5 Usaha Minim Modal, Cocok Untuk Mahasiswa

5 Usaha Minim Modal, Cocok Untuk Mahasiswa

Setelah lulus dari sekolah menengah atas, dan melanjutkan menempuh pendidikan yang lebih tinggi di universitas, kamu sekarang sudah menjadi seorang .

Menjadi memang merupakan hal yang patut kita syukuri.

Karena kita masih diberi kesempatan untuk belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Namun kadang biaya pendidikan di unversitas yang terbilang cukup tinggi, mengharuskan kita harus bekerja untuk membayar uang atau menambah uang jajan.

Berikut adalah 5 untuk kamu, yang tidak mau terlalu menjadi beban kedua orang tuamu, supaya kamu bisa menambah pemasukan untuk membayar kuliahmu, atau bisa juga loh buat nambah uang jajan kamu.

Yuk kita simak, apa saja sih yang cocok untuk !

1. Menjadi guru les 

ilustrasi foto guru les dari pexels.com
ilustrasi foto guru les dari pexels.com

Menjadi tutor / guru les adalah usaha jasa yang tidak asing lagi bagi . Kamu bisa menawarkan jasa les mu di lingkungan sekitarmu, dengan cara menyebarkan brosur atau dari mulut ke mulut.

Buat kamu yang jago matematika, kamu bisa menjadi guru les matematika, atau bagi kamu yang bisa berbahasa asing seperti atau bahasa mandarin, kamu juga bisa menawarkan jasamu untuk menjadi guru les bahasa asing.

Baca juga  Menjaga Kewarasan Mahasiswa di Tengah Tekanan Deadline

Selain menyebarkan brosur dari rumah ke rumah, kamu juga bisa loh menawarkan jasamu lewat internet.

Gunakan akun sosial mediamu untuk menawarkan jasamu sebagai guru les ke rumah siswa atau menjadi tutor secara online.

Modalnya sangat minim, kamu hanya perlu modal kuota internet untuk membuat status di sosial mediamu, atau memperbanyak brosur yang kamu buat sendiri dengan memfotocopy, dan jangan lupa modalmu yang paling penting adalah kesiapanmu mengajar murid lesmu ya, yaitu asah ilmumu !

2. Menjadi agen dropship

ilustrasi foto online shop dari pexels.com
ilustrasi foto online shop dari pexels.com

Jika kamu benar-benar tidak punya modal untuk berjualan online shop, kamu bisa loh menjadi agen dropship.

Agen dropship adalah cara berjualan tanpa harus memiliki stok barang. Jadi kalau kamu mau berjualan online di media sosial, kamu hanya perlu mendaftar sebagai agen dropship di salah satu supplier.

Dari supplier ini lah kamu menjual barang tanpa harus membelinya terlebih dahulu, jadi kamu tidak perlu keluar modal terlebih dahulu, tetapi kamu hanya menjualkan produkmu kepada si calon pembeli, dan supplier yang akan mengirimkan barang pesanan kepada pembeli secara langsung, tetapi tentu saja pengiriman tersebut atas nama toko onlinemu.

Baca juga  Tips Hemat Anak Kos di Tanggal Tua

Berjualan online seperti ini sangat mudah bagi , karena kamu tidak harus stock barang, sehingga kamu benar-benar minim modal loh.

Tapi pastikan ya, bahwa kamu memilih supplier dropship yang tepat !.

3. Menjadi seorang penulis di media online atau cetak

ilustrasi foto penulis dari pexels.com
ilustrasi foto penulis dari pexels.com

Buat kamu yang memang hobi menulis, kamu bisa banget loh menulis artikel, cerpen, atau novelmu di media online ataupun cetak.

Modalnya pun minim, yaitu kamu hanya perlu laptop atau komputer serta kemampuanmu dalam menulis.

Kemudian kirimkan tulisanmu ke media online atau cetak, kalau memang tulisanmu bagus dan menarik, tentu karyamu akan terpublikasikan oleh editor di media online dan media cetak.

Menyenangkan bukan ? Sambil menyalurkan hobi, dapat bayaran juga dari hobimu ini ?

4. Berjualan makanan di aplikasi online

ilustrasi foto jualan makanan secara online dari pexels.com
ilustrasi foto jualan makanan secara online dari pexels.com

Buat kamu yang jago masak, kamu bisa loh membuka bisnis makananmu dengan modal yang minim, yaitu daftarkan bisnis makananmu di aplikasi online.

Mendaftarkan bisnis makananmu di aplikasi online tentu saja tidak membutuhkan modal yang besar.

Baca juga  Tips Mengerjakan & Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Kamu hanya perlu mendaftarkan nama bisnis makananmu secara gratis, kalau kamu sudah siap dengan makanan yang kamu mau jual, kamu tinggal membuka “ rumah makanmu ’’ di aplikasi online.

Supaya modalnya, kamu bisa membuat makanan secukupnya untuk dijual, contoh makanan yang bisa di jual secara online lewat aplikasi handphonemu adalah kamu bisa berjualan makanan cepat saji seperti burger, roti bakar, aneka sate goreng. Modalnya ga sampai tiga ratus ribu loh !

5. Menjadi seorang agen pulsa

ilustrasi foto orang sedang memegang handphone dari pexels.com 
ilustrasi foto orang sedang memegang handphone dari pexels.com 

lainnya untuk adalah menjadi seorang agen pulsa.

Agen pulsa adalah seseorang yang dapat melakukan isi ulang pulsa kepada calon pembelinya, dengan modal minim kamu sudah bisa melakukan transaksi jual beli pulsa kepada calon pembelimu loh.

Biasanya kamu hanya perlu modal Rp 100.000 saja untuk berjualan isi ulang pulsa elektrik.

Selain mendapat uang dari berjualan pulsa, kamu juga bisa loh memakai saldonya untuk mengisi pulsamu sendiri.

Jadi, kamu mau pilih usaha yang mana nih untuk menambah uang jajanmu, atau menambah uang untuk membayar biaya kuliahmu ?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

myra laoshi