6 Fakta tentang Nyamuk, ‘Si Vampire’ yang Sesungguhnya


6 Fakta tentang Nyamuk, 'Si Vampire' yang Sesungguhnya 1

Nyamuk adalah serangga yang memiliki tubuh kecil yang mempertahankan hidupnya dengan cara menghisap darah. Hewan yang satu ini sering sekali dianggap musuh  dan dianggap sepele oleh manusia, karena suka mengigit bahkan menimbulkan penyakit mematikan seperti demam berdarah. Tapi tahukah kamu hewan yang  dianggap hina oleh manusia ini ternyata mempunyai fakta yang tak jarang orang tahu, apa sajakah fakta-fakta tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1.  Organ tubuh nyamuk

6 Fakta tentang Nyamuk, 'Si Vampire' yang Sesungguhnya 3

Meskipun dikenal dengan bentuk tubuhnya yang kecil , siapa sangka  organ tubuh nyamuk itu menakjubkan. Nyamuk mempunyai 100 mata di kepalanya, 48 gigi di dalam mulutnya dan punya tiga jantung. Satu jantung sebagai pusat sedangan dua jantung lainnya berfungsi untuk mengatur kedua sayapnya.

 

2.  Mempunyai radar pendeteksi

Berbeda dengan manusia, nyamuk tidak dapat melihat bentuk dan warna. Akan tetapi ia dapat mendeteksi suatu objek dengan cara merasakan suhu yang dipancarkan oleh suatu objek menggunakan radar yang dia miliki. Nyamuk dapat mendektesi keberadaan manusia karena suhu manusia lebih tinggi daripada suhu benda-benda lain dalam ruangan yang ditempati manusia.

 

3. Nyamuk memiliki  alat pemeriksa darah

Ternyata nyamuk mempunyai alat pemeriksa darah, ia bisa tahu darah apa yang cocol dengannya.  Misalnya, ada dua orang yang tidur dalam satu ranjang. Ketika pagi hari , kening orang yang satu penuh dengan sengatan nyamuk, sedangkan yang satu tidak.

 

4.  Nyamuk mempunyai  alat bius

Alat bius ini berfungsi untuk membius bekas sengatan pada kulit sehingga tak jarang kita tidak sadar jika sedang digigit nyamuk, dan akan sadar setelah terasa gatal. Rasa gatal inilah menandakan pengaruh bius yang diberikan nyamuk pada kita hilang. Jika tidak membius kulit bekas sengatannya tentu saja nyamuk sudah dibunuh sebelum mengigit.

 

5.  Tidak semua nyamuk menghisap darah

Pada umumnya nyamuk dikenal sebagai hewan yang mempertahankan hidupnya dengan cara menghisap darah. Tapi ternyata tidak semua nyamuk menghisap darah  sebab, ternyata hanya nyamuk betinalah yang mengisap darah . Nyamuk  jantan mengisap dedaunan, bunga, buah-buahan dan lain-lainnya.  Nyamuk betina mengisap darah karena mereka sedang bertelur , dan telur itu membutuhkan banyak protein untuk berkembang. Dan begitulah cara nyamuk menjaga kelangsungan hidupnya.

6.  Suara nyamuk yang berdengung

6 Fakta tentang Nyamuk, 'Si Vampire' yang Sesungguhnya 4

Nyamuk sering sekali mengeluarkan suara degungan. Suara dengungan ini ternyata disebabkan oleh kepakan sayapnya. Yups, kecepatan kepak sayap nyamuk bisa mencapai 600 kepakan perdetik  dan inilah yang  menimbulkan suara dengungan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ofieTanpaKumis

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap