5 Tips Produktif bagi Mahasiswa di Saat Pandemi

5 Tips Produktif bagi Mahasiswa di Saat Pandemi 1

Sebagai mahasiswa kita harus menjalani rutinitas yang lebih sibuk dibandingkan sebelumnya, yaitu pada saat menempuh pendidikan di kampus. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, yang mengharuskan untuk di rumah saja mengikuti program pemerintah. Kegiatan di rumah saja jangan sampai memutus semangat menjalani dunia perkuliahan.

Ada banyak cara produktif yang bisa anda lakukan pada saat menjalani tahap menjadi mahasiswa meski kini kegiatan menjadi serba terbatas. Walaupun tugas yang banyak diberikan oleh para dosen, anda tetap bisa membuat momen menjadi mahasiswa terasa sangat berkesan dengan cara yang produktif.

Berikut, Cara Produktif yang Bisa Anda lakukan disaat Kondisi Pandemi ini

Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman atau comfort zone merupakan hal yang paling berbahaya di saat pandemi seperti ini. Saat pandemi ini, kita sepertinya hanya ingin bermalas-malasan saja. Namun sebenarnya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap masa depan anda. Tanpa disadari berada di zona nyaman akan membuat anda terjebak dan terbelenggu untuk melakukan sesuatu tanpa adanya perubahan sedikitpun.

Keluar dari zona nyaman bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu, misalnya biasanya anda bangun beberapa menit sebelum kelas online dimulai, bisa anda bangun lebih pagi dari sebelumnya lalu melakukan peregangan badan atau olahraga.

Atur Tujuan dengan Tepat

Tujuan sangat penting dalam menentukan cara untuk produktif. Tanpa adanya tujuan, kita akan melakukan sesuatu yang sia-sia atau tidak berguna. Misalnya, kita membuka laptop jika kita tidak mempunyai tujuan maka berujung pada buang-buang waktu atau wasting time.

Apabila kita sudah mempunyai tujuan buka laptop untuk mengerjakan tugas, maka hal tersebut sangat bermanfaat.

Menentukan Prioritas dengan Membuat To Do List

Kegiatan di rumah saja pastinya membuat kita lebih banyak bisa melakukan sesuatu yang tidak terduga, seperti yang niatnya ingin mengerjakan tugas namun melihat drama korea atau film favorite yang baru saja update bahkan bermain game di laptop, kita malah lebih tertarik untuk menontonnya dan bermain game tersebut. Daripada mengerjakan tugas yang akan berakhiran seperti dengan dikejar deadline

Anda bisa membuat to do list untuk merencanakan hal apa atau tugas mana yang lebih penting sehingga tidak akan berdekatan dengan deadline.

Membuat Tenggat Waktu disertai Konsekuensi

To do list juga harus disertai tenggat atau batas waktu, karena dengan hal tersebut dapat memacu kita untuk sesegera mungkin mengerjakan tugas, tidak melenceng atau terdistraksi dengan hal lain.

Untuk membuat diri lebih terpacu dalam menyelesaikan tugas, kita bisa membuat konsekuensi yang apabila kita menyelesaikan tugas lebih cepat dari batas waktu yang ada, kita boleh memberikan penghargaan terhadap diri kita, seperti boleh membeli makanan kesukaan atau checkout barang belanja online.

Begitu juga sebaliknya, apabila kita telat dari batas waktu kita harus mendapat hukuman, misalnya tidak boleh bermain game atau menonton film kesukaan untuk beberapa hari kedepan atau tidak boleh menonton drama korea kesukaan untuk beberapa minggu kedepan.

Rapihkan dan Bersihkan Ruangan

Ruangan yang bersih dan tertata rapi dapat membuat anda lebih semangat menjalani hari dan bisa meningkatkan produktivitas dalam menyelesaikan tugas, perkuliahan online maupun pekerjaan lainnya.

Itulah, 5 Tips produktif bagi mahasiswa disaat pandemi, dengan tips berikut bisa anda praktekan setiap hari supaya lebih produktif menjalankan perkuliahan online di kondisi pandemi seperti ini. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Divisi Danus