5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia


5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia 1

Seperti yang kita tahu bahwa bagi beberapa orang, momen di hari valentine merupakan moment yang sangat istimewa di setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, perayaan ini dilakukan dengan tradisi menukar kado berupa cokelat atau boneka beserta kartu ucapan. Atau ada juga yang memanfaatkan hari spesial ini untuk mereka yang sedang jatuh cinta dan digunakan untuk menyatakan isi hatinya. Namun, tidak semua negara memiliki perayaan yang sama. Seperti yang dilansir dari huffpost.com, ada beberapa negara yang merayakan hari valentine ini dengan sangat meriah. Negara mana sajakah dan tradisi apa saja yang mereka lakukan ? Yuk simak 5 tradisi di hari valentine dari berbagai negara di bawah ini.

1. Denmark

5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia 3

Biasanya pada hari spesial ini, kebanyakan orang akan memberikan bunga mawar merah, tetapi berbeda dengan orang – orang Denmark. Mereka justru memilih untuk memberikan mawar putih yang mereka sebut sebagai snowdrops sebagai hadiah. Selain itu, orang Denmark juga memberikan Gaekkebrev atau sebuah surat yang berisi sajak yang lucu untuk kekasihnya. Bukan surat biasa, kertas yang digunakan untuk Gaekkebrev ini dibentuk menjadi sangat rumit dan ditandatangani hanya dengan titik – titik tanpa nama. Yang dimana si penerima harus menebak siapa pengirim surat Gaekkebrev tersebut. Jika berhasil, maka dia akan menerima telur Paskah dari sang pengirim Gaekkebrev tersebut.

2. Korea Selatan

5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia 4

Di Korea Selatan sendiri, mereka merayakan hari valentine sebanyak tiga kali. Pertama, pada tanggal 14 Februari yang dimana dari pihak wanita memberikan cokelat, permen, atau hadiah lainnya kepada sang kekasih. Lalu pada tanggal 14 Maret atau yang mereka sebut sebagai hari white day ini, pihak pria berkesempatan untuk membalas hati wanita tersebut. Dan yang ketiga adalah black day yang dirayakan pada tanggal 14 April oleh para jomblo yang di mana mereka akan berkumpul dan menikmati makanan seperti jajangmyeon.

3. China

5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia 5

Di China, mereka menyebut hari valentine dengan sebutan Qixi atau Festival Malam Ketujuh. Valentine di sana tidak terinspirasi dari St. Valentine melainkan Zhinu, yaitu seorang putri raja surga yang menikah dengan seorang penggembala sapi yang miskin bernama Niulang. Awalnya pernikahan mereka bahagia hingga sang raja mengetahui putrinya menikah dengan penggembala miskin.

Raja memerintahkan sang ratu untuk membawa kembali anaknya. Kepergian sang ratu ini membuat Niulang dan anak – anaknya menangis. Tidak tega mendengar tangisan tersebut, sang raja memperbolehkan Zhinu bertemu dengan Niulang setiap satu tahun sekali di hari Qixi atau hari valentine. Untuk merayakan pertemuan tersebut, pihak wanita muda di China mempersiapkan buah – buahan untuk Zhinu dengan harapan bisa mendapatkan suami yang baik

4. Italia

5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia 6

Di Italia, Puisi merupakan bagian terpenting dalam tradisi hari valentine. Saat hari valentine tiba, para pria akan membacakan puisi bagi kekasihnya di sebuah tempat yang indah atau dimana dulunya ada moment indah bersama sang kekasih. Sedangkan bagi wanita yang masih single, mereka akan bangun sebelum matahari terbit dan mengintip ke jendela. Kenapa begitu ? Hal ini karena dalam kepercayaan warga Italia, sang pria yang pertama kali dilihat oleh wanita di hari valentine akan menjadi jodoh dan menikah dalam jangka waktu satu tahun.

5. Inggris

5 Tradisi Unik Hari Spesial Valentine di Seluruh Dunia 7

Berbeda dengan di Inggris, wanita yang masih single justru meletakkan lima lembar daun salam di bawah bantal mereka. Hal ini dipercaya oleh mereka bahwa empat daun untuk setiap sisi dan satu daun diletakkan di bagian tengah guna untuk mendapatkan suami yang nantinya sesuai dengan harapan mereka.

Hari valentine di inggris juga dirayakan oleh anak – anak yang dimana mereka akan menari dan bernyanyi untuk mendapatkan hadiah berupa permen dan cokelat. Selain itu, orang – orang di Inggris juga akan memanggang roti dengan biji jintan, plum dan kismis sebagai tanda kebahagiaan dan kesuburan.

Itulah ke – 5 tradisi unik di hari valentine di berbagai negara di seluruh dunia. Sebenarnya walaupun setiap negara memiliki tradisi masing – masing yang berbeda saat merayakan hari valentine, namun kesan dari perayaan tersebut tetap sama yaitu untuk membahagiakan orang terkasih. Semoga bermanfaat ya dan Happy Valentine Day !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap