6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer’s Block


6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 1

Unjuk tangan bagi semua penulis yang berprofesi dan selalu aja menghadapi writer’s block ? Sebagai salah satu orang yang memilih berprofesi sebagai penulis. Saya sendiri juga selalu mengalami gangguan ini. Writer’s block ini sedang viral dikemukakan dengan mengistilahkan kebanyakan penulis yang mengalami gagal ide atau buntu jalan cerita dalam menulis sebuah karya tulis. Bisa novel, artikel, cerpen, skrip film dan masih banyak hal lainnya.

Keluhan ini pada umumnya sudah menjadi makanan bagi para profesi penulis dan tidak menutup kemungkinan selalu terjadi di saat yang tidak diinginkan. Bayangin aja kalau kalian sudah memiliki ide awal yang menarik namun kemudian saat mengerjakan anda lupa mengenai beberapa bagian yang menjadi isi dari segala macam jenis karya tulisan anda. Pastinya ngeselin banget kan. Karena kehilangan ide berarti anda juga dikatakan kehilangan pegangan lagi atas bagian dari tulisan.

Mau seberapa penting dan krusialnya jenis writer’s block yang kita alami ini kebanyakan dari anda semuanya pasti tidak menyangkal jika kalian pastinya ingin menghindar dari gangguan ini. Rasa takut dari kebanyakan penulis akan datang dan terjadinya writer’s block ini juga membuat kebanyakan dari penulis menjadi minder bahkan kehilangan porsi untuk ingin menulis kembali. 

Di sini kita akan menjelaskan dari beberapa point penting bagaimana kita bisa menghindari kemungkinan terjadinya writer’s block dimana nantinya bisa memiliki sebuah karya tulisan yang selalu sempurna karena nggak kedatangan gangguan sejenis writer’s block ini. Yuk kita coba salah satunya.

Membuat jenis tulisan yang paling dikuasai isinya. 

6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 3

Kalau tulisan itu diperluaskan dengan ide melalui jenis tulisan berdasarkan bidang yang banyak macamnya. Maka pilihlah bidang dimana kalian mengerti isi dari sebuah informasi yang anda sampaikan. Kebanyakan jenis dari tulisan itu salah satunya membutuhkan banyak sumber material dan teori isi atau ilmu umum mendukung. Misalkan saja tulisan artikel tajuk lifestyle dimana selalu memerlukan ilmu umum yang melengkapi informasinya.

Dan lain halnya adalah tulisan yang bersifat menyampaikan. Misalkan tulisan artikel bertemakan opini. Disini, seorang writer yang menulis opini memiliki dua pilihan. Yaitu pertama, dia menyampaikan sesuai dengan pandangan secara utuh dan proses penyampaiannya itu dia kuasai. Dan pilihan kedua adalah seorang yang menulis opini karena dia hanya memiliki sebatas pandangan sekilas yang dia belum tau mengarah kemana, karena dia hanya tertarik dengan satu sudut pandang saja. 

Karena itu, sesuai dengan rasa takut kita akan kejadian writer’s block. Pilihlah sesuai konsep yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis bidang penulisan berlandas akan ilmu umum. Yang memperlancar anda membuat sejenis tulisan tanpa harus memikirkan apa ide yang hilang karena tulisan anda adalah tulisan feature artikel yang memiliki storytelling panjang kali lebar. Dimana terkadang suka putus jaringan idenya di tengah jalan saat menulis.  

Membuat point penting dari isi tulisan sebelum memulai menulis.

6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 4

Karena inti dari menulis adalah kalian menjelaskan atau membagikan mengenai sebuah informasi, maka kaitannya dengan writer’s block ini adalah masalah jika dalam prosesnya anda akan kelupaan salah satu point penting dari isi tulisan. Cara agar kita bisa tetap nyaman dalam menulis adalah kalian harus membuat point penting akan isi dari karya tulis anda.

Kebanyakan dari seorang penulis menolak dari cara point ini, begitu pula dengan saya. Karena menurut kita, menulis karya tulis yang lebih kita kuasai inti topiknya dan sangat menarik untuk di tulis adalah point utama dari menulis asik tanpa ribet. Tapi, sebaik-baiknya penulis, membuat point penting dari isi tulisan anda itu memang diperlukan. Jika jenis tulisan anda terbilang jenis tulisan berjenis panjang, seperti novel atau e-book. Anda diwajibkan untuk mencatat point penting dari isi tulisan itu. 

Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan jika kita membuat sebuah karya tulisan artikel atau copywriting yang membutuhkan teknik penulisan 5W+1H. Dimana ternyata adalah kerangka sebelum anda membuat isi dari jenis topik yang sesuai pada tulisan artikel anda. 

Mengandalkan mood terbaik saat menulis.

6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 5

Apakah yang dapat diandalkan dari seorang penulis atau writer saat dirinya sedang mengerjakan secarik tulisan ataupun karya tulis berbasis digital ? Pastinya adalah mood yang baik. Dan ini terbukti bagi semua penulis. Karena keinginan untuk menulis sebenarnya tidak cukup jika belum diimbangi oleh mood yang datang untuk mulai menulis sesuatu dari ide yang muncul di benak anda. 

