6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar


6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 1

Menjadi tua adalah takdir. Bertambahnya usia tentu akan mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh seperti, rambut, jantung dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, banyak orang yang beranggapan masa tua adalah masa yang mengerikan. Karena masa tua identik dengan otot yang melemah, tubuh yang tidak lagi bugar seperti dahulu.

Agar masa tua mu tetap bugar, kamu perlu mempersiapkannya dari sekarang. Dengan kombinasi olahraga, diet dan cara berpikir, kamu bisa melewati masa tuamu dengan tetap bugar.

Berikut ini 6 cara, yang bisa kamu lakukan agar masa tua tetap terlihat bugar.

 

1. Olahraga

6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 3

Olahraga teratur adalah salah satu cara menjaga tubuh menjadi tua yang baik. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga selain tubuh yang bugar,  Olahraga juga dapat mengurangi hilangnya memori yang berkaitan dengan usia.

Oleh karena itu, meningkatkan aktifitas fisik  sangat disarankan demi menurunkan risiko alzheimer atau demensia hingga 25 persen. Karena olahraga dapat memperkuat hippocampus, yakni wilayah otak yang terkait dengan pengetahuan.

 

2. Perhatikan pola makan dan porsi makan

6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 4

Nutrisi berperan penting pada bagaimana tubuh kita menua. Mengatur pola makan sejak masih muda akan bermanfaat saat tubuh sudah menua. Misalnya dengan memperbanyak sayur, biji-bijian dan protein tanpa lemak.

Pola makan juga harus menyeimbangkan kandungan makanan yang masuk ketubuh kita. Misalnya dengan konsumsi ikan dua kali dalam satu minggu dan mengurangi garam.  Cara diet ini dapat membantu menua lebih baik dengan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian dini.

Selain itu konsumsilah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, untuk membantu kulit memproduksi minyak esensial yang dapat membantu kulit terlihat lebih muda.

Nah, selain mengatur pola makan, kamu juga harus mengatur porsi makan. Karena makan berlebih dapat menyebabkan tingginya risiko kematian dini, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2.

 

3. Lindungi kulit dari sinar matahari

6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 5

Sinar matahari memang memicu produksi vitamin D yang berfungsi membantu Kesehatan tulang. Namun terlalu sering terpapar sinar matahari juga bisa berdampak negatif. Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan mudah keriput dan berisiko tinggi terkena kanker. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

 

4. Tidur yang cukup

6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 6

Aturlah durasi tidur kamu agar terhindar dari risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Durasi tidur yang baik adalah tujuh hingga sembilan jam. Tidurlah dengan nyenyak. Karena tidur nyenyak akan membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu memulihkan kolagen dan elastin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit awet muda.

 

5. Bersikap positif

6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 7

Pikiran akan sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Terutama terkait dengan penuaan. Di kutip dari kompas.com, menurut sebuah studi, orang lanjut usia yang mengganggap usia tua sebagai sarana untuk menambah kebijaksanaan dan kepuasan hidup, lebih memungkinkan memiliki masa tua yang sehat dan bugar dari pada mereka yang berpikir negatif tentang masa tua.

 

6. Bersosialisi

6 Cara Menyiapkan Masa Tua Agar Tetap Bugar 8

Teman dan saudara yang ada disekeliling mu, akan membantu kita menua dengan lebih baik. Tentu teman atau sadara yang suportif yang akan membawa kita awet muda. Memiliki ikatan sosial akan menambah peluang untuk hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki hubungan yang buruk.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap