5 Wisata Alam Selama Berlibur di Kudus Jawa Tengah

5 Wisata Alam Selama Berlibur di Kudus Jawa Tengah 1

Berlibur menjadi salah satu cara agar tubuh memperoleh energi kembali setelah menjalankan rutinitas setiap hari. Ada banyak pilihan lokasi untuk berlibur, mulai dari wahana permainan, wisata alam yang asri dan sejuk atau bisa dengan berkebun di rumah.

Salah satu tempat liburan paling dicari adalah wisata alam. Menyajikan pemandangan hijau, udara segar tanpa polusi serta pengalaman tak terlupakan yang tidak bisa ditemui di pusat kota. Sehingga banyak lokasi alam mulai dikembangkan untuk menarik wisatawan.

Terdapat satu kota di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik terhadap alam. Kudus merupakan kota kecil yang berdekatan dengan Jepara, Demak dan Pati. Selain terkenal dengan wisata religinya, Kota Kretek ini juga memiliki hamparan alam yang patut dieksplor. Meskipun lokasinya sedikit jauh dari kota dan jalanan menanjak dan berkelok, tidak menyurutkan semangat pengunjung untuk melihat bentangan gunung, derasnya air terjun serta hutan yang lebat.

Maka dari itu berikut ini ada 5 rekomendasi wisata alam di Kudus, cocok untuk kamu kala waktu liburan tiba. Dijamin tidak akan menyesal setelah mengunjungi tempat-tempat ini.

Menikmati Segarnya Air Terjun Montel

Untuk menuju lokasi dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari area parkir, meskipun sebelumnya harus melewat tanjakan yang berkelok. Belum lagi harus berbagi jalan dengan tukang ojek yang mengantarkan peziarah menuju Makam Sunan Muria. Terletak di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Air Terjun Montel menyajikan gemuruh air dari atas tebing.

Karena airnya sangat segar, banyak pengunjung yang menjeburkan diri ke dalam air hingga berdiri tepat di bawah air terjun tersebut. Namun, selalu berhati-hati sebab bebatuan yang cukup licin.

Menaiki Air Terjun Kali Banteng

Jika Air Terjun Montel memang sulit dinaiki, kamu bisa melakukannya di Air Terjun Kali Banteng karena memiliki kontur bertingkat. Terletak di lereng Gunung Muria sehingga udara dingin sangat akrab bagi setiap pengunjung. Meskipun hanya memiliki 2 tingkatan, tetapi tidak menyurutkan pengunjung untuk berendam atau berenang.

Pengunjung bisa sepuasnya menikmati air terjun yang berada di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog. Disamping kanan kiri terdapat pemandangan pepohonan menjulang tinggi serta bukit-bukit yang hijau karena tumbuhan liarnya.

Naik Perahu di Waduk Logung

Masih berhubungan dengan air, kamu bisa menikmati alam dengan menaiki perahu dengan biaya sewa seharga 15.000. Waduk Logung dibangun sudah sejak tahun 2014 dan menjadi destinasi wisata di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe. Kabar baiknya adalah pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Suasana tenang menyelimuti tak kala mulai mendayung perahu ke tengah waduk. Bentangan alam kanan kiri memberikan energi positif bagi siapa saja. Selalu berhati-hati selama mendayung untuk menghindari perahu oleng dan terjatuh.

Sunset dan Sunrise di Bukit Puteran

Bagi yang suka berkemah atau camping bisa mencoba melakukannya di Bukit Puteran terletak di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengunjung adalah meminta izin kepada penanggung jawab sekitar.

Pada malam hari disuguhkan kerlap-kerlip lampu kota yang sangat indah. Menambah kehangatan bersama teman-teman. Sembari menikmati secangkir kopi hangat dan alunan gitar sebagai pengiring. Pada pagi harinya dapat menikmati matahari terbit yang begitu cantik dan tenteramnya matahari tenggelam di sore hari.

Kebun Kopi hingga Air Terjun Padas Awu

Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung akan melihat bentangan kebun kopi. Terdapat hutan rimbun membuat lokasi ini tidak begitu panas ketika siang hari. Jalanan setapak dapat ditempuh 30 menit dari area parkir dan sesampainya disana rasa lelah hilang seketika tak kala merasakan segarnya air dari alam. Lokasinya berada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang berlipat-lipat. Mulai dari kebun kopi, bentangan hutan hingga air terjun untuk melepas rasa lelah setelah perjalanan.

Dari ulasan diatas, apakah kamu sudah menentukan ingin mengunjungi wisata alam yang mana? Jangan lewatkan setiap sudut pemandangan yang diberikan oleh semesta. Saran, jangan terlalu sibuk mengabadikan gambar sebagai kenangan, nikmati saja suasana damai dan tenteram yang tidak setiap hari bisa dirasakan.

Wisata alam memang memiliki aura positif untuk siapa saja dan dapat mengembalikan energi yang hilang untuk bekerja dan lain-lain. Jangan sia-siakan setiap kesempatan untuk mengunjungi alam-alam nun cantik apalagi yang belum terlalu tersentuh oleh pengembangan manusia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Devi Nur