Jadi, sesuai dengan ketentuan mood menulis yang baik. Ini juga dapat mempengaruhi sebagian besar hasil tulisan anda apalagi proses menulis yang anda lakukan. Diketahui bahwa jika mood sedang baik, kita lebih lancar untuk mengerjakan tulisan kita. Mulai dari mencari dan mengembangkan ide untuk menulis sampai dengan mengetiknya, sehingga kita terhindar dari writer’s block. 

Banyak proses saat kita sedang menulis itu ternyata mengandalkan mood yang baik lhoh. Siapa bilang kalau mood jelek bisa membuat kita jadi malas untuk menyelesaikan tulisan kita, nyatanya benar adanya. Dan saya sendiri juga tipikal dari kebanyakan yang masih berserah diri oleh kedatangan mood untuk menulis. Bisa kita imbangi untuk merubah mood jadi baik dari buruk dengan beristirahat sejenak dan rileksasi. Jangan lupa ya. 

Menghindari menulis saat sedang tidak ada ide.

6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 6

Suka kesel nggak kalau moodnya lagi on dan lagi sebaik mungkin tapi ternyata lagi nggak ada ide sama sekali ? Sebenarnya itu adalah masalah yang umum dilakukan oleh banyak penulis. Jika kita jelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana perubahan di saat kita ingin menulis saat tidak punya ide adalah munculnya rasa frustasi karena hanya melihat sebuah blank page berwarna putih yang belum terisi. 

Untung saja sekarang kebanyakan dari penulis sudah digembirakan dengan kedatangan situs pencari keyword option seperti berbagai macam salah satunya adalah ubersuggest. Jadi kita bisa dibantu untuk mencari detail dari keyword option di situs itu untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel. Jika tidak terlalu mengandalkan situs pencari kata kunci seperti ini, mau tidak mau pastinya kita akan mengalami writer’s block. Hanya karena kita asal sama apa yang akan kita bahas dan terjadilah writer’s block.

Kesimpulan di point ini adalah jangan coba untuk menulis tanpa ada ide ya. Karena bisa-bisa anda malah kebingungan berpikir hingga akhirnya merusak skill menulis anda. Kan nggak ada yang mau skillnya jadi rusak hanya karena nggak nemu ide. 

Menggunakan metode mind mapping untuk ide tulisan kita. 

6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 7

Sesuai dengan point nomor dua, jika anda sebagai penulis akan memutuskan untuk menulis point penting tentang isi dari jenis tulisan anda nantinya, maka ada satu macam cara ampuh dari bagaimana anda bisa menulis point penting dari isi tulisan ini. Ini disebut dengan metode mind mapping. 

Sesuai dengan namanya, mind mapping adalah salah satu cara menulis point isi tulisan kita sesuai dengan beberapa branch dari topik ditengah yang berisi judul atau intisari dari apa yang akan anda kembangkan. Misalkan saja jika anda ingin menulis novel. Maka anda harus membuat mind mapping sesuai ketentuan 6 jenis alur novel mulai dari pembukaan sampai penutup. Selain novel mungkin untuk menulis buku jenis fiksi dimana isinya bisa anda buat mind mappingnya sebanyak-banyaknya sesuai dengan topik dan daftar isi yang sudah anda buat.

Mind mapping ini adalah tahap alternatif saat anda ingin menulis sebuah karya tulisan jika anda tidak ingin mengalami writer’s block karena kegunaannya yang mempermudah menjabarkan banyak hal yang diperlukan untuk keperluan menulis. Layaknya ide, isi point tulisan sampai dengan alur jalan tulisan kita.

Mencoba dengan bantuan aplikasi planners

6 Hal Cara Nggak Takut Dengan Kedatangan Writer's Block 8

Sedangkan sebagai seorang penulis kita selalu dihinggapi oleh banyak sekali jenis list atau daftar pekerjaan sebagai writer. Tidak ayalnya, kita bisa dibantu dengan membuat sebuah planners atau bullet journal dimana anda bisa membuatnya dengan manual atau digital dengan bantuan app instant. Kebanyakan dari penulis masih memerlukan upaya agar mereka bisa mengerjakan sesuai target waktu menulis mereka. Jadinya dengan planners atau bujo ini seorang penulis lebih dibantu untuk bisa menjadi penulis yang teratur. 

Writer’s block sebenarnya bisa disebabkan karena kekacauan jam kerja saat menulis. Maka dari kesalahan itu, semua penulis menyadari akan fakta jika ternyata mereka lebih ingin memiliki keseriusan untuk menulis artikel sesuai dengan apa list yang sudah mereka buat dalam sebuah planner. Jadi, sebagai seorang yang berprofesi bukan hanya penulis saja, sebenarnya semua membutuhkan app planners. 

Coba saja bayangkan jika anda sebagai seorang writers yang masih belum bisa terbantu oleh kemampuan management procedure dalam menulis bisa-bisa anda akan angkat tangan dan memilih untuk berlangganan sebuah app planners atau bujo yang sangat membantu.

Sekian dari artikel saya mengenai cara ampuh menangani rasa takut akibat kedatangan tamu harian sebagai penulis yang disebut sebagai writer’s block. Yuk kita sama-sama coba hilangkan salah satu fenomena tidak menyenangkan sebagai seorang penulis dengan menerapkan reminder dari beberapa point yang ada di artikel ini. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

andin97

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap