5 Tips Menyimpan Uang Tunai Saat Berlibur

5 Tips Menyimpan Uang Tunai Saat Berlibur

Salah satu hal yang dapat membuat liburan kamu berantakan adalah kehilangan uang, entah itu dicuri, terjatuh, ataupun tertinggal di suatu tempat. Namun kini, era digital dapat mempermudah kamu agar tidak terlalu banyak membawa uang cash. Transaksi menjadi lebih mudah dengan kartu kredit, kartu debit, m-banking, hingga dompet digital yang ada di ponsel kamu, sehingga kamu tidak menjadi terlalu kepikiran dengan uang cash yang kamu simpan selama berlibur ini.

Meski demikian, untuk berjaga-jaga apabila transaksi uang secara elektronik, seperti dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, m-banking, atau dompet digital tidak dapat digunakan, baik karena kendala internet atau tidak ada alat yang bisa digunakan untuk transaksi, kamu tetap perlu menyediakan uang tunai dalam jumlah yang cukup.

Agar uang tunai yang menjadi uang darurat kamu selama liburan ini aman (tidak dicuri, hilang, atau tertinggal) kamu perlu menyimpan uang tunai ini dengan baik. Beberapa tips menyimpan uang tunai selama liburan berikut dapat kamu ikuti agar uang tunai kamu aman dan liburan kamu berjalan sesuai rencana dan tidak ada gangguan.

1. Simpan uang di banyak tempat

Tips umum yang biasa dilakukan orang-orang untuk menyimpan uangnya ketika sedang liburan atau bepergian adalah dengan menyimpan uang di banyak tempat. Menyimpan uang di satu tempat, di dompet misalnya, akan sangat berisiko. Ketika dompet kamu hilang, kamu juga akan kehilangan seluruh uang tunai kamu. Agar lebih aman, kamu dapat membaginya dalam beberapa tempat, seperti di dompet, di dalam tas, di saku, dan sebagainya. Pastikan kamu mengingat di mana saja kamu menyimpan uang kamu, ya.

2. Usahakan jangan membawa uang tunai dalam jumlah banyak

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya usahakan untuk tidak membawa uang tunai terlalu banyak saat pergi berlibur. Bawa uang secukupnya. Atau kamu juga dapat menarik uang sedikit demi sedikit di ATM di daerah tempat kamu pergi berlibur. Kamu juga perlu memperhatikan keadaan ATM tempat kamu akan menarik uang kamu. Sebaiknya, pilih ATM di tempat-tempat yang ramai, seperti di daerah hotel, ATM di kantor bank, atau di kantor-kantor pelayanan publik.

3. Siapkan uang pecahan kecil di tempat yang mudah dijangkau

Agar tidak terlalu menarik perhatian, kamu perlu menyiapkan uang pecahan kecil untuk bertransaksi dengan jumlah harga yang kecil pula. Simpan uang pecahan kecil di tempat yang mudah kamu jangkau agar uang pecahan besar yang kamu simpan tidak terlihat oleh orang lain. Selain itu, uang pecahan kecil ini akan sangat berguna ketika kamu hendak menggunakan fasilitas publik.

4. Pilih penginapan yang memiliki safety box

Apabila kamu merencanakan untuk menginap di rencana liburan kamu, kamu perlu mempertimbangkan penginapan yang memiliki safety box. Kehilangan uang di penginapan bukanlah hal yang baru. Untuk mengantisipasinya, safety box ini dapat menjadi pilihan. Selain untuk menyimpan uang tunai, safety box juga dapat digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting yang kamu bawa selama pergi berlibur.

5. Gunakan tas atau dompet yang sederhana

Saat pergi berlibur, tampil sederhana akan memberikan keamanan tersendiri untuk diri kamu. Begitu pula uang yang kamu bawa. Apabila kamu menyimpan uang di dompet atau tas, usahakan gunakan dompet atau tas yang sederhana agar tidak terlalu mencuri perhatian. Membawa dompet atau tas dengan merek mahal dapat membuat kamu menjadi incaran orang yang memiliki maksud buruk, seperti ingin mencuri uang kamu, misalnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh