6 Cara Ampuh Mengatasi Mata Perih Saat Memotong Bawang

6 Cara Ampuh Mengatasi Mata Perih Saat Memotong Bawang

adalah salah satu dapur yang sering dipakai untuk memasak. Selain untuk menambah cita rasa dapat juga menambah aroma dalam makanan.

Sebagian dari kita tentu dalam mengolah bukanlah suatu perkara mudah, mulai dari mengupas hingga memotongnya. Namun, hal yang paling disayangkan ketika memotong terkadang membuat mata kita terasa perih, seringkali hal ini yang menjadikan kita malas untuk memasak.

Hal tersebut dikarenakan mengandung enzim propanethial suphoxide. Yaitu pada saat dipotong, enzim tersebut pecah dan zat yang terpisah itu mengeluarkan gas untuk menciptakan senjata kimia yang kuat. Zat LF (lachrymatory) dalam  berubah menjadi gas. Saat gas itu mengenai mata dan kemudian mengenai saraf sensorik di mata, maka hal ini akan mengiritasi mata yang kemudian menyebabkan mata menjadi pedih, perih dan berair.

Baca juga  Pembelajaran Mitosis Menggunakan Akar Bawang Bombai

Tentu hal ini menjadi kendala setiap orang, lalu bagaimana caranya supaya menghilang rasa perih pada mata ketika memotong ? Berikut merupakan beberapa cara agar dapat menghilangkan rasa perih saat memotong :

1. Letakan di dalam lemari es. 

Cara ini dilakukan sekiranya 10-15 menit sebelum memotong , hal ini dilakukan agar mengurangi jumlah enzim asam yang dikeluarkan pada udara . Tenang saja, jika diletakkan didalam lemari es tidak akan merubah bentuk dan rasanya, dengan catatan tidak meletakkan disamping buah atau makanan yang terbuka. Selain itu jangan meletakkan terlalu lama dalam lemari es karena dapat memicu timbulnya bau yang tidak sedap dalam lemari es.

2. Memotong dari bagian atas. 

Baca juga  6 Manfaat Dari Bawang Merah Yang Perlu Kamu Ketahui

Dengan cara memotongnya secara teratur, hal ini memungkinkan untuk mengurangi rasa pedih dan perih. Cara ini dilakukan karena kandungan zat sulfoksida paling banyak terdapat di dekat akar alias pangkal bawang.

3. Potong akarnya. 

Cara ini bisa dibilang cukup ampuh karena enzim air mata terkonsentrasi di akar.jika akar dipotong hal ini membatu mengurangi rasa perih di mata.

4. Menggunakan pisau yang tajam. 

Pada saat memotong bawang memungkinkan terjadinya kerusakan sel pada enzim yang mengakibatkan rasa perih di mata, dengan cara memotong dengan menggunakan pisau tajam dapat membantu mengurangi kerusakan enzim yang terdapat di bawang sehingga dapat mengurangi rasa perih di mata.

5. Menambahkan asam. 

Hal tersebut terjadi karena larutan asam dapat mendenaturasi enzim. Dapat dilakukan dengan cara menambahkan sedikit cuka diatas talenan atau merendam bawang dengan larutan garam. Tetapi hal ini dapat mengubah sedikit cita rasa asli pada bawang.

Baca juga  4 Tips Menyimpan Bawang Merah Agar Tahan Lama

6. Letakan tissue basah di samping alas memotong. 

Cara ini dilakukan dengan membasahi tissue kemudian dicelupkan kedalam air, lalu letakan disamping talenan yang dipakai untuk memotong bawang, cara ini dapat meringankan serta mengurangi rasa perih pada mata ketika memotong dikarenakan zat yang keluar dari bawang tersebut diserap oleh unsur H2O yang ada pada tissue, sehingga tidak sampai ke daerah mata.

Berikut merupakan beberapa cara untuk mengurangi rasa perih di mata saat memotong bawang, selamat mencoba salah satu cara diatas dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Syifa fauziyah