5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah

5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah 1

Di manapun Anda berada jangan lupa untuk selalu memancarkan senyuman dan menjalani hidup dengan penuh semangat karena masa depan ada di tangan diri sendiri bukan milik orang lain. Dalam hidup pasti Anda dihadapkan berbagai macam ujian, seperti ujian sekolah, ujian mengambil sertifikasi tertentu bahkan sampai ujian kehidupan pun diuji dalam hidup ini. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghadapi ujian tersebut agar dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.

Dalam penulisan artikel kali ini, penulis ingin membagikan tips jitu yang membantu Anda yang ingin mengambil ujian HSK Level 1, apa itu ujian HSK? Ujian HSK adalah ujian yang diperuntukkan bagi orang asing untuk mengukur seberapa jauh kemampuan berbahasa Mandarin. Ujian ini berguna bagi Anda ingin mengambil program sarjana, magister, gelar S3 di negara China atau segala kepentingan yang berhubungan dengan negara tersebut. Untuk lebih mahir menghadapi ujian gunakan aplikasi HSK Online, lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut dapat diakses melalui link https://digstraksi.com/aplikasi-hsk-online-menjadi-senjata-ampuh-saat-menghadapi-ujian-hsk-di-era-modern/

Dalam penulisan artikel kali ini, lebih dipersempit cakupan, yaitu HSK Level 1 khusus untuk reading section saja. Dalam menghadapi ujian ini terdapat 20 soal yang dikerjakan dalam 17 – 20 menit dan dibagi menjadi 4 bagian dan masing – masing bagian terdiri dari 5 soal.
Section 1 : True or False

5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah 3
Tips 1: Perhatikan gambar yang ditampilkan dan apa yang ditanyakan apakah sesuai atau tidak. Jika sesuai maka jawaban yang dipilih adalah true dan jika tidak sesuai, maka jawaban yang dipilih adalah false.
Dari contoh tersebut gambar yang ditunjukkan adalah 电脑 dibaca dian4 nao3 memiliki arti laptop, sedangkan pertanyaan yang ditanyakan adalah 电视 dibaca diàn shì memiliki arti televisi. Jawaban untuk contoh tersebut adalah false karena gambar yang ditampilkan adalah laptop dan pertanyaan yang ditanyakan adalah televisi, sehingga tidak sesuai antara pertanyaan dan gambar yang ditampilkan.

5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah 4
Tips 2: Melihat gambar jangan hanya terpaku pada satu sisi saja, tetapi melihat secara keseluruhan sisi gambar saat mengerjakan soal section 1 : true or false ini.
Dari contoh diatas, gambar yang ditunjukkan adalah 蛋 dibaca dàn yang memiliki arti telur, sedangkan pertanyaan yang ditanyakan adalah 多 dibaca duō yang memiliki arti banyak. Pasti dalam kondisi seperti itu ada beberapa orang bingung apa hubungan telur dengan banyak, sehingga yang harus diperhatikan adalah apakah jumlah telur yang dipegang orang itu banyak atau sedikit? Jawaban untuk contoh tersebut adalah false karena jumlah telur yang dipegang adalah 少 dibaca shao3 yang memiliki arti sedikit.

Section 2 : Match the sentence and picture
Dalam section ini Anda diperintahkan untuk mencocokkan kalimat dengan gambar yang tepat.

5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah 5
Tips 3: Dalam mengerjakan soal reading section 2, harus perhatikan kata kunci dalam kalimat, sehingga memudahkan Anda untuk mencocokkan kalimat dan memilih gambar yang tepat.
Dalam contoh diatas kalimat “我的狗三岁了“ dibaca wo3 de gou3 san1 sui4 le yang memiliki arti anjing saya telah berusia 3 tahun. Untuk memudahkan menjawab soal tersebut, maka perhatikan kata kunci, yaitu 狗 dibaca gou3 memiliki arti anjing, sehingga jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah memilih gambar nomor 1.

Section 3 : Answer the question
Dalam section ini, Anda diperintahkan untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan.

5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah 6
Tips 4: Untuk mengerjakan soal section ini yang harus diperhatikan adalah harus memahami Bahasa Mandarin 5W + 1H dan bentuk kalimat tanya lainnya, sehingga memudahkan menjawab soal tersebut.
Sebutan 5W + 1H dalam Bahasa Mandarin adalah sebagai berikut:
(1) 什么 dibaca shén me memiliki arti What.
(2) 为什么 dibaca wèi shén me memiliki arti Why.
(3) 哪儿 atau 哪里 dibaca na3 er atau na3 li3 memiliki Where.
(4) 谁 dibaca shéi memiliki arti Who.
(5) 什么时候 dibaca shén me shí hòu memiliki arti When.
(6) 怎么样 dibaca zěn me yang memiliki arti How.

Dari contoh tersebut kalimat “这里面是什么?” dibaca zhe4 li3 mian4 shi4 shen2 me? yang memiliki arti apa isi barang di dalam tas tersebut. Jika ada orang bertanya seperti, maka jawaban harus diberikan berupa dalam tas ini isi barangnya berupa handphone dan lain – lain. Dengan demikian jawaban yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut adalah nomor 2 “我的电脑“ dibaca wo3 de dian4 nao3 yang menjelaskan bahwa dalam tas saya berisi laptop, sehingga pertanyaan yang ditanyakan dan jawaban yang diberikan sinkron atau tepat.

Section 4 : Complete the sentence

5 Tips Mengerjakan Soal HSK Level 1 (Khusus Bagian Reading) dengan Mudah 7
Tips 5: Harus memahami Subjek (S) – Predikat (P) – Objek (O) dan Keterangan (K), sehingga membantu Anda menjadi lebih mudah dalam menjawab soal tersebut.
Dari contoh tersebut, 下雨的时候 dibaca xia4 yu3 de shi2 hou4 memiliki arti ketika turun hujan, sehingga ini merupakan Keterangan (K),
我 dibaca wo3 memiliki arti saya dan ini merupakan Subjek (S)
在家看书 dibaca zai4 jia1 kan4 shu1 memiliki arti di rumah membaca buku dan ini merupakan Objek (O)
Untuk membuat kalimat ini menjadi lebih lengkap, maka harus dicara Predikat (P) yang tepat, sehingga yang tepat adalah nomor 5 喜欢 dibaca xi3 huan arti memiliki arti suka, sehingga kalimat menjadi 下雨的时候,我(喜欢)在家看书 memiliki arti ketika turun hujan, saya suka membaca buku di rumah.

Demikianlah penulisan artikel, jika Anda memiliki tips tambahan dalam menyelesaikan soal reading section HSK Level 1 dapat share melalui kolom komentar. Jika ada kritik dan saran mengenai penulisan artikel ini dapat juga share melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan penulis secara sengaja maupun tak sengaja, saya mohon maaf atas sebesar – besarnya. Semoga artikel yang saya tulis pada hari ini dapat bermanfaat bagi buat saya dan Anda. Terima kasih dan selamat membaca!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan