5 Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan, Praktikkan di Dapur Yuk!

5 Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan, Praktikkan di Dapur Yuk! 1

Sebagai negara kepulauan, tentu Indonesia memiliki beragam hasil tangkapan ikan yang melimpah. Oleh masyarakat, biasanya ikan diolah menjadi beragam olahan lezat. Namun, untuk mendapatkan hasil masakan ikan yang lezat, tentu kita gak boleh asal-asalan dong dalam mengolahnya.

Jadi, alangkah baiknya kita ketahui lebih dahulu nih tips cara menghilangkan bau amis pada ikan. Dengan begitu, masakan ikan yang kita buat pun sesuai ekspetasi dan bikin momen makan makin intim. Maka dari itu, yuk simak tips cara menghilangkan bau amis pada ikan lewat artikel berikut ini.

1. Jeruk nipis dan garam

alexanderemmanual.com
alexanderemmanual.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan ialah dengan melumuri perasan air jeruk nipis dan garam sampai benar-benar merata selama 30 menit, lalu bilas bersih.

Kandungan asam pada jeruk dan yodium pada ikan cukup ampuh menetralisir bau amis pada ikan lho. Bahkan, gak hanya bau amis yang hilang tapi juga lendir pada ikan. Jadi, lupa sediakan jeruk nipis dan garam di dapur ya!

2. Cuka

thekitchn.com
thekitchn.com

Selain menggunakan jeruk nipis dan garam, kamu juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan dengan cukup menyediakan cuka di dapur.

Langkah-langkahnya ialah, rendam ikan yang telah dicuci bersih bersama cuka selama 15 menit lalu bilas bersih dengan air hangat. Barulah, ikan siap diolah sesuai selera tanpa khawatir bau amis.

3. Asam jawa

marketexperiences.com
marketexperiences.com

Jika kedua cara di atas dipraktikkan sebelum ikan diolah, lain halnya dengan dengan kiat berikut ini yang dilakukan saat proses pemasakan. Yup, kamu bisa menggunakan asam jawa sebagai bumbu tambahan untuk menghilangkan bau amis sekaligus menambah cita rasa lezat pada masakan.

Tapi, buat kamu yang gak suka dari sensasi asam dari asam jawa, kamu cukup rendam ikan yang telah dicuci bersih dengan larutan air asam jawa selama 15 menit. Setelah itu, bilas bersih ikan dengan begitu pun ikan sudah siap buat dimasak.

4. Jahe

thespruce.com
thespruce.com

Sering digunakan dalam pembuatan minuman tradisional, ternyata jahe juga ampuh menghilangkan bau amis pada ikan. Tipsnya, pertama-tama parut jahe terlebih dahulu kemudian balurkan ke seluruh bagian ikan yang telah dicuci bersih hingga merata selama 15 menit.

Namun, buat kamu yang gak mau ribet, parutan jahe ini juga bisa langsung digunakan kok sebagai bumbu masakan. Jadi, kira-kira kamu bakal memakai tips yang mana nih?

5. Susu

goodhousekeeping.com
goodhousekeeping.com

Gak melulu diminum sebagai minuman sehat kaya nutrisi, kamu juga bisa menggunakan susu sebagai penghilang bau amis tanpa takut mengubah rasa dan aroma ikan. Sebab, kandungan di dalam susu mampu mengikat trimetalamin penyebab bau amis pada ikan. Cara mengaplikasikannya, rendam ikan yang sudah dicuci bersih ke dalam susu selama 30 menit. Setelah itu, barulah ditiriskan dan ikan pun siap diolah menjadi beragam menu masakan lezat.

Nah, sekarang sudah tahu kan tips menghilangkan bau amis pada ikan. Jadi, dari kelima tips di atas, mana nih yang sekiranya akan kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Amir Rosadi