6 Aplikasi untuk Membantumu Semangat Belajar Online

6 Aplikasi untuk Membantumu Semangat Belajar Online 1

Pernahkah kamu merasa nggak betah saat belajar online? Entah karena tidak bisa bersosialisasi dengan teman secara langsung, metode pembelajaran guru yang membosankan, agenda ulangan atau tugas yang banyak? Kegiatan belajar yang seharusnya menyenangkan malah menjadi rutinitas yang memuakkan bagimu. Saking bosannya kamu malah memeriksa status whatssapp video dari semua kontakmu.

Ilustrasi belajar online. Foto: Pexels/Ivan Samkov
Ilustrasi belajar online. Foto: Pexels/Ivan Samkov

Untuk mengusir kebosanan dan membuatmu fokus belajar online, kamu perlu berusaha mencari kegiatan positif selain belajar atau juga dengan mengunduh aplikasi ringan dan menghibur pada smartphonemu. Mau tahu cara bangkitkan semangat belajar online? Yuk, simak 6 rekomendasi aplikasi di bawah ini!

1. Ahasave All Video Downloader

Ahasave All Video Downloader. Foto: ahasave.com 
Ahasave All Video Downloader. Foto: ahasave.com 

Belajar memang tidak harus selalu di sekolah. Kamu bisa menonton video seperti untuk menambah pengetahuan atau sekadar hiburan. Namun, pernahkah saking tertariknya dengan sebuah konten kamu sampai tidak sadar telah menghabiskan waktu berjam-jam dan melupakan tugas sekolah atau kuliahmu?

Nah,  solusinya bisa dengan mengunduh video kesukaanmu dari media sosial dan tonton video offline kesukaanmu setelah belajar online. Ahasave All Video Downloader merupakan aplikasi untuk download Instagram video, facebook video downloader, twitter video downloader, dan juga pengunduh untuk Whatsapp video.

Dengan kata lain Ahasave All Video Downloader adalah all in downloader atau bisa mengunduh video dari berbagai media sosial hanya dengan satu aplikasi! Selain bisa mengunduh video, ternyata aplikasi ini juga bisa mengunduh format lainnya seperti Mp3. Fitur dark mode yang tersedia di dalam aplikasi juga akan membuat mata nyaman.

2. FiiNote

aplikasi notes online, FiiNote. Foto: googleplay/FiiNote
aplikasi notes online, FiiNote. Foto: googleplay/FiiNote

Bagi kamu yang memiliki cara belajar visual pasti lebih semangat melihat media pembelajaran yang berwarna, terstruktur, serta disisipi gambar-gambar lucu. Namun, untuk mencatat saat guru menjelaskan saat belajar online seperti sekarang pasti agak menyulitkan dan kalau sampai ketinggalan mencatat pasti menyebalkan, bukan?

Kamu bisa mengunduh aplikasi FiiNote pada smartphone Android. Kalau pada notes biasanya kamu hanya bisa mencatat dengan keyboard, FiiNote memiliki fitur hybrid yaitu bisa mengombinasikan catatan dengan keyboard dan tulisan tangan kamu. Tersedia banyak variasi warna sehingga catatan kamu bisa lebih indah dipandang.

Tidak perlu khawatir dengan keribetan notes yang suka terkunci saat kamu tak sengaja menggeser tanganmu. FiiNote memiliki fitur unlocking sehingga kamu bisa bebas mencatat tanpa terhambat apapun dan semangat belajarmu juga jadi meningkat!

3. Quizizz

aplikasi kuis dan belajar kelompok. Foto: googleplay/Quizizz
aplikasi kuis dan belajar kelompok. Foto: googleplay/Quizizz

Kamu tipe siswa yang nggak bisa belajar sendiri? Rindu suasana belajar kelompok bersama teman di kelas? Kamu bisa menggunakan aplikasi Quizizz untuk menuntaskan masalah tersebut!

Quizizz memungkinkan kamu untuk belajar kelompok dalam aplikasi. Dengan aplikasi ini belajar kelompok bisa lebih interaktif karena kamu bisa menanggapi presentasi dan jajak pendapat secara langsung dengan teman-teman kelasmu.

 Kamu juga bisa menantang temanmu atau dirimu dengan kuis berbagai mata pelajaran yang tersedia di dalam aplikasi. Main sambil belajar online? Sekarang bukan hal yang mustahil.

4. Music Player

aplikasi pemutar musik online dan offline. Foto:googleplay/musicplayer 
aplikasi pemutar musik online dan offline. Foto:googleplay/musicplayer 

Apakah kamu suka mendengarkan musik? Ada kabar baik untukmu, ternyata mendengarkan musik saat belajar dapat meredakan stres saat belajar. Dilansir dari HelloSehat mendengarkan musik sambil belajar bisa meningkatkan mood, meningkatkan fungsi kognitif otak, terutama daya ingat.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Music Player untuk menemanimu saat belajar online. Aplikasi ini bisa diakses secara offline sehingga kamu bisa memutar musik kesukaan kamu setelah belajar dan butuh ketenangan dari notifikasi smartphone kamu.  

Adapun musik-musik yang cocok untuk mengiri belajar onlinemu yaitu musik jazz seperti lagu-lagu dari Frank Sinatra, alunan instrumen akustik seperti Depapepe, musik klasik misalnya Beethoven, dan musik easy listening lainnya.

Semangat belajar meningkat, stres belajar menurun deh!

5. Backpacker

Aplikasi keliling dunia online. Foto:googleplay/backpacker
Aplikasi keliling dunia online. Foto:googleplay/backpacker

Banyak siswa mengaku mudah jenuh ketika belajar online. Ingin pergi keluar rumah juga masih diliputi perasaan waspada karena kondisi pandemi Covid-19 bisa menyerang siapa saja.

Bosan belajar online? Yuk kemas perlengkapanmu dan mulai traveling online sekarang juga! Aplikasi Backpacker yang dikembangkan oleh Qiiwi Games AB merupakan aplikasi game trivia keliling dunia. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merasakan sensasi keliling dunia hanya dalam satu waktu!

Backpacker memungkin kamu melihat dunia, menguji kemampuan informasimu mengenai tempat-tempat di dunia, mendapatkan stempel pada paspor dalam game, serta mengumpulkan buah tangan dan uang tunai setelah bepergian dari kota-kota yang kamu kunjungi. Wah, benar-benar terasa nyata  ya! Game ini cocok untuk kamu yang membutuhkan refreshing sejenak sehingga bisa meningkatkan semangat untuk melanjutkan pembelajaran daring.

6. Sleepa: Relaxing Sounds, Sleep

Aplikasi musik penenang dan penjadwal tidur. Foto:googleplay/sleepa
Aplikasi musik penenang dan penjadwal tidur. Foto:googleplay/sleepa

Setelah berjam-jam bahkan begadang berkutat dengan tugas membuatmu akhir-akhir ini sulit tidur? Itu tandanya kamu butuh hal-hal yang menenangkan. Terlalu banyak aktivitas akibat sekolah online yang memicumu terlalu banyak berpikir sehingga tidak bisa rileks.

Kamu butuh jam tidur yang berkualitas. Kualitas tidurmu sangat berpengaruh dengan konsentrasimu untuk belajar online. Kamu bisa mengunduh aplikasi Sleepa. Sleepa memberikan suasana santai dan meningkatkan kualitas tidur tanpa beranjak dari ruang tidurmu!

Sleepa menyediakan berbagai koleksi suara HD yang dapat dipadukan menjadi suasana santai yang sempurna. Kamu dapat memilih berbagai jenis hujan, suara alam, suara kota, atau alat musik. Sleepa juga dapat menjadwalkan pengatur waktu yang secara otomatis akan menghentikan aplikasi. Sleepa tidak memerlukan koneksi internet, jadi kamu bisa menggunakannya dimana saja tanpa perlu khawatir dengan kehabisan kuota.

Kamu bisa tidur dengan tenang dan bangun dengan semangat belajar baru!

Nah, aplikasi-aplikasi di atas layak dicoba karena dapat menjadi solusi untuk meningkatkan semangat belajar onlinemu ya. Selamat dan semangat mencoba ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Viliabell