50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 1

Traveling keliling Indonesia, untuk menikmati pemandangan alam yang indah, kenapa tidak ! Selain dapat membuat liburan jadi lebih menyenangkan, juga membuat Anda melihat lebih dekat keindahan alam indonesia. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Raja Ampat – Papua

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 3
via Airpano

Pemandangan alam pertama yang akan dibahas adalah Raja Ampat di Papua, tepatnya di Papua Barat. Selain memiliki pesona alamnya yang indah, pemandangan alam bawah lautnya juga tidak kalah indah. Bahkan kawasan ini, sudah terkenal hingga ke mancanegara. Seperti namanya Raja Ampat, maka kepulauan yang terdiri atas 4 buah pulau besar, antara lain Pulau Misool, Salawati, Batanta dan pulau Waigeo. Masing-masing pulau memiliki keindahan alam yang berbeda-beda, ada yang memiliki objek wisata snorkeling, objek wisata diving, dan objek wisata lainnya.  

Danau Sentani – Papua

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 4
via Pesonapapua.id

Selain Raja Ampat, ternyata Papua juga memiliki satu lagi pemandangan alam yang indah, yaitu danau Sentanu. Danau seluas 9.360 Hari ini diperkaya dengan berbagai biota laut yang cukup banyak. Ditambah adanya kawasan hutan Mangrove, membuat biota lautnya tetap terjaga dengan baik. Setiap bulan Juni, di lokasi ini diadakan festival Danau Sentani, yang berisi tarian perang, dan yang lainnya.

Pulau Menjangan – Bali

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 5

Pulau Menjangan yang akan dibahas kali ini adanya di sekitar pulau Bali. Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di pulau yang satu ini, seperti bermain bersama para rusa-rusa yang cantik, dan bagi Anda yang menyukai snorkeling dan diving. Maka pulau ini, menjadi salah satu rujukannya.  

Ada sekitar 12 titik penyelaman yang dapat Anda lakukan di pulau kecil ini, dengan pemandangan berupa aneka jenis karang, dinding karang, koral, aneka ikan laut nan cantik, dll. Selain itu, air lautnya juga terlihat lebih jernih dan juga bening. Yang unik ketika Anda menyelam di salah satu spot yang ada di pulau ini adalah adanya sebuah kapal karam yang kini menjadi habitat biota laut yang cantik. Diperkirakan kapal tersebut karam sekitar abad 19 dan diduga kapal tersebut adalah kapal pengangkut budak.  

Taman Nusa – Bali

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 6

Mengunjungi Bali, ada baiknya jika Anda mengunjungi Taman Nusa. Sejak dibuka tahun 2013 silam, taman yang satu ini memberikan informasi tentang perjalanan sejarah dan juga budaya bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang desain arsitektur, dari waktu ke waktu. Berada di lahan seluas 15 Ha, objek wisata ini dikelilingi oleh pemandangan indah dari pegunungan yang hijau, aneka persawahan, jurang, hutan dan tidak ketinggalan sungai Melangit. Ingin mengunjungi objek wisata yang satu ini, mudah saja, kunjungi saja desa Sidan, Gianyar, Bali.

Pasih Uwug – Bali

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 7

Jika diartikan dalam Bahasa Bali, Pasih Uwug ini sendiri berarti, pantai rusak. Jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Indonesia, pantai yang satu ini memang terbilang unik dan sangat menarik. Dahulu ada sebuah tebing yang didalamnya terdapat sebuah gua, dan kemudian gua tersebut runtuh. Runtuhnya goa tersebut, yang membuat formasi alam unik yang menyerupai sebuah jembatan. Selang waktu, air laut masuk ke dalam rongga, dan menciptakan sebuah kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang. Pantai ini sendiri terlihat indah dari atas dan nyaman digunakan ketika berenang. Pantai ini sendiri berada di Jalan Batu Nunggul, Nusa Penida.

Pantai Tegal Wangi – Bali

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 8
via @4ever_anao

Berendam seperti Zacuzzi di tepi pantai, kenapa tidak ! Pengalaman ini akan Anda dapatkan ketika mengunjungi pantai Tegal Wangi yang ada di Bali. Di pantai ini, Anda akan menemukan lubang-lubang kecil di antara karang, di tepi pantai. Lubang-lubang tersebut akan menampung air laut, dan membuat Anda dapat berendam di dalamnya. Selain dapat digunakan untuk berendam. Pemandangan alam di lokasi pantai ini, terbilang sangat cantik. Ditambah panorama sunsetnya yang menarik, membuat Anda betah menikmati pemandangan di lokasi tersebut. Pantai ini sendiri berlokasi di Pura Tegalwangi, Badung Jimbaran. Satu hal yang pasti, ketika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda harus menuruni tangga dari pura ke arah bawah.   

Water Blow – Nusa Dua Bali

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 9

Jika bisanya Anda menikmati waterblow hanya di beberapa wahana wisata tertentu, maka tidak dengan objek wisata yang ada di Bali ini.  Water Blow, adalah nama dari tempat tersebut, berada di kawasan Nusa Dua bali. Disini Anda akan menyaksikan dan merasakan langsung, fenomena alam yang terbentuk dari gelombang ombak samudra Hindia yang berkecepatan tinggi. Air laut tersebut, kemudian menghantam celah sempit diantara karang. Ini yang kemudian menghasilkan hempasan air yang luar biasa, bahkan hingga tersembur ke atas. Jika Anda tidak ingin ikut basah, sebaiknya jaga jarak untuk melihatnya. Lokasi wisata ini berada di belakang area hotel Grand Hyatt, kawasan terpadu BTDC Nusa Dua Bali.

Gili Trawangan – Nusa Tenggara Barat

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 10

Destinasi wisata berikutnya adalah Gili Trawangan yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ini adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di mancanegara selain Bali dan juga Raja Ampat. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan masih asri, pulau ini juga mempunyai objek wisata menyelam yang juga menarik.

Yang unik di pulau ini, adalah tidak ada kendaraan bermotor, jadi ketika Anda hendak berkeliling kota, Anda dapat menggunakan sepeda, atau menggunakan andong. Sewa seharian untuk menjelajahi pulau cantik ini, juga dapat Anda lakukan. Pantai yang cantik, pemandangan alam yang menarik, bebas polusi, pastinya jadi lokasi yang tepat, untuk kabur sejenak dari hingar bingar perkotaan.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena fasilitas wisata di pulau ini, terbilang cukup lengkap, mulai hotel, restoran, bar, ATM dan yang lainnya, ada di pulau ini.  

Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 11
via @megakardono

Daerah timur lain yang juga mempunyai pemandangan alam yang sayang dilewatkan adalah Labuan Bajo yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdiri atas beberapa pulau cantik, yang menawarkan keeksotisan alam yang sangat indah, salah satunya adalah pantai merah, atau orang menyebut pantai ini dengan sebutan pink beach. Disebut demikian, karena pasir pantai di pantai ini, berwarna merah muda. Hal ini karena butiran kerang halus yang yang sangat menarik. Anda yang menyukai wisata snorkeling dan juga diving, juga tidak perlu khawatir, di kawasan ini ada beberapa spot snorkeling dan diving menarik yang pas untuk Anda kunjungi.

Taman Nasional Kelimutu – Nusa Tenggara Timur

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 12

Masih tentang Nusa Tenggara Timur, pemandangan alam berikutnya yang akan dibahas adalah Taman Nasional Kelimutu. Salah satu objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi adalah danau Kelimutu. Termasuk destinasi wisata favorit, karena danau ini berada di atas ketinggian sekitar 1.639 mdpl. Yang menarik dari 3 danau ini adalah warna danau yang yang terus berubah-ubah, hal ini dipengaruhi oleh unsur gas, suhu serta mikroba yang ada di dalam danau itu sendiri. Adapun warna yang paling sering muncul adalah, warna merah, biru dan juga putih. Menikmati mentari pagi, d atas puncak, dengan latar belakang danau, pastinya akan menjadi pemandangan yang sangat menarik untuk diabadikan.

Pulau Komodo – Kepulauan Nusa Tenggara

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 13

Seperti namanya, pulau yang satu ini, berisi habitat salah satu hewan yang terancam punah bernama Komodo. Sejak tahun 2011 silam, pulau ini, resmi menyandang gelar, sebagai Situs Warisan, Dunia UNESCO, sebagai salah satu keajaiban dunia. Komodo sendiri dipercaya sebagai salah satu reptil raksasa yang masih hidup hingga saat ini. Pulau ini sendiri dikelola oleh pemerintah pusat di bawah Taman Nasional Komodo. Jadi ketika Anda hendak mengunjungi pulau tersebut, maka Anda akan mendaftar terlebih dahulu, untuk kemudian dikawal oleh para pawing atau ranger komodo.  

Selain dapat menikmati komodo, di pulau ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan alam lainnya, seperti pulau kalong. Disebut demikian, karena di dalam salah satu goanya, terdapat hewan kelelawar, yang akan keluar setiap sore menjelang.  

Pulau Gunung Api Banda – Laut Banda

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 14

Salah satu lokasi diving lainnya yang juga patut untuk Anda kunjungi adalah Pulau Gunung Api Banda yang ada di Laut Banda. Selain dapat Anda gunakan sebagai lokasi diving, di lokasi ini, Anda dapat melihat keindahan Gunung Api Banda dari jarak yang cukup dekat.

Pesona yang ditawarkan oleh pemandangan alam yang satu ini, mirip seperti gunung Fujiyama di Jepang. Yang berbeda adalah, gunung yang satu ini, memiliki ketinggian sekitar 666 m di atas permukaan laut. Hal unik lainnya, Anda dapat melihat aliran lahar yang mengalir ke pantai utara Gunung Api Banda.   

Lembah Harau – Sumatra Barat

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 15

Ingin menikmati indahnya alam pedesaan yang masih asri dan terawat, maka Anda harus mengunjungi Lembah Harau yang ada di Padang, Sumatra Barat. Lembah yang satu ini, dikelilingi oleh tebing kapur dengan tinggi sekitar 100 meter, lengkap dengan air terjun alami yang asri di salah satu sudutnya.

Melengkapi indahnya pemandangan alam yang ada, Anda akan melihat persawahan nan menghijau, dan luas terhampar. Pastinya akan mengingatkan Anda akan suasana kampung yang damai dan khas Indonesia. Untuk mengunjungi lembah yang satu ini, Anda dapat memulainya dari kawasan Bukittinggi, dan menginap di salah satu homestay khas perumahan Sumatra, tepatnya Minangkabau.     

Danau Toba – Sumatra Utara

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 16

Danau Toba sendiri adalah salah satu kaldera terbesar yang ada di dunia. Selain itu, danau ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dan pastinya sayang jika dilewatkan begitu saja. Danau yang menjadi ikon bagi kawasan Sumatra Utara ini, berada di ketinggian sekitar 1130 mdpl. Yang unik, danau ini memiliki sebuah pulau kecil yang bernama pulau Samosir, yang letaknya ada di tengah danau. Ada cukup banyak destinasi menarik yang dapat Anda kunjungi di pulau tersebut, seperti menaiki kapal pesiar Danau Toba lengkap dengan aneka hiasan khas Batak, mengunjungi batu gantung yang menggantung di tepi dinding batu karang, dll.

Pulau Derawan – Kalimantan Timur

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 17
via Jelajahsamboja.com

Anda yang menyukai objek wisata pantai lengkap bersama isinya, maka Anda tidak boleh melewatkan pulau yang satu ini. Pulau Derawan yang ada di Kalimantan Timur ini, memiliki pemandangan alam yang sangat cantik dan juga lengkap. Anda yang menyukai wisata snorkeling dan juga diving, tentunya dapat menikmati taman bawah laut Derawan, salah satunya adalah sniper snorkeling spot,  ada juga danau ubur-ubur yang ada di pulau Kakaban, pulau Sangalaki yang eksotis, Goa Haji Mangku dengan airnya yang jernih, dan juga pulau Maratua dengan resort di tengah lautnya yang sangat cantik.

Taman Nasional Tanjung Puting – Kalimantan Tengah

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 18

Satu lagi Taman Nasional yang ada di Indonesia, dan juga melindungi satwa terancam punah, yang harus Anda kunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang ada di Kalimantan Tengah, tepatnya di Semenanjung Barat Daya Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada awalnya, Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting ini adalah sebuah Suaka Margasatwa Sampit yang khusus melindungi binatang Orang Utan dan juga Bekantan. Kini kawasan ini terus berbenah diri, dan mulai membuka objek wisata umum. Di lokasi ini, Anda dapat mengunjungi kawasan Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, camp Pondok Ambung atau juga camp Leakey.    

Bromo – Jawa Timur

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 19

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Bromo yang ada di Malang, Jawa Timur.  Gunung Bromo atau dalam Bahasa Tengger Brama, adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada kawasan Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini berada di 4 kabupaten, yaitu, Kabupaten pasuruan, Lumajang, Probolinggo dan Malang. Di lokasi ini, Anda dapat menikmati bukit teletubies, pasir berbisik, kaldera gunung Bromo, dan yang paling penting adalah menikmati matahari terbit nan cantik, tepat di puncak gunung.

Gunung Rinjani – Lombok

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 20

Anda yang menyukai objek wisata gunung, ada baiknya jika mengunjungi Gunung Rinjani. Ini adalah gunung merapi kedua tertinggi yang ada di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 3.726 mdlp. Berada di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, dan merupakan salah satu gunung yang paling sering didaki oleh para pendaki di Indonesia.

Walaupun jalur yang harus dilalui cukup terjal, namun hal ini tidak menghalangi para penjelajah alam, untuk naik ke atas puncak, dan menikmati indahnya pemandangan alam dari atas gunung.    

Pulau Pahawang – Lampung

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 21
via Langkahkaki.id

Ingin menikmati pemandangan alam sambil snorkeling, namun memiliki budget terbatas. Tidak perlu khawatir, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi pulau pahawang yang ada di Pesawaran Lampung. Pulau yang terdiri atas 2 bagian, yaitu Pahawang besar dan Pahawang kecil ini, memiliki suasana pantai yang sangat asri dan juga menyegarkan. Di lokasi ini Anda dapat menikmati sunset dan sunrise secara leluasa. Selain menikmati aneka pemandangan menarik yang ada di pulau Pahawang Besar ada juga pulau pahawang kecil, ada juga beberapa pulau kecil lainnya yang dapat Anda kunjungi, seperti pulau Kelagian Besar, pulau Kelagian Kecil, dll.

Kawasan Lembang – Bandung

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 22

Anda warga Bandung, yang bosan dengan berbagai macam rutinitas dan ingin menikmati indahnya pemandangan alam yang ada, kunjungi saja kawasan Lembang. Daerah yang terkenal akan dataran tinggi yang dingin ini, memang memiliki pemandangan alam yang indah. Tidak hanya itu, di kawasan ini, Anda akan mudah menemukan berbagai objek wisata menarik bertemakan alam, seperti Curug Pelangi, The Lodge Maribaya, Farm House, The Ranch, susu murni Lembang, gunung Tangkuban Parahu, dan yang lainnya. Fasilitas wisata yang ada di kawasan ini juga terbilang lengkap, mulai dari penginapan, rumah makan, perbankan, dan yang lainnya.   

Kawasan Dlingo – Yogyakarta

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 23
via Travelingyuk

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta, kawasan yang satu ini memang terkenal akan berbagai objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Salah satu kawasan yang menarik untuk Anda kunjungi adalah kawasan Dlingo. Dlingo sendiri adalah salah satu kawasan yang ada di daerah Bantul. Awalnya kawasan ini termasuk kawasan yang biasa saja, namun karena indahnya pemandangan alam yang ada, dan mulai diabadikan di beberapa sosial media, membuat lokasi ini jadi perbincangan. Ada beberapa objek wisata menarik yang ada di daerah tersebut, dan harus Anda kunjungi seperti Kebun Buah Mangunan, Bukit Mojo, Bukit Panguk, Puncak Becici, Tebing Watu Mabur, dan yang lainya.   

Dataran Tinggi Dieng – Jawa Tengah

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 24
via Travelingyuk

Dataran Tinggi Dieng sendiri adalah sebuah kawasan Vulkanik aktif yang ada di Jawa Tengah. Kawasan ini sendiri termasuk ke dalam kabupaten Wonosobo, dan juga Banjarnegara. Tepatnya ada di bagian sebelah barat dari kompleks Gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Dataran ini sendiri berada di atas ketinggian 2.000 mdpl.

Di kawasan ini, sendiri ada cukup banyak pemandangan menarik yang dapat Anda kunjungi dari pagi hingga malam hari, mulai dari menikmati mentari terbit di bukit Sikunir, mengunjungi kawah Sikidang, Batu Pandang, Telaga Warna, komplek Candi Arjuna Dieng, dan objek wisata lainnya. Salah satu tradisi unik yang masih tetap dipertahankan hingga saat ini adalah tradisi ruwatan dengan memotong rambut gimbal.     

Pantai Maluk – Sumbawa Barat

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 25

Pantai Maluk ini sendiri berada di Sumbawa Barat. Di pantai yang masih asri ini, Anda dapat melihat deburan ombak yang mengalun kencang, desiran angin yang melambai, dan pastinya sinar matahari yang tampak cerah. Seperti yang disebutkan di atas, pantai ini, memiliki ombak yang cukup besar, sengaja pas jika digunakan untuk kegiatan berselancar. Adapun julukan untuk ombak di pantai ini adalah Super Suck, nama ini diberikan karena ombak menuju daratan akan terpecah di sebuah tanjung. Untuk mengunjungi pantai ini, gunakan jalur dari pulau Lombok.    

Pulau Bawah – Kepulauan Riau

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 26
via deluxshionist.com

Sebagian dari Anda pasti kurang familiar dengan pulau yang satu ini. Pulau Bawah sendiri adalah salah satu pulau yang ada di kepulauan Riau.  Tepatnya berada di jantung pulau Anambas kepulauan Riau. Yang menarik dari pulau ini, adalah dapat diakses menggunakan jalur laut, menggunakan seaplane, atau pesawat yang dapat mendarat di atas air. Keunikan lain dari pulau ini, adalah diatasinya jumlah kunjungan ke pulau tersebut yaitu sekitar 70 orang setiap harinya. Aktivitas yang dapat Anda lakukan selain menginap di penginapan mewah adalah trekking ke hutan, menjajal olahraga air, dll.

Tana Toraja – Sulawesi Selatan

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 27

Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang indah, namun kawasan wisata yang satu ini memiliki kebudayaan unik yang harus Anda nikmati. Sebut saja desa Tongkonan, adalah sebuah desa adat yang masih menjaga rumah adatnya yang disebut rumah Tongkonan. Tidak hanya rumah adatnya saja yang masih tetap terjaga baik hingga saat ini, upacara Rambu Solo, adalah salah satu upacara untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Upacara ini dilakukan hingga berhari-hari, dan juga menyembelih seekor kerbau.

Sebelum upacara dilangsungkan, tubuh orang yang sudah meninggal akan disuntik formalin, dan diperlakukan seperti orang yang masih hidup. Setelah upacara dilangsungkan, baru orang tersebut dianggap sudah meninggal.

Taman Laut Nasional Bunaken – Sulawesi Utara

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 28

Selain Raja Ampat, ada 1 objek wisata taman bawah laut cantik lain yang juga harus Anda kunjungi. Bunaken sendiri adalah taman nasional yang berada di ujung utara pulau Sulawesi. Seperti Taman Laut di Raja Ampat, taman nasional yang satu ini, menyimpan pemandangan  alam bawah laut yang sangat indah. Memiliki 390 spesies koral, berbagai jenis ikan, mulai dari ikan hiu, mandarin fish, ikan pari, kura-kura dan yang lainnya. Ada sekitar 20 titik penyelaman yang ada di taman laut tersebut, dengan kedalaman yang bervariasi, bahkan hingga 1.344 m.  

Danau Kaco – Jambi

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 29

Mungkin banyak dari Anda yang belum pernah mendengar danau yang satu ini. Danau Kaco sendiri adalah sebuah danau yang ada di kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di desa Lempur, kec Gunung Raya. Danau ini sendiri berada di kawasan Taman Nasional Kerinci, Seblat, dengan luas sekitar 90 meter, dan memiliki kedalam yang belum diketahui pasti.

Seperti namanya, Kaco, atau kacam air danau ini, berwarna biru bening, dan mampu memantulkan cahaya seperti layaknya kaca. Yang paling unik, danau ini tampak bercahaya pada saat gelap, terutama ketika bulan purnama muncul.    

Teluk Kiluan – Lampung Selatan

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 30

Anda para traveler tentu sudah tidak asing dengan objek wisata yang satu ini. Walaupun lokasinya cukup terpencil dan juga sepi, namun tidak menyurutkan minat para traveler untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Ada banyak sekali objek wisata yang ada di lokasi wisata yang satu ini, seperti kegiatan memancing, menikmati pantai dengan pasir laut yang putih bersih, dan yang paling penting adalah menikmati tarian lumba-lumba di tengah laut. Lumba-lumba yang dimaksud cukup beragam mulai dari lumba-lumba hidung botol , dan lumba-lumba si paruh panjang.   

Air Terjun Telun berasap – Jambi

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 31

Air terjun Telun Berasap ini sendiri adalah julukan yang diberikan oleh penduduk setempat. Nama ini diberikan karena adanya kabut air yang selalu menutupi sekitar air terjun. Kabut ini sendiri tercipta, akibat proses jatuhnya air dari ketinggian 50 meter. Butiran, air yang berterbangan ini kemudian terkena sinar matahari, yang akhirnya memantulkan cahaya pelangi nan cantik.

Air terjun ini sendiri berada di desa yang bernama sama yaitu desa Telun Berasap, yang berada di kabupaten Kerinci. Untuk menikmati pemandangan alam cantik ini, Anda harus berkendara dari Jambi sekitar 10 jam, karena lokasinya masih sedikit sulit untuk dicapai.    

Desa Candirejo – Yogyakarta

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 32

Jika Anda mempunyai rencana mengunjungi kawasan Yogyakarta, ada baiknya jika meluangkan waktu untuk mengunjungi Desa Candirejo. Konon desa Candirejo ini diambil dari kata Candigra. Namun perlahan-lahan orang menyebut desa ini jadi Candirga, lalu Candirja hingga Candirejo. Adapun arti nama desa ini sendiri, adalah batu artinya batu dan rejo sendiri artinya subur. Jika disatukan, maka artinya desa yang memiliki banyak bebatuan namun tetap subur.

Desa ini memiliki alam yang eksotis indah, dan belum memiliki banyak pembangunan seperti layaknya perkotaan. Selain itu, warganya juga ramah dan masih menjaga tradisi asli daerah tersebut.  

Pantai Rambak – Bangka Belitung

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 33
rendy-saputra.com

Satu lagi pantai unik yang ada di Indonesia, namanya adalah pantai Rambak yang ada di kawasan Bangka Belitung. Selain dapat menikmati pemandangan pasir putih yang halus terhampar, di lokasi ini, Anda akan melihat bebatuan raksasa yang tinggi menjulang. Suka selfie, atau berfoto ria, pastinya tidak boleh melewatkan kesempatan yang satu ini. Di tepi laut Anda akan melihat hamparan rerumputan nan hijau, dan juga pohon ketapang nan rindang. Ombak yang ada di pantai ini, terbilang cukup bersahabat. Lokasi pantai ini sendiri berada di kota Sungailiat, sekitar 34 km dari Pangkalpinang.    

Pulau Tikus dan Benteng Kura-Kura – Bengkulu

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 34

Sudah sejak dulu, pulau Tikus ini, menjadi salah satu objek wisata andalan kawasan Bengkulu. Lokasi tepatnya ada di sebelah barat ibu kota Bengkulu. Di pulau ini, Anda akan menemukan aneka habitat unggas, seperti burung dara laut, burung bangau, penyu, dan yang lainnya. Selain itu, pulau ini juga menyimpan pemandangan alam bawah laut yang juga cantik.

Benteng kura-kura sendiri nama aslinya adalah benten Marlborough, disebut dengan kura-kura, karena di sekeliling benteng dibangun sebuah parit, yang membuat benteng ini terlihat seperti kura-kura.

Mentawai – Sumatera Barat

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 35

Mentawai sendiri adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera barat, lokasinya berada di sekitar 150 m dari lepas pantai pulau Sumatra. Kepulauan ini masuk ke dalam rangkaian pulau non – vulkanik dengan 157 titik ombak dan 400 titik surfing yang menantang. Kepulauan Mentawai ini juga mempunyai banyak pantai cantik, seperti Pantai Tuapejat, Pantai Makakang, Pantai mapadegat, Pantai katiet, dan pantai yang lainnya. selain itu, ada juga pulau-pulau cantik yang dapat Anda kunjungi seperti pagai Utara, Siberut, Pagai Selatan, Sipore, dll.

Sudah sejak lama Mentawai adalah salah satu lokasi berselancar yang cukup terkenal, bahkan di lokasi ini sering digunakan sebagai lokasi surfing nasional hingga internasional. Salah satu alasannya adalah ombaknya yang mampu mencapai 3 meter.     

Kayu Aro – Jambi

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 36

Kayu Aro sendiri adalah sebuah perkebunan teh yang usianya sudah ratusan tahun. Terletak di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, perkebunan ini berada di ketinggian 1.600 mdpl, dan mempunyai luas sekitar 2.500 ha, membuat perkebunan ini, menjadi peringkat kedua, setelah perkebunan teh Darjeeling di  India.

Yang unik adalah perkebunan penghasil teh hitam ini, dikenal dengan nama the Orthodox. Hal ini dilakukan, karena proses pengolahannya masih sangat konvensional, dan belum menggunakan peralatan modern. Jadi tidak heran jika di pabrik teh Anda akan melihat serbuk teh dimana-mana. Keunikan lainnya para pekerja perkebunan dilarang menggunakan kosmetik apapun, pada saat mengolah teh. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan kualitas teh terbaik.

Candi Borobudur – Jawa Tengah

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 37

Liburan ke Jawa Tengah rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Candi Borobudur. Seperti diketahui bersama, candi ini, adalah salah satu candi Budha terbesar di Dunia, dan termasuk situs warisan dunia versi UNESCO. Candi ini sendiri memiliki relief yang unik, dan menggambarkan rangkaian cerita yang tersusun rapi, dalam 1.460 panel. Pada abad pertengahan tepatnya pada abad IX hingga XI, candi ini, menjadi tempat berziarah bagi umat Budha dari China, Tibet, India dan juga kamboja. Pada saat perayaan Waisak, candi ini, ramai dikunjungi oleh para peziarah dan juga pengunjung.   

Tanjung Lesung – Banten

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 38
via tangselmedia

Tahukah Anda bahwa di ujung pulau Jawa, tepatnya di Banten, terdapat sebuah objek wisata yang mirip seperti pulau Dewata Bali. Tanjung Lesung, adalah nama dari lokasi tersebut. Lokasi wisata tersebut sengaja dirancang dan dikelola seperti di Bali, hal ini dilakukan agar para turis lokal hingga mancanegara merasa nyaman berlibur di lokasi tersebut.

Untuk pemandangan alam di kawasan tersebut, tidak perlu diragukan. Yang menarik dari pantai ini adalah adanya bagian yang menyerupai danau dengan kedalaman sekitar 5 meter, aliran airnya tenang, dan langsung menghadap ke samudra. Selain panorama alam, ada juga beberapa objek wisata lain yang dapat Anda kunjungi seperti kampung Cipanon, dll.   

Krumutan – Riau

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 39

Jika Amerika mempunyai sungai Amazon, maka Indonesia mempunyai Krumutan. Jika dilihat secara administratif, Krumutan ini berada di 2 kabupaten, yaitu Pelawang dan juga Indragiri Hulu. Karena daerah ini cukup luas, maka kawasan ini dibagi ke dalam beberapa area yaitu, kawasan inti, yang luasnya sekitar 93 ribu hektar. Kawasan yang kedua adalah kawasan hutan lindung gambut yang luasnya sekitar 52 ha. Yang ketiga adalah kawasan intervensi yang berfungsi untuk menyelamatkan ekosistem rawa gambut, dengan luas sekitar 1,1 juta Ha. Ini yang membuat lokai tersebut jadi paru-paru dunia.

Yang menarik dari lokasi ini adalah pemandangan hutan gambutnya yang antik. Serta aneka fauna yang cukup langka.   

Punclut – Bandung  

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 40

Tidak jauh berbeda dengan Lembang, kawasan lain di Bandung yang juga mempunyai pemandangan alam yang indah adalah Punclut. Kawasan yang satu ini berada di Ciumbuleuit, tepatnya di Ciumbuleuit atas. Dari atas puncak, Anda akan melihat pemandangan Bandung secara leluasa. Pada malam hari, Anda akan melihat panorama Bandung lengkap dengan lampu-lampu yang cantik.

Di lokasi wisata ini, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner yang menyuguhkan pemandangan Bandung secara lengkap, pastinya akan menjadi kenangan tersendiri menikmati kuliner Bandung yang lezat, di atas perbukitan nan cantik.  

Telaga Biru – Cianjur

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 41
via @inayra_kinun

Cianjur tidak hanya terkenal akan kuliner khasnya yaitu manisan, namun daerah ini, juga memiliki beberapa objek wisata alam yang indah untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Telaga Biru. Telaga biru ini sendiri berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, atau sekitar 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Jika berjalan kaki, telaga ini dapat ditempuh sekitar 12 jam perjalanan.

Telaga ini disebut dengan telaga biru, karena warna air telaga ini, berwarna biru. Sebenarnya warna air telaga ini tidak hanya berwarna biru, namun dapat berubah-ubah, hal ini karena tergantung pertumbuhan alga yang ada di dalam telaga itu sendiri. Terkadang air telaga tersebut, berwarna hijau, coklat, atau bahkan biru.  

Pantai Sumurtiga – Sabang  

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 42

Objek wisata pantai menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah pantai Sumurtiga yang ada di kota Sabang Aceh. Garis pantai ini terbilang cukup panjang dengan air laut yang berwarna biru muda. Sedangkan di sepanjang pantai, Anda akan menemukan deretan pohon kelapa yang berjajar rapi. Tidak heran jika pantai yang satu ini, kerap kali disebut dengan Hawainya Sabang. Ada beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di lokasi ini, selain menikmati pemandangan alam, Anda juga dapat melakukan selancar, snorkeling, dan pastinya menginap di salah satu cottage. Pastinya akan sangat mengasyikkan jika mengunjungi pantai yang satu ini.   

Ngarai Sianok – Sumatera Barat

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 43

Apabila Anda mengunjungi kawasan Sumatra Barat, ada baiknya jika sekalian mengunjungi kawasan Sumatra Barat, tepatnya ke Ngarai Sianok, Bukittinggi. Kota cantik ini, memiliki relief alam yang berbukit-bukit. Ngarai Sianok sendiri adalah nama sebuah lembah sempit, yang dilengkapi dengan bukit curam, dan dialiri sungai kecil. Ada banyak sekali kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di tempat ini, seperti tracking, bersepeda santai, berfoto ria,  menikmati pemandangan alam, dan aneka kegiatan lainnya.  Tidak perlu khawatir tentang fasilitas wisata, karena fasilitas wisata di tempat ini, terbilang cukup ramah dan lengkap. Anda dapat menginap di salah satu homestay yang ada di sekitar lokasi.  

Taman Nasional Way Kambas – Lampung

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 44

Jika mendengar tentang kata Way Kambas, pasti pikiran Anda akan langsung ke daerah Lampung. Hal ini memang tidak salah, Way Kambas ini sendiri adalah salah satu tempat penangkaran gajah liar yang ada di daerah Lampung. Tepatnya di Kecamatan Labuhan Tiur, Lampung. Tempat wisata ini sendiri berada di bawah pengawasan Kementrian Perhutanan, untuk melindungi kawanan gajah dari kepunahan. Selain dijadikan sebagai pusat pelatihan dan sekolah gajah, kawasan ini juga digunakan sebagai penangkaran badak dari kepunahan. Tempat ini, juga memiliki beberapa objek wisata lain, dan fasilitas wisata menarik yang dapat Anda kunjungi dan nikmati, seperti lokasi camping lokasi menginap, dll.  

Pulau Peucang – Banten

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 45

Pulau Peucang, adalah salah satu destinasi lain yang ada di provinsi Banten. Pulau cantik ini, terletak persis di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau cantik ini, memiliki pemandangan alam yang sangat cantik, dan menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO. Disini Anda dapat menikmati aneka flora dan fauna khas Banten, seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dll. Selain itu, pulau ini, juga mempunyai pantai cantik, lengkap dengan pasirnya yang berwarna putih bersih. Tertarik mengunjungi pulau cantik ini, Anda dapat menggunakan dermaga penyeberangan, yang ada di kecamatan Sumur. Jika dari kota Tangerang, jaraknya sekitar 9 jam perjalanan.   

Kepulauan Seribu – Jakarta

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 46

Anda yang tinggal di Ibukota, dan ingin beristirahat dari hingar bingar perkotaan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.  Kunjungi saja salah satu pulau yang ada di kepulauan Seribu. Taman Nasional Kepulauan Seribu ini, memiliki beberapa zona konservasi, dan juga beberapa pulau cantik, dengan pemandangan alam yang cantik. Tidak hanya itu, beberapa diantaranya juga mempunyai panorama alam bawah laut yang sayang jika dilewatkan. Beberapa pulau yang dimaksud antara lain, pulau pabelokan, pulau Bidadari, pulau Onsurt, dan beberapa pulau lainnya. Untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut, tidak sulit, Anda hanya perlu menyewa kapal speedboat, dan mengunjungi salah satu pulau yang ada. Dari pelabuhan Ancol, ke beberapa pulau terdekat, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 3 jam perjalanan.

Kawah Putih – Bandung

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 47

Kawah putih yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung Jawa Barat ini, memiliki pemandangan alam yang tidak kalah menarik dengan pemandangan alam lain yang ada di Indonesia. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari kota Bandung, hanya sekitar 50 km, ke arah selatan kota Bandung. Objek wisata yang satu ini, awalnya adalah sebuah danau vulkanis, yang terjadi akibat letusan gunung Patuha. Karena sudah bercampur dengan unsur belerang, maka tanah yang ada di kawasan ini jadi berwarna putih. Karena berada di atas ketinggian, udara di sekitar lokasi terbilang cukup dingin. Anda yang tidak terbiasa dengan udara dingin, ada baiknya jika membawa jaket atau pakaian hangat lainnya.

  

Kepulauan Karimun Jawa – Jepara – Jawa Tengah

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 48

Karimun Jawa sendiri berada di daerah Jepara, Jawa Tengah. Ini adalah salah satu lokasi liburan akhir pekan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Seperti namanya kepulauan, maka objek wisata ini terdiri atas beberapa pulau, ada pulau yang ukurannya besar dan ada pulau yang ukurannya kecil. Masing-masing pulau memiliki pemandangan alam yang berbeda-beda dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, daerah ini juga memiliki pemandangan alam bawah laut yang tidak adalah eksotis.   

Selain itu, kepulauan ini juga memiliki hutan mangrove yang cantik, di dalamnya terdapat aneka satwa unik dan juga cantik, seperti rusa, penyu, dan beragam spesies burung.  

 

Kawah Ijen – Banyuwangi – Jawa Timur

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 49

Tidak hanya Gunung Bromo yang mempunyai pemandangan alam yang cantik. Namun masih ada objek wisata alam lain yang tidak kalah menarik, dan harus Anda kunjungi, yaitu, Kawah Ijen. Objek wisata yang satu ini, terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Objek wisata yang satu ini, adalah danau belerang, terbesar yang ada d pulau Jawa. Disini pengunjung akan melihat sebuah danau yang berwarna tosca, dan juga api biru yang akan terlihat jelas di malam hari hingga menjelang dini hari.

Untuk sampai ke daerah puncak, memang tidak mudah, Anda harus mendaki tebing sekitar 3 m, dengan kemiringan sekitar 25 hingga 30 derajat. Namun semua rasa penat yang ada akan terbayar, ketika Anda sampai ke puncak.   

Wakatobi – Sulawesi Tenggara

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 50

Siapa yang tidak mengenal Wakatobi ! ini, adalah salah satu objek wisata menarik yang ada di Sulawesi Tenggara.  Wakatobi sendiri adalah akronim dari pulau-pulau besar yang ada di sekitar lokasi, yaitu pulau Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Pulau-pulau cantik ini, memiliki pantai yang sangat cantik, dan pasir putih yang lembut. Yang unik adalah pulau ini terkenal akan pandai besinya yang handal. Bahkan pisau yang dibuat terkenal tajam, kuat dan pastinya antikarat. Jadi tidak heran, jika pulau tersebut terkenal akan pulau pandai besi. Pulau ini juga terkenal akan eksotisme cottage yang menggunakan desain rumah adat khas Buton.

Pantai Ora – Maluku

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 51

Ingin bulan madu di lokasi yang indah dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, kunjungi saja pantai Ora. Pantai Ora ini sendiri berlokasi di pulau Maluku. Dibandingkan dengan pantai lain di Indonesia, pantai di pulau ini, memiliki air laut yang jernih. Yang menarik adalah, pantai ini tidak memiliki garis pantai yang panjang, melainkan tebing kapur yang kokoh dan juga megah. Untuk bulan madu, ada baiknya jika Anda memilih cottage yang ada di pinggir pantai. Sedikit tips untuk Anda yang ingin berlibur ke pantai ini, sebaiknya bawa uang tunai dalam jumlah cukup, karena di sekitar lokasi tidak ada ATM. Selain itu rumah makan yang ada hanya ada 1.

       

Bunga Sakura di Cibodas – Cianjur, Jawa barat

50 Pemandangan Alam Indonesia yang Wajib Traveler Samperin 52

Jika biasanya Anda dapat menyaksikan pemandangan bunga sakura di Jepang, maka kali ini tidak perlu jauh-jauh. Sejak tahun 1971, Taman Raya Cibodas yang ada di Cianjur, Jawa Barat, sudah dilengkapi dengan beberapa pohon sakura nan cantik. Seperti bunga sakura yang ada di Jepang, tanaman ini hanya akan berbunga pada saat musim semi tiba, yaitu sekitar bulan Februari hingga bulan April. Tidak kurang sekitar 435 pohon sakura tumbuh di Taman Nasional Cibodas ini.

Taman Nasional ini juga dilengkapi dengan berbagai tanaman eksotis lainya yang pastinya menarik untuk Anda kunjungi. Ada juga padang rumput yang luas, koleksi tanaman langka, sungai, air terjun, dan yang lainnya.   

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yohana