6 Alasan Positif Mengapa Perlu Menyendiri


6 Alasan Positif Mengapa Perlu Menyendiri 1

Manusia adalah makhluk sosial. Yang artinya setiap manusia membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi, berbagi serta memenuhi kebutuhan hidupnya. Meski demikian, manusia memerlukan waktu untuk sendiri sejenak, terpisah dari orang lain dan hanya ada dirinya sendiri. Pada saat menyendiri adalah waktu untuk anda untuk berkembang dan membentuk karakter lebih baik.

Menyendiri tidak selalu mengarah pada negative, depresi. Tetapi dengan menyendiri banyak manfaat yang didapatkan, diantaranya:

1. Melakukan refleksi pribadi

Setiap manusia perlu untuk melakukan refleksi atas hidupnya. Semacam mengevaluasi apa yang sudah baik dan apa yang perlu ditingkatkan dalam kehidupan. Dengan melakukan refleksi anda akan lebih memahami dan mengenali diri anda sendiri serta memerika tujuan hidup dan prioritas hidup anda kembali. Karena apabila waktu anda bersama dengan teman teman anda, maka kesempatan untuk melakukan refleksi diri sendiri akan semakin kecil.

2. Meningkatkan konsentrasi

Untuk pekerjaan tertentu yang membutuhkan konsentrasi tinggi, baiknya dilakukan dengan menyendiri. Dengan keheningan akan membantu konsentrasi lebih baik. Disamping itu suasana ramai tidka akan membuatmu pusing ditengah mengejar tenggang waktu yang sudah semakin dekat.

3. Mengasah potensi dan keahlian

Dalam kesendirian, biasanya kita akan mencoba banyak hal. Dari sesuatu yang kita senangi maupun mencoba hal lain yang menantang. Bakat – bakat yang terpendam akan bisa dimunculkan kepermukaan apabila ada wantu sendiri dan mencoba berbagai hal. Penelitian mengungkapkan bahwa orang akan lebih mudah menemukan bakatnya serta mengasah kemampuannya abaila sedang sendiri.

4. Lebih Produktif

Suatu pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan apabilan sendiri dibandingkan apabila berada ditengah keramaian. Khususnya untuk pekerjaan yang membutuhkan fokus yang tinggi. Bukan bermaksud untuk mengatakan bahwa anda tidak produktif abaila bersama dengan tim, namun dalam hal ini anda akan belajar mengambil keputusan sendiri dan dapat mempertimbangkan hal-hal yang menurut anda baikserta risiko yang akan terjadi. Anda akan belajar dan terlatih lebih mandiri dalam mengambil keputusan. Hal ini juga akan berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.

5. Menjadi diri sendiri

Pada saat anda berjalan sendirian, atau bekerja sendiran, maka anda akan bebas menentukan jam berapa anda akan menyudahinya, tujuan yang akan anda tuju Ketika bepergian. Bebas mengaktualisasikan diri. Anda tidak harus berbeban menyesuaikan dengan orang lain dan menjaga tujuan anda disukai oleh orang lain. Anda juga bisa mengubah rencana tujuan anda pada saat ditengah perjalanan. Menyenangkan bukan? Keberadaan orang lain kadang membuat ketidak seimbangan emosi dan perasaan lelah dan jenuh. Menyendiri adalah salah satu cara agar kamu menjalani hari-harimu dengan ketenangan dan menjadi diri sendiri.  

6. Tidak merasa bersalah

Kadang – kadang kita melakukan sesuatu yang tidak kita sukai hanya untuk mengakomodir kebutuhan orang lain. Kita berkorban untuk itu. Kita berusaha untuk menjadi seseorang yang sesuai dengan ekpektasi orang lain. Nah, dengan menyendiri kondisi itu akan berkurang.

Sesekali menyendiri itu penting. Apalagi untuk anda yang memiliki kepribadian introvert, barangkali amunisi anda akan kembali terisi apabila anda sendirian bukan. Bahkan untuk mereka yang ambivert dan ekstovert sekalipun, mereka membutuhkan waktu untuk me time. Jadi kembali kepada diri anda sendiri, bagaimana anda menikmati hidup ini.   


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bawang Merah

   

Seorang yang menumpahkan kekesalan, sedih, amarah, bahagia dan rasa syukur dengan menulis. Menulis adalah teman suka duka. Juga seorang Konselor Menyusui, Pegiat Anak, dan peduli dengan seputar anak.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap