6 Cara Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android


6 Cara Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android 1

Pernahkah kamu merasakan kinerja smartphone Android menurun, sehingga saat mengunduh aplikasi maupun konten jauh lebih lama dari biasanya, atau ketika memainkan game loadingnya sangat lama, atau ketika memutar video striming, bufferingnya cukup lama.

Jika penyakit tersebut mulai menyerang smartphone android kamu, ada baiknya untuk mencoba beberapa alternatif berikut ini guna meningkatkan kinerja smartphone:

1. Lambatnya smartphone seringkali disebabkan karena memori internal sudah hampir penuh, entah itu untuk menyimpan musik, foto, video, game serta data lainnya. Untuk itu, delete atau  pindahlan sebagian file data yang tersipan pada memori internal ke memori eksternal.

2. Perbarui firmware dengan mengupdate versi terbaru. Tujuannya selain untuk memperbarui sistem dengan cara mengurangi dan memperbaiki bug, juga untuk mengatasi beragam gangguan yang muncul pada firmware sebelumnya.

6 Cara Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android 3

3. Tambahkan aplikasi yang dapat mendukung kinerja smartphone, seperti cache cleaner, antivirus, greenify, serta yang lainnya.

4. Resetlah smartphone Anda. Dengan melakukan reset sebagian aplikasi memang akan hilang dan sebagian lainnya akan kembali seperti awal, namun cara ini cukup efektif untuk membuat smartphone kembali fresh. Untuk itu, back up terlebih dahulu aplikasi dan data-data penting sebelum melakukan reset, agar nantinya dapat direstore kembali.

5. Lakukan uninstal pada data dan aplikasi yang tidak seberapa dibutuhkan, karena aplikasi yang berlebihan akan membebani space RAM sehingga kinerja smartphone mengalami penurunan.

6 Cara Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android 4

6. Lakukan Restart. Kadangkala tanpa diduga smartphone mengalami masalah, baik macet maupun munculnya bug. Cara yang cukup sederhana namun terbukti ampuh adalah dengan menonaktifkan smartphone untuk beberapa saat untuk kemudian diaktifkan kembali. Saat smartphone kembali aktif, kinerja smartphone biasanya akan mengalami sedikit perubahan.

Selain cara-cara tersebut di atas, masih ada cara lainnya untuk meningkatkan kinerja smartphone, seperti melakukan overlocking, root, custom room, dan cara lainnya. Namun, sebelum mengaplikasikan setiap cara yang ada, sebaiknya mencari informasi yang lebih banyak terkait cara yang Anda lakukan berikut risiko yang harus ditanggung oleh smartphone. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments