5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Terpuruk Dalam Kegagalan

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Terpuruk Dalam Kegagalan 1

Hidup ini akan selalu menyuguhkan momen kegagalan kepada siapapun tanpa memandang status. Kegagalan kecil dan kegagalan besar pun pasti pernah dialami semua manusia di dunia ini.

Momen kegagalan sendiri dapat mengubah cara pandang tiap orang ke depannya nanti. Ada yang setelah gagal berusaha untuk bangkit lagi, bahkan ada juga yang setelah gagal menjadi terpuruk dan kecewa berlarut-larut untuk menenangkan diri. Tentunya tiap orang memiliki cara berbeda-beda.

Berikut tips yang dapat dilakukan ketika sedang terpuruk dalam kegagalan. Yuk simak! 

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan

pexels.com
pexels.com

Entah keberhasilan atau kegagalan, semua sudah ditentukan dan itu merupakan kuasa Tuhan. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, kita perlahan dapat lebih tenang dan ikhlas dengan keadaan yang saat ini terjadi.

Bisa jadi kegagalan itu ialah cara terbaik dari Tuhan untuk menyelamatkan kita dari sebuah bahaya atau kerugian ke depannya. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, pikiran dan hati menjadi jernih dan dijauhkan dari buruk sangka. Tuhan senantiasa mengabulkan do’a baik tiap-tiap hamba-Nya. 

2. Bersyukur 

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Terpuruk Dalam Kegagalan 3

Bersyukur saat gagal memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Namun bersyukur saat gagal minimal dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik serta memudahkan diri untuk ikhlas dan semangat bangkit lagi.

Hadapi kegagalan dengan hati yang tenang, karena itu dapat menyehatkan pikiran. Dengan bersyukur minimal dapat juga menenangkan pikiran dan senantiasa berpikir lebih positif. Cara berpikir, sikap, mental, dan tindakan banar-benar diuji saat sedang mengalami kegagalan. 

3. Baca buku motivasi atau buku self improvement 

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Terpuruk Dalam Kegagalan 4

Membaca buku motivasi dari tokoh-tokoh terkenal di dunia atau buku self improvement bisa menjadi tips beriktunya. Tokoh-tokoh terkenal dunia yang sukses pun tak pernah lepas dari mengalami kegagalan. Cerita mereka dalam buku tersebut bisa menjadi motivasi dan tidak menganggap bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya.

Buku bergenre self improvement juga bisa menjadi tambahan untuk membantu memberikan asupan diri menjadi lebih positif dan tenang dalam mengalami masa kegagalan. 

4. Mendengarkan podcast motivasi 

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Terpuruk Dalam Kegagalan 5

Jika bosan dengan buku, podcast bisa menjadi alternatif selanjutnya. Saat ini banyak channel podcast tentang motivasi yang dikemas dengan menarik. Channel seperti Makna Talks, Buka Talks, dan channel lainnya menyuguhkan podcast dengan bahasan dan narasumber yang inspiratif.

Apalagi podcast bisa didengarkan kapan saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Dengan sering mendengarkan podcast motivasi yang inspiratif maka membentuk pola pikir dan cara pandang yang positif. 

5. Bersedekah

5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Sedang Terpuruk Dalam Kegagalan 6

Siapapun pasti sudah tahu bahwa bersedekah memiliki banyak manfaat. Manfaat yang dirasakan pun tidak hanya untuk orang lain, melainkan juga diri sendiri. Bersedekah bisa juga membukakan kebaikan lainnya dalam hidup kita dan meringankan sesama.

Sedekah dengan rutin bisa menjadi bukti bahwa dunia ini masih banyak keterpurukan yang dialami orang-orang diluar sana bisa jadi lebih parah dibandingkan kita.

Itu beberapa tips yang bisa dilakukan ketika sedang mengalami kegagalan. Terkadang dalam usaha yang keras pun dan keyakinan yang kuat belum menjamin kegagalan itu tak akan terjadi.

Kegagalan tak akan selalu hadir dengan makna buruk seperti awan mendung dengan guntur yang keras hingga mengalahkan segalanya yang ada dibawahnya. Bisa jadi itulah cara terbaik untuk menyelamatkan yang lainnya dari hal tak terduga, namun dihadirkan dengan kemasan yang terkesan sekilas kurang menyenangkan.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Namu