5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal


5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal 1

Setiap orang pastinya memiliki karakter yang berbeda – beda bahkan unik dan belum pernah kita jumpai sebelumnya. Apalagi jika kita memiliki seorang sahabat yang tentunya seluruh karakter yang dimilikinya sudah kita ketahui sampai sikap yang baik dan buruk sekalipun. Namun ada juga beberapa orang yang hidupnya suka mengeluh tentang segala hal, termasuk sosok sahabat jika kamu memilikinya.

Dengan memiliki sahabat dengan karakter dan sikap seperti itu tentunya bukan dengan menjauhinya atau membenarkan segala hal yang dia katakan. Tetapi kamu harus mempunyai beberapa cara untuk membuat sahabatmu berubah dan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut serta mensyukuri apa yang dia miliki. Bagaimana caranya ? Yuk simak berikut ini ada 5 tipsnya.

1. Selalu Berpikir Positif

5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal 3

Jika kamu memiliki seorang sahabat yang suka mengeluh, pertama kamu jangan langsung menghujatnya atau menyudutkannya karena memiliki sikap seperti itu. Kamu sebagai sosok yang selalu ada untuknya tentunya harus selalu berpikir positif bahwa dia mungkin memiliki kebiasaan buruk seperti itu karena mungkin ada sebuah alasan tertentu. Ini adalah langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menyikapi sahabatmu itu walaupun memang bahwa cara ini bukanlah cara yang tepat untuk merubahnya.

2. Jika Dia Sudah Melewati Batasnya, Barulah Kamu Mulai Bertindak

5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal 4

Jika sahabatmu benar – benar sudah melewati batas dengan sikapnya tersebut, barulah kamu bisa bertindak. Kamu bisa memulai percakapan bersamanya dengan membahas apa yang harus dia lakukan dan bagaimana untuk berubah dan mensyukuri apa yang ada. Namun jangan dengan cara yang dipaksa, tetapi kamu bisa secara perlahan memberitahunya dan tidak menyinggung perasaannya. Sebagai seorang sahabat, tentunya kamu memiliki hak untuk mengambil bagian dalam hidup sahabatmu yang dimana bertujuan untuk merubah dan berjalan bersama demi kehidupan ke depannya yang lebih baik lagi.

3. Ajak Dia Berkomunikasi dan Mencari Jalan Yang Terbaik Untuk Merubah Semuanya

5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal 5

Dengan memulai percakapan dengan cara baik – baik dan kepala dingin, sahabatmu tentunya akan mengerti dan paham bahwa ternyata masih ada orang yang peduli akan hidupnya. Dia akan menyadari sendiri bahwa apa yang selama ini dilakukannya adalah salah di mata seseorang yang peduli dan sayang padanya. Karena itu tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengajaknya berkomunikasi dan menemukan cara secara perlahan – lahan bagaimana merubah atau menghilangkan kebiasaan buruknya.

4. Selalu Berikan Contoh Yang Positif Jika ada Kesempatan

5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal 6

Bila ada kesempatan, cobalah untuk memberikan contoh yang positif dan bagaimana dia bisa menghilangkan kebiasaan buruknya yang suka mengeluh ini. Kamu bisa berikan dia sebuah perumpamaan yang bisa dan mudah untuk dia pahami sebagai contoh yang bisa dia terapkan dalam kehidupannya yang tentunya harus bersyukur dengan apa yang dia miliki saat ini.

5. Jangan Jadikan Hal ini Sebagai Bahan Lelucon, Karena Bisa Menyinggung Perasaannya

5 Tips Menanggapi Sahabat Yang Suka Mengeluh Tentang Segala Hal 7

Dan yang paling terpenting adalah jika sahabatmu memiliki kebiasaan buruk yang suka mengeluh, jangan sampai kamu menanggapinya dengan sebagai sebuah lelucon atau bahan ledekan karena bisa membuat perasaannya tersinggung dan tersakiti. Karena dia akan merasa bahwa kamu sedang merendahkan dirinya dan itu membuat dia akan semakin menjauh darimu karena kamu tidak bisa menerima dia apa adanya.

Itulah ke – 5 tips bagaimana menanggapi sahabat yang suka mengeluh tentang segala hal. Dalam sebuah menjalin hubungan persahabatan tentunya kunci atau hal yang paling utama dan sangat penting untuk mengawetkan hubungan kalian adalah dengan selalu berkomunikasi. Karena dengan komunikasi, kalian dapat mengerti dan paham satu sama lainnya walau seberat apapun masalah yang kalian hadapi. Karena itu, jangan segan untuk memberitahu sahabatmu apa yang harus dirubah demi kehidupannya yang lebih baik. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap