5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan 1

Musim hujan identik dengan musim orang sakit. Orang akan lebih mudah terserang penyakit saat musim hujan. Saat Anda bepergian keluar rumah, tak menutup kemungkinan akan kehujanan. Saat itulah Anda harus mempersiapkan perlengkapan agar tidak kehujanan, menggunakan jas hujan atau payung misalnya.

Namun, bagaimana jika sudah menggunakan jas hujan, Anda tetap mengalami sakit akibat kehujanan? Batuk, pilek dan flu misalnya.

Hal tersebut karena tubuhmu kaget menerima suhu dingin yang lebih dari biasanya dan secara tiba-tiba. Selain itu, meski sudah menggunakan jas hujan, jika hujan deras disertai angin, air hujan tetap bisa membasahi tubuh. Jika daya tahan tubuh tidak terlalu kuat, maka dengan mudah bisa terserang sakit.

Sebelum terlanjur terserang sakit akibat kehujanan, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan 5 tips berikut ini. Lakukan hal ini sesampinya Anda tiba di rumah.

 

1. Segera lepas pakaian yang basah

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan 3

Salah satu yang menyebabkan Anda sakit akibat kehujanan adalah menurunnya suhu tubuh karena kebasahan dan kedinginan. Turunnya suhu tubuh akan menyebabkan sistem imun sedikit melemah.

Saat sistem imun melemah, virus akan menang dan menyebabkan infeksi didalam rongga hidung. Andapun bisa terkena berbagai penyakit seperti demam, hidung tersumbat, radang tenggorokan dan pilek.

Supaya Anda tidak kedinginan karena hujan, dan sistem imun melemah, Anda harus segera melepas pakaian basah Anda.

 

2. Mandi menggunakan air hangat

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan 4

Setelah melepas pakaian yang basah, ada baiknya Anda segera membersihkan diri. Hal ini dapat menghilangkan kuman yang mungkin menepel dikulit akibat genangan air hujan ataupun lumpur.

Mandilah menggunakan air hangat. Tindakan ini dapat membantu meningkatkan suhu tubuhmu. Namun perlu diingat, tidak boleh terlalu lama, cukup 10 hingga 15 menit, agar kulit Anda tidak kering. Kemudian segera keringkan badanmu, agar tidak kedinginan.

 

3. Pakai baju yang cukup hangat

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan 5

Saat turun hujan, maka suhu ruangan pun akan ikut turun. Agar suhu tubuhmu tidak ikut melemah, gunakanlah pakaian hangat. Pakaian hangat akan menghangatkan tubuh mu dan mencegah suhu tubuh menurun. Sehingga Anda tidak akan sakit setelah kehujanan.

 

4. Makan atau minuman hangat

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan 6

Menghirup udara kering dan dingin menyebabkan pembuluh darah disaluran pernapasan bagian atas menyempit. Hal ini mencegah sel-sel darah putih mencapai selaput lendir untuk melawan rhinovirus.

Untuk itu, Anda perlu menghirup udara yang lembab dan hangat. Anda bisa membuat teh hangat atau minuman hangat lainnya, kemudian hirup beberapa kali untuk melancarkan pernapasan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang membuat tubuh Anda menjadi hangat, seperti wedang jahe, susu hangat ataupun sekoteng. Minuman tersebut bermanfaat untuk menghangat tubuh, sehingga mencegah Anda sakit akibat kehujanan.

 

5. Segera beristirahat dan hindari begadang

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan 7

Setelah kehujanan, ada baiknya untuk menghindari tidur malam atau begadang. Istirahatlah yang cukup. Hal tersebut dapat meningkatkan stamina Anda dan kondisi tubuh mu. Tidur juga dapat mengembalikan sistem imun yang turun akibat kehujanan.

Itulah, sederet tips, yang bisa Anda lakukan jika kehujanan. Jangan biarkan tunuh Anda sakit, mencegah lebih baik, daripada tidak sama sekali.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty