5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona


5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona 1

Baru – baru ini dunia sedang digemparkan dengan wabah terbaru yaitu virus corona yang telah menjadi perhatian di berbagai belahan negara. Bermula dari kota Wuhan, China, virus corona ini dikabarkan sudah menyebar hingga ke Amerika Serikat bahkan Indonesia. Virus ini diketahui mewabah di Wuhan mulai Desember 2019 dan pada awal Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengidentifikasi virus asal China ini sebagai novel coronavirus (2019-nCoV). Seperti yang dilansir dari CNN,  mengatakan bahwa otoritas kesehatan China menyebutkan virus tersebut bisa menular ke sesama manusia. Virus corona ini dapat menyebabkan pneumonia atau radang paru – paru. Namun, tahukah kamu selain virus Corona, seperti dilansir dari lama kompas, ada beberapa wabah virus yang dulu sempat menggemparkan dunia. Apa saja ? Yuk simak 5 wabah berikut ini !

1. Flu Burung

5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona 3

Wabah flu burung pertama kali ditemukan di Italia pada tahun 1878. Namun, baru diketahui dan disadari dalam wabah besar yang melanda peternakan ayam di Amerika Serikat pada tahun 1924 – 1925. Pada saat itu flu burung masih menular di antara unggas dan belum terjadi penularan ke hewan lain. Kemudian pada Maret 1997, flu burung dari subtipe H5N1 mulai menyebar ke peternakan ayam di Hongkong yang dimana dalam dua bulan flu tersebut menular ke seorang anak laki – laki berusia tiga tahun. Dan saat itu obatnya masih bisa belum ditemukan, sehingga anak tersebut meninggal dunia.

Seseorang yang terserang flu burung bisa menderita komplikasi berat, seperti pneumonia dan radang selaput otak. Kemudian pada 25 Januari 2004, di Indonesia sendiri penyakit flu burung sudah menyebabkan kematian 10 juta perternak ayam. Penyakit ini mulai menyebar sejak Oktober 2003 dan paling banyak terjadi di kawasan jawa timur dan beberapa daerah di indonesia.

2. Flu Babi

5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona 4

Wabah atau virus flu babi ditemukan pertama kali beberapa negara seperti di Meksiko, AS, Selandia Baru, Israel, dan Perancis. Kemudian pada 26 April 2009,  kawasan Asia memasuki siaga satu terhadap flu babi yang dimana beberapa langkah telah dilakukan pemerintah di seluruh dunia. Di jepang, mereka memperketat pemeriksaan penumpang khususnya dari Meksiko yang turun di bandara internasional. Selain itu, di Korea Selatan, China, dan Taiwan juga melakukan kebijakan yang sama. Yang dimana pemerintah Korea Selatan memberlakukan karantina untuk daging babi impor dari Meksiko dan AS.

Kemudian pada 18 Juli 2009, Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan bahwa flu burung atau pandemi influenza A-H1N1 ini telah menyebar ke seluruh dunia dalam waktu singkat yang di luar perkiraan. Flu babi sendiri sempat masuk ke Indonesia melalui wisatawan yang datang berkunjung.

3. Cacar Monyet

5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona 5

Cacar Monyet atau Monkeypox ini pertama kali ditemukan di Republik Demoktratik Kongo pada tahun 1970. Yang dimana telah menyebar sampai ke Singapura pada 9 Mei 2019. Penyakit ini telah menyerang seorang pria dari Nigeria. Gejala yang dialami pria tersebut adalah komplikasi seperti demam, adanya benjolan di kulit, nyeri otot, dan kedinginan. Pada kasus ini ada 23 orang yang telah melakukan kontak dengan pria tersebut. Mereka yang berada di Singapura akan dikarantina selama 21 hari. Selain itu pada tahun 2003 yang lalu kasus yang pernah terjadi sempat dilaporkan ke Amerika Serikat akibat manusia yang telah melakukan kontak langsung dengan praire dog atau hewan pengerat pemakan rumput yang terinfeksi tikus di Afrika. Virus  tersebut disebut cacar monyet karena penularan dari monyet, tikus gambia, dan tupai.

4. SARS

5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona 6

SARS atau severe acute respiratory syndrome merupakan sindrom pernapasan akut parah yang pernah menyerang manusia. Seperti yang dilaporkan bahwa penyebaran virus ini sempat memicu kepanikan yang terjadi dimana – mana. Menurut catatan dari WHO, terdapat beberapa negara dan daerah yang terjangkit virus tersebut seperti di Beijing, Guangdong, Shanxi, dan Hongkong, Taipei, Hanoi, Toronto, dan Singapura. Kasus pertama kali yang terjadi ditemukan di Guangdong pada November 2002. Penyakit ini sangat mirip dengan flu yang telah menewaskan 349 orang di daratan Cina dan 774 orang di seluruh dunia. Gejala SARS sendiri bermula dari demam, suhu badan yang naik drastus, batuk kering dan sesak nafas.

5. Ebola

5 Wabah Besar Yang Terjadi di Dunia, Selain Virus Corona 7

Virus ebola merupakan salah satu penyakit atau parasit yang paling mematikan dan bersifat menular. Jika tertular, maka dipastikan sudah tidak bisa diselamtkan atau akan membawa kematian. Virus ini adalah virus yang paling berbahaya karena dapat membunuh seseorang yang terjangkit dalam waktu singkat. Ebola sendiri juga merupakan salah satu penyebab dari beberapa virus dari demam berdarah.

Gejala yang dialami bisa berupa demam, diare, muntah, dan pendarahan. Dilaporkan dari WHO bahwa virus ebola pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di Republik Demokratik Kongo lalu menyebar ke Zaire. Setelah 6 bulan dikabarkan mulai dari Januari 2014, 500 orang dilaporkan tewas. Penyakit Ebola ini terus menewaskan lebih dari 11.000 orang di seluruh Afrika Barat setelah muncul di Guinea bagian selatan pada Desember 2013. Lalu pada 14 Januari 2016 WHO mengumumkan bahwa wabah ebola yang menyerang Afrika Barat selama dua tahun telah lewat. Hal ini karena negara terakhir yang terkena, dinyatakan telah bersih.

Itulah ke – 5 wabah besar pernah terjadi di dunia dan sempat menggemparkan seluruh dunia. Dari kelima wabah diatas, manakah yang menurutmu paling berbahaya dan mematikan ? Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap