5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil


5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil 1

Tips menghindari kecelakaan mobil perlu untuk diketahui, karena dari waktu ke waktu angka kecelakaan semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pertambahan dan perluasan jalan yang dilalui.

5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil 3

Pabrikan mobil sendiri sebenarnya terus meningkatkan teknologi dan fitur keamanan guna mengurangi angka kecelakaan, namun upaya tersebut menjadi sia-sia disebabkan karena faktor kecerobohan manusia alias human error. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara, berikut beberapa tips menghindari kecelakaan mobil yang perlu diperhatikan.

 

Pastikan Kondisi Mobil dalam Keadaan Prima

Sebelum menjalankan mobil, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dengan memeriksa setiap bagiannya. Jika ternyata ada yang rusak, jangan memaksakan diri menggunakan mobil tersebut meskipun masih dapat dipakai untuk berjalan. Sebab kerusakan sekecil apapun bisa berpotensi sebagai penyebab kecelakaan.

Karena kerusakan kecil pada mobil sulit untuk dideteksi, utamanya bagi mereka yang masih awam dengan mesin kendaraan, maka para pemilik mobil dianjurkan untuk melakukan perawatan mobil secara rutin dan tidak hanya membawa mobil ke bengkel pada saat kondisinya rusak.

 

Hindari Berkendara Jika Kondisi Tubuh Tidak Memungkinkan

5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil 4

Para peneliti dari Virginia Tech Amerika pernah melakukan studi dan membuat laporan tentang faktor-faktor penyebab kecelakaan. Salah satu diantaranya mengatakan bahwa sebesar 20 persen dari kasus kecelakaan disebabkan karena kondisi fisik pengemudi tidak memungkinkan pada saat berkendara, seperti mengantuk, mabuk, terlalu lelah dan sebagainya.

Itu sebabnya pada saat berkendara, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Jika ternyata di tengah perjalanan tiba-tiba merasa sangat lelah atau mengantuk, segeralah menepi dan sempatkan beristirahatatau tidur sejenak, agar saat mengemudi konsentrasi dapat tercurahkan sepenuhnya.

 

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Tujuan dari dipasangnya rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan raya, tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk jalan atau menertibkan lalu lintas saja, melainkan juga untuk melindungi para pengguna jalan dari kecelakaan. Oleh sebab itu jangan sekali-kali menyepelehkan rambu-rambu lalu lintas jika ingin selamat saat berkendara.

Jaga Kecepatan

5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil 5

Tips menghindari kecelakaan mobil berikutnya adalah selalu menjaga kecepatan mobil agar tidak terlalu kencang. Istilah kencang untuk kecepatan mobil ini tergantung dari kondisi jalan, pengemudi dan kondisi kendaraan.

Memacu mobil di jalan tol tentu saja kecepatannya berbeda dengan saat melaju di jalan raya atau di jalan pedesaan. Memacu mobil baru tentunya tidak sama dengan memacu mobil yang sudah berumur. Begitu jugan dengankondisi pengemudi atau tingkat kepiawaian dan konsentrasi saat mengemudi, ikut mempengaruhi laju mobil yang dikendarai.

Agar aman saat berkendara, jaga kecepatan kendaraan dengan tidak melebihi batas kecepatan di jalan yang dilalui, memperhatikan kestabilan mobil pada saat melaju serta mengukur kemampuan diri dalam mengendalikan laju kendaraan.

Patuhi Aturan dalam Berkendara

Dalam melakukan aktifitas apapun, kemungkinan buruk akan dapat dihindari jika selalu mematuhi aturan yang berlaku, begitu juga dalam berkendara. Oleh sebab itu jangan mengabaikan berbagai aturan pada saat berkendara jika tidak ingin menanggung risiko buruk.

Banyak aturan yang harus dipatuhi saat mengendarai mobil, seperti membawa SIM dan surat kendaraan, mengenakan sabut pengaman, tidak membawa muatan melebihi kapasitas mobil dan berbagai aturan yang lain. Jika seluruh aturan tersebut dipatuhi, kemungkinan terjadinya kecelakaan akan dapat diminimalisir.

Demikian 5 tips menghindari kecelakaan mobil yang perlu diperhatikan agar senantiasa aman saat berkendara. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap