5 Tips Mengurangi Stres di Masa Pandemi Covid-19

5 Tips Mengurangi Stres di Masa Pandemi Covid-19

Tidak dipungkiri lagi pandemi Covid-19 berdampak besar bagi kehidupan hampir setiap orang di dunia. Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik banyak orang, tapi juga berdampak pada mental. Meningginya tingkat stres banyak orang terutama diakibatkan dengan sulitnya memenuhi kebutuhan finansial.

Seringnya membaca berita-berita tentang Covid-19 juga dapat menimbulkan kecemasan. Namun, walaupun pandemi Covid-19 masih belum berakhir, kita harus tetap melakukan hal-hal yang positif agar kita terhindar dari stres dan tidak terganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Nah berikut ini adalah tips-tips yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi stres.

1. Habiskan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman merupakan cara ampuh untuk mengurangi stres. Kamu bisa mengobrol suatu hal yang seru, menonton film, melakukan permainan seru, atau menghubunginya dengan aplikasi video call bersama sama teman atau keluarga. Tentunya dengan hal ini, kita juga dapat membuat hubungan keluarga kita menjadi semakin harmonis.

2. Hindari pikiran negatif dan mulai berpikir positif

Nah, tips yang kedua ini adalah kita dapat mengubah cara berpikir kita terhadap hal negatif menjadi hal yang positif. Contohnya seperti, sebelum masa pandemi Covid-19, biasanya kita jarang menghabiskan waktu bersama dengan keluarga kita dan lebih banyak menghabiskan waktu bermain bersama teman seperti nongkrong setelah pulang sekolah.

Kita juga biasanya lebih memilik asyik sendiri dengan gadget kita daripada mengobrol dengan keluarga. Namun karena adanya pandemi kita dapat lebih dekat dan berinteraksi lebih intens dengan keluarga kita. sesekali kita dapat meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dengan berbagi cerita, pengalaman dan perasaan. 

3. Olahraga secara rutin

Dengan berolahraga, pastinya banyak manfaat yang kita dapat untuk diri kita. Tak hanya memberikan efek kebugaran bagi tubuh, olahraga juga dapat meningkatkan hormon bahagia yang pastinya dapat menurunkan tingkat  stres. Selama pandemi, kesehatan menjadi prioritas kita.

Olahraga yang teratur menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imun kita. Dengan meningkatkan imun pada tubuh dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita, termasuk virus Covid-19.

4. Terapkan pola hidup sehat

Dengan mengatur pola hidup yang sehat, tentunya tubuh kita akan merasakan banyak manfaat. Kita dapat menerapakan pola hidup sehat dengan mencukupi kebutuhan nutrsi seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayur. dan memperbaiki waktu tidur agar tubuh kita kembali segar dan mampu menjalankan aktivitas dengan seharusnya.

5. Kurangi dan saring informasi yang kurang baik

Membaca informasi atau berita memang diperlukan, namun jangan sampai hal itu membuat kamu cemas. Terlalu banyak mengonsumsi berita dengan topik tertentu dapat membuat kesehatan mental juga terganggu. Kita juga perlu menyaring informasi atau berita apa saja yang sebaiknya kita terima agar terhindar dari berita hoax .

Nah itu tadi 5 tips yang dapat mengurangi stres di pandemi Covid-19. Meskipun pandemi Covid-19 masih belum berakhir, kita tetap harus menjaga kesehatan fisik maupun mental kita. Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aldi Ramadhan