5 Video Game yang Menceritakan Masa Depan Suram

5 Video Game yang Menceritakan Masa Depan Suram 1

Masa depan memang sesuatu yang belum diketahui tetapi bisa diramalkan. Ramalan akan terjadi apabila ada orang yang berusaha agar ramalan itu menjadi kenyataan. Ramalan baik menjadi harapan, sedangkan ramalan buruk menjadi peringatan. Maka, orang-orang selalu berusaha agar ramalan buruk tidak menjadi kenyataan.

Video game yang mengangkat cerita masa depan suram dapat memberikan sebuah pelajaran kepada pemainnya. Pemain video game bisa mendapatkan pengalaman seolah-olah dirinya terlibat dalam sebuah cerita. Pemain bisa merasakan seperti apa masa depan suram di video game seperti ini.

Detroit Become Human

Kara
Kara

Tidak begitu jauh dari masa sekarang, tepatnya tahun 2038 di kota Detroit. Di masa itu sudah banyak android atau manusia buatan yang dipekerjakan oleh penduduk kota. Android diciptakan sesuai pekerjaan yang dibutuhkan. Perusahaan-perusahaan terus membuat android baru untuk dijual. Semakin banyak android baru, maka android lama akan terpinggirkan, dan semakin banyak manusia yang kehilangan pekerjaan. 

Keadaan kota semakin suram, banyak manusia yang menganggur, sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Para pengusaha lebih suka mempekerjakan android untuk menghemat pengeluaran. Android hanya membutuhkan biaya pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian suku cadang.

Pada suatu ketika, ada sebagian android yang melarikan diri dari pemiliknya. Ada yang pernah mendapatkan perlakukan buruk, dan ada pula yang ingin disejajarkan dengan manusia. Peristiwa itu menimbulkan bibit-bibit pemberontakan android. Detroit Become Human berhasil mengaduk-aduk perasaan penggemarnya. 

Deus Ex: Mankind Divided

Adam Jensen
Adam Jensen

Di tahun 2029, organ buatan mengalami perkembangan pesat. Organ-organ buatan ini sudah mampu bekerja dengan baik sebagai pengganti bagian tubuh yang sudah tidak tertolong lagi. Organ buatan yang dahulu dibuat untuk menolong orang yang kehilangan bagian tubuhnya, kini sudah lebih dari cukup. Tahun 2029 adalah masa dimana manusia bisa bersatu dengan mesin.

Sayangnya, penggunaan organ buatan sudah terlalu berlebihan. Organ-organ buatan itu ditawarkan melalui iklan di TV. Penjual menawarkan organ buatan yang lebih canggih dengan harga murah. Sampai ada orang sehat yang sengaja mengganti bagian tubuh aslinya dengan bagian tubuh robot demi memperoleh kekuatan dan keunggulan.

Organ-organ buatan juga tersedia di pasar gelap untuk diperjualbelikan kepada para penjahat. Tujuannya untuk dijadikan senjata berbahaya. Di masa itu, pemerintah menerapkan peraturan yang berbeda terhadap manusia asli dan manusia robot. Peraturan itu sudah pasti menguntungkan manusia asli dan merugikan manusia robot.

NieR: Automata

Commander YorHa
Commander YorHa

Cerita di NieR: Automata terjadi di tahun 11945 Masehi. Ketika itu banyak manusia yang mengungsi ke bulan. Bangunan-bangunan peninggalan manusia sudah tinggal puing-puing. Permukaan Bumi sudah dihuni oleh kehidupan mesin. Seperti itulah sisa-sisa perang antara manusia dengan makhluk asing.

Para robot berkeliaran, lalu mereka berusaha hidup seperti manusia, berkumpul membentuk suku-suku sampai mendirikan kerajaan. 

Manusia asli menciptakan manusia buatan yang disebut YorHa. Para manusia buatan diutus untuk membersihkan Bumi dari keberadaan makhluk asing yang menjadi musuh manusia asli. Perjuangan para manusia buatan itu sungguh mengharukan dan berhasil menguras air mata.

Anno 2070

Anno 2070
Anno 2070

Anno 2070 menceritakan masa depan suram yang bisa saja terjadi di masa itu. Naiknya permukaan air laut membuat banyak daratan tenggelam. Manusia yang tersisa harus berusaha membangun tempat tinggal baru di pulau-pulau buatan atau sisa-sisa daratan. 

Ada tiga kubu yang berusaha mempertahankan kehidupan manusia, yaitu The Eden Initiative, Globat Trust, dan SAAT. Ketiga kubu itu membangun tempat tinggal baru dengan caranya masing-masing. Di masa itu pula, banyak manusia yang tinggal di kapal-kapal besar sambil mengembara di laut yang sangat luas.

Horizon Zero Dawn

Alloy
Alloy

Di abad 31, terjadi sebuah bencana besar yang meruntuhkan peradaban manusia. Di masa itu, manusia membangun kebudayaan baru, berkumpul membentuk suku-suku, dan pemerintahan pun dipimpin oleh kepala suku. Kehidupan manusia ketika itu kembali ke zaman purba.

Dunia luar dihuni oleh robot-robo berbentuk binatang purba. Robot-robot binatang itu adalah peninggalan nenek moyang. Kecanggihan teknologi nenek moyang membuat robot-robot itu bertahan hidup sampai ratusan tahun lamanya. Pabrik-pabrik robot yang canggih juga masih memiliki tenaga dan bahan baku untuk merakit robot-robot baru yang siap dilepaskan ke alam liar. 

Pemandangan alam memperlihatkan puing-puing bangunan peninggalan nenek moyang. Di masa itu, sisa-sisa gedung pencakar langit, mobil, robot, dan segala yang kita kenal di masa ini sudah menjadi peninggalan nenek moyang.

Kesimpulan

Masa depan ditentukan oleh apa yang terjadi di masa sekarang. Sedangkan masa lalu menentukan apa yang terjadi di masa sekarang. Apa yang sudah terjadi di masa lalu, bisa saja terulang di masa depan. 

Dengan memainkan video game yang menceritakan masa depan suram, kita akan mendapatkan sebuah pelajaran berharga tentang masa depan. Apakah yang akan kita wariskan untuk anak cucu yang akan lahir menjadi penerus di masa depan?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka