6 Cara Cepat Menguasai Bahasa Asing tanpa Kursus


6 Cara Cepat Menguasai Bahasa Asing tanpa Kursus 1

Perkembangan zaman yang semakin modern menuntut kita untuk memiliki keterampilan lebih, tidak hanya di bidang teknologi ataupun berhitung, namun kita juga perlu mempelajari bahasa asing untuk mempermudah komunikasi dengan rekan kerja atau pimpinan yang berasal dari negara lain. Dengan mempelajari bahasa asing, kita akan mudah untuk memahami segala bentuk penjelasan dan petunjuk melakukan suatu pekerjaan, dan hal itu tentu meringankan tugas-tugas kita dalam bekerja. Namun sebagian dari kita pasti mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa asing. Tapi tak perlu khawatir, berikut 6 cara ampuh untuk menguasai atau mempelajari bahasa asing.

1. Mendengarkan Lagu

Cara yang pertama adalah dengan mendengarkan lagu. Cara ini termasuk cara yang mudah dan asyik. Pilih lagu yang pelafalan liriknya simpel dan mudah dipahami, simpan di HP atau laptop, kemudian dengarkan lagu tersebut saat kita sedang bersantai. Pada awalnya memang agak sulit, karena pasti ada sebagian kata-kata yang tidak jelas pelafalannya di telinga kita, dan hal itu mengharuskan kita untuk mendengarkannya berulang-ulang. Namun jangan patah semangat, kita bisa browsing liriknya, kemudian kita pelajari dan kita nyanyikan bersamaan dengan mendengarkan lagu tersebut. Di hari-hari berikutnya pasti kita sudah hafal dan faham isi juga arti dari lagu itu.

2. Menonton Film

Cara asyik yang kedua adalah dengan menonton film. Di awal kegiatan kita bisa menonton film berbahasa asing dengan teks terjemahan, namun di hari-hari berikutnya usahakan untuk menonton film tersebut tanpa teks terjemahan. Pilih film-film yang pelafalan kalimat-kalimatnya mudah didengar dan dipahami, kemudian coba tonton sampai selesai dengan lebih fokus. Cara tersebut tergolong menyenangkan, santai, dan tidak terlalu serius. Dengan begitu kita juga mudah untuk mempelajari dan memahami bahasa asing itu tanpa merasa kesulitan.

3. Membuat Catatan Kecil

Cara ketiga adalah membuat catatan kecil tentang kosakata apa saja yang telah kita dapatkan dalam mempelajari bahasa asing di hari itu. Cara ketiga ini sebenarnya rangkuman atau kesimpulan dari cara pertama dan kedua. Saat mendengarkan lagu, untuk memperkaya kosakata dan memahami lebih dalam makna lagu tersebut, kita bisa membuat catatan kecil tentang kosakata baru yang belum kita ketahui artinya. Hal ini juga berlaku saat kita menonton film. Kita bisa mencatat kosakata-kosakata tersebut di dalam buku kecil, kemudian kita cari artinya, untuk selanjutnya kita bisa gabungkan dengan kata-kata sebelumnya yang telah kita ketahui artinya. Dari situ kita sudah mulai bisa untuk mempelajari bahasa asing dengan sendirinya.

4. Menulis Jurnal atau Diary

Cara keempat adalah dengan menulis jurnal atau diary yang berisi kegiatan sehari-hari. Jika biasanya kita menulis jurnal dengan bahasa Indonesia, untuk kali ini cobalah menulis dengan bahasa asing yang sedang kita pelajari. Gunakan kosakata-kosakata baru yang kita dapat dari menonton film dan mendengarkan lagu. Jangan berpikir tentang grammar atau tata bahasa, karena hal itu akan menyulitkan kita  sendiri. Yang penting tulis saja dulu semua apa yang kita rasakan dan pikirkan di hari itu. Ulangi kegiatan menulis ini setiap hari atau setiap minggu untuk mengembangkan perbendaharaan kata kita.

5. Berbicara pada Diri Sendiri

Selanjutnya praktik berbicara dengan diri sendiri. Hal ini dimaksudkan agar pelafalan setiap kata dan kalimat yang sudah kita dapat semakin fasih. Tapi tentu saja kita harus berani mengoreksi dan menyalahkan diri sendiri jika memang pengucapan kita dirasa belum sepenuhnya tepat. Cobalah praktik bicara sendiri di depan cermin, koreksi bagaimana bentuk bibir kita, rasakan bagaimana lidah kita mengucapkan dan melafalkan kosakata-kosakata asing tersebut. Dengarkan suara kita sendiri, dan catat kata-kata mana yang dirasa sulit untuk diucapkan, kemudian ulangi lagi kata-kata yang sulit itu untuk lebih memfasihkannya.

6. Berbicara pada Orang Lain

Langkah terakhir adalah praktik bicara dengan orang lain. Minta lawan bicara kita untuk mengoreksi setiap kosakata yang kita ucapkan. Minta juga saran dan pendapatnya agar kita semakin berani bicara di depan umum menggunakan bahasa asing, dan fasih dalam pengucapan setiap katanya. Jangan takut, jangan minder. Karena untuk bisa menguasai bahasa asing salah satu syaratnya adalah dengan terus berlatih atau praktik berbicara.

Itulah 6 cara cepat menguasai bahasa asing dengan belajar sendiri di rumah tanpa kursus. Sudahkah Anda mempraktikkan salah satu cara diatas? ;-D


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dewi Mariya Ulfah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap