5 Tips Menghilangkan Bau pada Ruangan Secara Alami

5 Tips Menghilangkan Bau pada Ruangan Secara Alami

yang bau, baik itu bau apek, bau tidak sedap, hingga bau amis, akan membuat siapapun yang ada di dalam tersebut merasa tidak nyaman. yang bau membuat kita malas berada di dalam tersebut. Apalagi, kalau yang bau tersebut adalah yang biasa dipakai oleh teman-teman atau keluarga berkumpul. Bukannya menjadi tambah rekat, bau tidak sedap pada justru dapat menimbulkan masalah baru. 

Bau tidak sedap pada dapat terjadi karena beragam faktor, seperti karena tersebut sering digunakan untuk makan makanan yang memiliki aroma menyengat hingga sirkulasi udara pada tersebut tidak baik. Berikut merupakan beberapa penyebab dapat menjadi bau.

  1. Sampah atau kotoran yang menumpuk di dalam ruangan dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama.
  2. Bangkai binatang yang tersembunyi. Bangkai binatang yang biasa ditemukan di dalam ruangan adalah bangkai cicak. Oleh karena itu, saat membersihkan ruangan jangan lupa bersihkan juga tempat-tempat tersembunyi seperti pada bagian belakang lemari, di bawah karpet ataupun sofa.
  3. Sirkulasi udara yang kurang baik pada ruangan, dapat menjadikan ruangan tersebut menjadi lembap. Ruangan yang lembap akan membuatnya mudah bau apek.
Baca juga  Cara Ampuh Menciptakan Ruang Nyaman untuk Belajar

Ada beragam cara untuk mengatasi bau pada ruangan. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat kamu terapkan apabila kamu merasa ruangan kamu sudah mulai bau atau hanya sekadar untuk menambah kenyamanan ketika berada di ruangan.

1. Gunakan lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menetralisasi bau tidak sedap pada ruangan. Ketika dinyalakan, lilin aromaterapi akan membuat ruangan menjadi beraroma lebih segar. Selain dapat menetralisasi bau tidak sedap pada ruangan, aroma lilin aromaterapi juga dapat memberikan efek menenangkan dan merilekskan untuk tubuh. Jadi, selain ruangan menjadi , tubuh kamu pun menjadi lebih rileks.

Baca juga  Warna Cat Rumah Kombinasi Rekomendasi untuk Anda

2. Meletakkan bunga segar di ruangan

Meletakkan bunga segar di ruangan menjadi cara alami untuk mencegah bau tidak sedap di dalam ruangan. Letakkan bunga segar ini di bagian yang sering kamu lewati atau dekat dengan sumber udara agar aroma dari bunga mudah menyebar ke seluruh ruangan. Selain memberikan aroma yang pada ruangan, bunga segar ini juga dapat menjadi hiasan yang bagus untuk ruangan kamu.

3. Bubuk kopi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi dapat digunakan untuk menetralisasi bau tidak sedap. Biasanya, kopi digunakan untuk menetralisasi bau di dalam kulkas, microwave, mobil, ataupun sepatu. Bubuk kopi ternyata juga cukup ampuh untuk menetralisasi bau tidak sedap pada ruangan yang lebih besar. Untuk menetralisasi bau tidak sedap pada ruangan dengan menggunakan bubuk kopi ini, cukup tuang kopi pada wadah dan letakkan di sudut-sudut ruangan selama 1 hingga 2 hari.

Baca juga  Diam di Rumah, Selalu Bikin Tenang

4. Bersihkan lantai dan perabot secara rutin

Salah satu penyebab ruangan menjadi bau adalah debu dan kotoran yang menempel pada lantai, karpet, sofa, maupun perabot-perabot lain. Debu dan kotoran yang menempel ini apabila tidak dibersihkan dapat membuat ruangan menjadi terasa bau apek. Apalagi kalau ruangan tersebut tidak memiliki ventilasi ataupun sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan lantai dan perabot dalam ruangan tersebut secara rutin. Supaya lebih bersih, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner.

5. Buang dan bersihkan tempat sampah secara rutin

Bukan hanya membuang sampah, membersihkan tempat sampah ruangan secara rutin dapat mencegah munculnya bau tidak sedap di dalam ruangan. Sisa-sisa kotoran pada tempat sampah dapat menimbulkan bau tidak sedap. Jadi kamu harus rutin membersihkan tempat sampahnya, ya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh