6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 1

SUKSES. Satu kata yang menjadi impian dan dikejar banyak orang hingga sekarang. Berbagai cara dilakukan masing-masing orang untuk mencapai kesuksesan yang mereka impikan, dan tidak sedikit yang langsung melakukan lompatan jauh atau hal-hal besar agar kesuksesan itu cepat tercapai.

Tapi tahukah Anda, jika sebenarnya sukses itu tercipta dari hal-hal sepele yang kita lakukan setiap hari tanpa sadar? Berikut ulasan dari beberapa hal kecil yang berpengaruh besar dalam menciptakan kesuksesan itu.

1. Tepat Waktu

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 3

Waktu adalah faktor pertama dan utama dalam menciptakan kesuksesan. Seseorang yang sangat menghargai waktu akan bisa dengan cepat meraih kesuksesan yang dia harapkan. Contoh kecil saja, seorang pemilik toko yang selalu tepat waktu saat membuka toko dan memulai jualan di pagi hari jam 7 atau 8, tentu saja akan mendapatkan pembeli lebih banyak dari pemilik toko lain yang membuka tokonya hampir tengah hari. Waktu adalah uang. Waktu adalah pedang.

Waktu adalah penentu dari semua hari. Waktu yang telah terlewati tak akan bisa diputar kembali. Oleh sebab itu, pergunakan waktu dengan bijak, jangan pernah terlambat untuk berangkat ke kantor, atau menghadiri rapat, atau bahkan saat interview kerja. Waktu tidak akan pernah memberikan toleransi bagi siapapun yang bermalas-malasan.

2. Membiasakan Mengucapkan “Maaf”, “Tolong”, “Terima kasih”

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 4

Kebiasaan buruk dari kita yang sampai saat ini belum bisa kita rubah adalah tidak pernah meminta “maaf” apabila telah melakukan kesalahan, baik disengaja atau tidak, tidak pernah berkata “tolong” apabila meminta orang melakukansesuatu yang kita perlukan, dan tidak pernah mengucapkan “terima kasih” apabila telah mendapat bantuan dari orang lain.

Sebenarnya 3 kebiasaan itu sangatlah penting untuk kita terapkan dalam kehidupan kita. Bagaimana tidak? Karakter kita yang sebenarnya dinilai dari 3 hal tersebut. Meskipun tampak sepele, tapi 3 hal itu bisa menjadi penentu kesuksesan kita. Dengan terbiasa mengucapkan 3 kata itu, sudah menunjukkan kalau kita menghargai dan menghormati setiap orang yang kita temui tanpa memandang jabatan dan status sosial. Jadi sebaiknya kita biasakan untuk mengucapkan 3 kata itu mulai sekarang.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 5

Menjadi seorang pendengar yang baik tidaklah gampang. Hal itu membutuhkan kesabaran dan konsentrasi yang luar biasa. Karena indera pendengaran dan otak kita bekerjasama dalam satu waktu untuk mencerna dan menyerap setiap informasi yang masuk ke telinga kita, kemudian mengolah informasi tersebut menjadi respon atau jawaban yang diinginkan si pembicara.

Dan karena juga kebiasaan dari kita adalah lebih suka didengarkan daripada mendengarkan. Oleh sebab itu kesuksesan yang kurang selangkah lagi seringkali gagal dicapai.

Menjadi seorang pendengar bukanlah kegiatan pasif yang mengharuskan kita untuk diam sepanjang waktu, tapi menjadi seorang pendengar sebenarnya mengaktifkan otak kita secara tidak langsung untuk menyerap ilmu pengetahuan baru yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya.

Sekarang coba kita pikir, jika kita selalu bicara sepanjang waktu tanpa memberi kesempatan pada orang lain untuk mengungkapkan pendapatnya, sebenarnya kita hanya mengulang pengetahuan yang sudah kita ketahui sebelumnya, dan tidak menambah pengetahuan baru dengan cara menjadi pendengar yang baik. Oleh karena itu, mari berusaha menjadi pendengar yang baik agar pengetahuan dan wawasan kita bertambah.

4. Menatap Mata Lawan Bicara

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 6

Memperhatikan lawan bicara kita juga termasuk hal yang tak kalah penting. Dengan menatap mata lawan bicara, berarti kita menghargai orang tersebut dengan benar-benar fokus pada masalah yang dia ceritakan, dan memberikan isyarat positif bahwa kita bisa memberikan respon atau saran yang diharapkan oleh lawan bicara kita.

Dengan begitu lawan bicara kita akan merasa diprioritaskan, dihargai, diperhatikan, dan merasa terbantu dengan isyarat positif yang kita berikan saat menatap matanya. Dan kita akan mendapat kepercayaan dari orang tersebut untuk membantu menyelesaikan masalah yang dia hadapi.

5. Tidak Melupakan Nama Orang Lain

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 7

Salah satu hal sepele yang membuat kita sukses adalah dengan tidak melupakan nama teman-teman kita, ataupun orang-orang yang baru kita temui. Dengan selalu mengingat nama orang-orang tersebut, berarti secara tidak langsung kita memperhatikan mereka sampai hal-hal yang terkecil.

Dan itu adalah salah satu karakter seorang pemimpin yang bertanggungjawab dengan memperhatikan setiap detail dari bawahannya, termasuk apa yang mereka butuhkan untuk penyemangat hidup mereka.

6. Berkata Yang Baik atau Diam

6 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar 8

Hal kecil berikutnya yang bisa membawa kita pada kesuksesan adalah dengan berkata yang baik pada orang lain. Mulutmu harimaumu. Jika tidak bisa mengatakan yang baik, setidaknya jangan berkata yang menyakitkan. 2 ungkapan itu sudah cukup kiranya untuk merubah karakter kita yang semula mungkin terlalu mendominasi dalam pembicaraan, dan suka bicara ceplas-ceplos tanpa memikirkan perasaan orang lain, menjadi cenderung bicara yang berkualitas sesuai dengan situasi dan kondisi.

Salah satu ciri orang sukses adalah berpikir dahulu sebelum bicara. Dia akan mempertimbangkan kualitas dari isi pembicaraannya, apakah penting dan bermanfaat bagi dirinya juga orang lain. Karena secara tidak sadar karakter dan sifat kita juga dinilai dari kualitas bicara kita, selain dari penampilan atau cara kita berpakaian.

Para pemimpin besar tentu tidak akan ceroboh mengeluarkan kata-kata sembarangan, karena hal itu mampu menjadi penilaian tersendiri bagi para karyawannya untuk bisa menghormati dan meneladani orang tersebut atau tidak.

Dari uraian diatas jelaslah bahwa ada hal-hal kecil yang dianggap sepele, yang sebenarnya lebih penting daripada materi atau uang. Dan semoga kita mampu memiliki juga melakukan 6 hal kecil tersebut untuk menciptakan kesuksesan yang kita harapkan.

(Sumber: @pondasisukses)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.