5 Tips Mengetahui Penipuan Email Saat Social Distancing, Selalu Tetap Berhati – hati ya


5 Tips Mengetahui Penipuan Email Saat Social Distancing, Selalu Tetap Berhati - hati ya

Dengan adanya virus corona atau ini membuat semua orang harus terjebak di dalam rumah demi mencegah penyebaran virus yang sudah terjadi dimana – mana.

Sehingga penggunaaan trafik internet semakin  meningkat khususnya dalam menggunakan karena harus mengirimkan tugas dan dokumen – dokumen penting melalui tersebut.

Dari sinilah tidak bisa dipungkiri bahwa, para oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan kesempatan ini untuk melakukan aksi kejahatan dengan melakukan phising atau pengelabuan dengan menggunakan malware maupun virus melalui .

Mereka akan melakukan yang diciri – cirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi seperti kata sandi dan kartu kredit miliki pengguna dengan cara menyamar sebagai orang atau bisnis terpercaya seperti pesan instan yang mengatasnamakan virus Corona atau untuk meminta donasi dan lain sebagainya.

Karena itu, untuk menghindari di tengah – tengah wabah virus tersebut berikut ada 5 tipsnya.

1. Coba Perhatikan Nama Dari Pengirim Alamat

Pertama jika kamu mendapatkan yang mengatasnamakan maka cobalah untuk perhatikan nama alamat dari pengirim tersebut.

Jika terdapat ejaan yang tidak jelas atau tidak benar dalam URL nya maka itu bisa jadi adalah phising .

Kamu bisa melihat ke pengirim untuk mengecek namanya. Misalnya nama tersebut adalah covvidd-19.id berarti itu sudah menunjukkan bahwa tersebut tidak valid

2. Selalu Hindari Mengklink Link Yang Diberikan

Biasanya email kamu dapatkan akan berisi tautan atau link yang harus diklik. Sebaiknya untuk hindari dan tidak menglink link yang diberikan demi mencegah dan melindungi akunmu dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan melihat nama link URL pada email tersebut kamu akan bisa tahu, apakah link tersebut aman untuk dikunjungi atau tidak.

Jika alamatnya sudah tampak tidak jelas maka itu bisa saja mengandung virus yang bisa mencuri beberapa informasi penting dari perangkatmu.

3. Selalu Teliti dan Cerdas Dalam Membaca Isi Pesan

Saat ini memang sudah banyak sekali pesan yang berisi berita hoaks yang beredar di media sosial menyangkut wabah virus .

Karena itu, kamu juga harus cerdas dan teliti dalam mebaca isi pesan email yang mungkin saja bisa menjadi pishing email atau online.

Isi pesan yang meminta kamu untuk berdonasi atau menyebarkan informasi yang tidak benar bisa kamu ketahui dengan memperbanyak membaca informasi yang benar dan akurat melalui situs resmi atau dari pemerintahan yang bisa dipercaya.

4. Lindungi Akunmu Dengan Keamanan Yang Tepat

Melindungi akun serta perangkatmu dengan keamanan yang tepat akan sangat membantu di tengah yang saat ini marak terjadi.

Ada beberapa keamanaan yang bisa kamu gunakan seperti MCAfee dan Norton yang memberikan fitur keamanan dari situs – situs atau link yang berbahaya atau mencurigakan.

Selain itu, kamu bisa aktifkan report email di akunmu untuk mempermudah mengecek email spam atau yang berisi virus serta email yang tidak jelas.

5. Jangan Berikan Data Pribadi dan Informasi Penting Lainnya Yang Bisa Merugikan Dirimu

Dengan adanya email spam yang berisi tautan atau link yang meminta kamu untuk mengklik link tersebut membuat data pribadimu menjadi sasaran utamanya.

Ada beberapa data penting serta informasi yang tidak boleh kamu bagikan sembarangan melalui email.

Jika kamu menemukan link yang mengharuskan untuk diklik, sebaiknya berpikir kembali dan hindari untuk mengklik sembarang link untuk mencegah informasi dan data pribadimu yang bisa dicuri.

Itulah ke – 5 tips mengetahui email saat .

Semoga di tengah krisis wabah ini kita semua selalu diberi kesehatan dan selalu tetap waspada dengan orang – orang yang tidak bertanggung jawab terkait ini. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Exit mobile version