5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit 1

Saat anak sudah mulai berulah dan menangis hingga menjerit-jerit, tentu hal itu sangat menguji kesabaran kita sebagai orangtua. Apalagi jika anak menjerit terjadi ditempat umum, pasti membuat orang tua risih, karena orang-orang akan tertuju pada jeritan si anak.

Namun, pahamilah jeritan atau teriakan anak. Bisa jadi jeritan atau teriakan tersebut adalah bentuk komunikasi kepada orangtua untuk mendapatkan keinginannya. Ketika anak menjerit atau berteriak dalam tangisannya, mulailah untuk mengontrol emosi anak.

Tetaplah tenang, dan coba ikuti 5 tips berikut ini, untuk menenangkan anak yang sering menjerit saat menangis, yang kami rangkum dari liputan6.com.

1. Pahami perasaan anak

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit 3

Pahamilah perasaan anak Anda saat ia sudah merasa gelisah dan rewel. Mungkin anak Anda merasa tidak nyaman dengan suatu tempat atau kondisi. Jika itu masalahnya, tanyakan padanya apa yang membuatnya rewel.

Katakan padanya bahwa situasi ini akan segera berakhir. Karena apapun alasannya, anak Anda sudah enggan berada dalam tempat itu.

2. Bicaralah dengan lembut dan pelan

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit 4

Saat anak sudah mulai menjerit, ambillah napas panjang. Kemudian mulailah untuk berbicara dengan lembut dan nada yang pelan. Hindari untuk berkata sambil marah-marah. Bicara dengan nada yang lembut dan tenang akan membuat anak lebih tenang dan anak akan mulai mendengarkan Anda.

Bicaralah bahwa jeritan mu (anak) membuat kita risau. Jaga suara Anda tetap rendah dan pelan, dan mintalah anak untuk melakukan hal yang sama.

3. Alihkan perhatiannya
5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit 5

Mengalihkan perhatian adalah salah satu cara efektif untuk menenangkan anak yang berteriak-teriak. Anda bisa membawanya keluar ruangan jika ia sudah merasa tidak nyaman dalam situasi dalam ruangan.

Alihkan perhatiannya pada benda atau kejadian yang menarik perhatian anak, sehingga anak bisa lebih tenang. Anda juga bisa mengalihkan perhatian pada makanan atau camilan kesukaan anak Anda.

4. Berikan penghargaan pada anak

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit 6

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan penghargaan pada anak jika ia berkelakuan baik. Ini merupakan salah satu tips menenangkan anak Anda saat menjerit. Mintalah anak Anda untuk mengikuti perkataan Anda, jika ia menuruti Anda akan diberi penghargaan.

Misalnya anak Anda menurut untuk berhenti menjerit maka Anda akan memberikannya es krim. Memberikan penghargaan pada anak juga merupakan salah satu cara membuatnya bahagia.

5. Carilah kesibukan untuk anak

5 Tips Tenangkan Anak Saat Menangis Hingga Menjerit 7

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan kesibukan pada anak. Misalnya dengan mengajaknya bermain permainan yang anak Anda sukai. Berikan permainan kecil yang bisa menenangkannya. Hal tersebut bisa mencegahnya mengamuk.

Itulah tips bagi orangtua agar bisa menenangkan anak yang menjerit. Semoga tips tersebut berhasil menenangkan anak Anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.