner suatu daerah, kamu wajib mengetahui cara membawanya. Berbeda dengan makanan kering yang tidak mudah basi, makanan basah memiliki cara membawa sendiri dan sedikit rumit.

Nah, jika kamu memilih makanan basah sebagai oleh-oleh, pilihlah yang sudah dikemas rapi. Dan tanyakan pada penjual berapa lama bisa bertahan. Agar kamu memiliki estimasi jangka waktu makanan dan jarak yang kamu tempuh.

 

3. Segera simpan kedalam lemari pendingin

Jika kamu membawa pulang oleh-oleh makanan basah, segeralah masukan kedalam lemari pendingin atau freezer. Dengan begitu kualitas makanan basahmu dapat terjaga sampai kamu memasaknya.

 

4. Jangan mencucinya sebelum dikonsumsi

Jika kamu membeli oleh-oleh berupa buah-buahan atau sayuran, ada baiknya tidak mencucinya setelah membeli. Karena saat kamu sudah mencucinya dan kamu bawa pulang hasilnya akan sia-sia. Oleh-oleh buah akan kotor kembali.

 

5. Pilihlah makanan kemasan kaleng

5 Tips Memilih Oleh-oleh Makanan Saat Liburan, Agar Tak Cepat Basi 4

Alternatif lainnya jika kamu bingung memilih oleh-oleh berupa makanan, karena takut mudah basi, kamu bisa memilih makanan dalam kemasan kaleng. Selain disediakan tester agar kamu bisa mencicipinya, makanan dalam kaleng juga mencantumkan masa kadaluarsa. Sehingga kamu bisa mengecek masa kadaluarsanya untuk memastikan agar makanan tersebut belum basi.

Selain makanan dalam kemasan kaleng, kamu juga bisa memilih oleh-oleh makanan lainnya yang sudah dikemas rapi serta tercantum masa kadaluarsa.

Nah, itulah beberapa tips memikih oleh-oleh makanan agar tidak cepat basi. Kamu bisa mengaplikasinya saat kamu berlibur dan ingin membawa oleh-oleh makanan untuk keluarga. Dan yang terpenting adalah melihat masa kadaluarsa pada kemasan makanan tersebut.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.