5 Tips merawat Orang Lanjut Usia (lansia)

5 Tips merawat Orang Lanjut Usia (lansia) 1

Kebahagian buat para orang tua yang sudah mencapai usia lanjut ketika selalu dikelilingi orang-orang yang ia kasihi dan mengasihinya dengan tulus. Demikian juga, ada kebanggaan tersendiri bagi anak-anak ketika mereka bisa merawat orang tua sampai waktunya dipanggil kembali ke Rumah Tuhan.

Perubahan fisik dan mental orang lanjut usia sering kali memunculkan masalah yang cukup merepotkan dan menyita energi, apalagi jika ia menderita penyakit yang muncul akibat penuaan seperti darah tinggi dan diabetes. Jika tidak ada persiapan khusus maka yang terjadi baik orang yang merawat dan yang dirawat akan merasa tertekan, depresi dan akibatnya bukan kesembuhan yang diperoleh melainkan penyakitnya menjadi parah atau muncul penyakit baru.

Ada 5 tips yang bisa dilakukan untuk merawat orang lanjut usia:

Pastikan selalu ada orang di dekatnya.

5 Tips merawat Orang Lanjut Usia (lansia) 3

Kejadian Lansia mengalami kecelakaan terpeleset di kamar mandi sangat sering terjadi. Otot dan syaraf yang mulai mengeras membuat gerakan mereka lambat dan lemah, sehingga sangat di perlukan seseorang yang bisa membantunya ketika melakukan kegiatan. Jika diperlukan bisa merekrut jasa caregiver yang berpengalaman. Tetap mengajak orang tua berbicara, bisa dengan telepon atau Video Call, hal-hal yang menyenangkan akan membuat mereka merasa tidak sendirian.

Rutin memantau tanda fisik.

Minimal memeriksa tekanan darah setiap hari, jika diperlukan memeriksa gula darah sendiri di rumah. Buat catatan hasil pemeriksaan secara berurutan berdasarkan tanggal pemeriksaan. Catatan tadi akan sangat berguna bagi dokter yang memeriksa pasien untuk menentukan tindakan medis dan obat-obat apa yang akan diberikan.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Makanan menjadi pencetus gejala sakit pada kelompok usia lanjut. Hindari memberikan makanan tinggi garam, karbohidrat dan gula. Semua jenis sayur, buah dan daging boleh dikonsumsi asalkan dalam jumlah sedikit. Catat sayur, buah atau minuman apa yang tidak boleh dikonsumsi ketika pasien harus minum obat-obatan tertentu. Contohnya jangan minum obat antihipertensi dengan jus jeruk.

Hindari pencetus munculnya depresi.

Orang di usia lanjut apalagi yang menderita penyakit tertentu akan sangat mudah mengalami depresi karena segala kegiatan mereka menjadi terbatas, tidak lagi sebebas sebelum sakit. Perbedaan itu yang membuat mereka minder, mengasihani diri sendiri bahkan tiba-tiba berubah menjadi pemarah. Jika sudah seperti itu bantuan psikiater atau psikolog sangat dibutuhkan.

Atur pola tidur.

Usahakan jam tidur pasien usia lanjut tetap mencukupi, karena usia lanjut biasanya memiliki jam tidur sedikit. Hindari memberi minum terlalu banyak menjelang tidur, untuk menghindari pasien sering terbangun karena harus buang air kecil, bila diperlukan memakai diaper khusus orang tua. Apabila pasien masih belum bisa tidur dengan baik maka perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk pemberian obat tidur. Tapi harus diperhatikan efek samping dari penggunaan obat tidur, salah satunya sembelit. Untuk mencegahnya maka pasien perlu mendapatkan asupan makanan tinggi serat dan melatih otot kaki supaya tetap aktif.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nana Hadinata

   

Setiap detik kehidupan untuk menghidupi hidup.