6 Hal yang Harus kamu Pertimbangkan Saat Memilih Laptop

6 Hal yang Harus kamu Pertimbangkan Saat Memilih Laptop 1

Saya yakin banyak dari kamu yang ingin membeli laptop tapi bingung saat harus memilihnya. Karena banyak sekali laptop serupa tapi tak sebenarnya tak sama. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan menuliskan beberapa hal penting yang harus kamu jadikan pertimbangan saat memilih laptop.

Memilih laptop tidak bisa dilakukan denga asal-asalan. Kita tahu sendiri harga laptop tidak semurah bingkasan kacang goreng. Sebisa mungkin kita harus memilih yang terbaik supaya bisa digunakan hingga 3-5 tahun ke depan. 

Kecuali jika kamu anak sultan, tidak usah pedulikan artikel ini. Cukup pilih laptop dengan harga yang paling mahal. Maka sudah bisa dipastikan kualitasnya juga akan bagus. 

Langsung saja berikut hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih laptop

Desain

Perihal desain sudah pasti setiap orang punya keinginan sendiri. Saya tidak akan menjelaskannya dengan panjang lebar. Cukup bandingkan dari segi bobot, ukuran layar, kelengkapan port, dan kokoh tidaknya. Misalnya kamu hobi kelapangan membawa laptop, sangat disarankan untuk memilih laptop yang sudah tersertifikasi military grade.

 

Keyboard dan Touchpad

6 Hal yang Harus kamu Pertimbangkan Saat Memilih Laptop 3

Hal ini terkesan simpel namun sangat penting. Setiap merek laptop mempunyai model dan kedalaman keyboard serta touchpad yang berbeda-beda. Ada yang enak digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama dan ada yang tidak. Begitupun juga dengan tochpadnya.

Jadi pastikan kamu sudah mencoba sendiri bagian ini. Karena setiap orang mempunyai standar berbeda-beda.

 

Upgradable atau tidak RAMnya 

RAM adalah komponen yang digunakan untuk penyimpanan sementara saat CPU melakukan proses data. Semakin besar RAM maka akan semakin besar kemampuan laptop untuk mengolah data atau melakukan multitasking dengan banyak file.

Standar minimal RAM laptop sekarang ini adalah 4GB. Namun jika laptop ingin digunakan dalam jangka waktu yang lama, saya sarankan untuk mencari laptop yang bisa diupgrade RAMnya. Semakin besar RAM kemampuan multitasking laptop akan semakin baik.

 

Generasi Processor dan grafis

Selain RAM, inti laptop yang tak kalah penting adalah processor. Jika laptop digunakan untuk keperluan menengah, core i3 sudah cukup. Namun jika untuk keperluan berat saya sarankan minimal untuk menggunakan core i5.

Tidak hanya jenis prosesor, tapi perhatikan juga generasinya. Karena semakin baru generasinya akan semakin baik dan tentunya juga semakin cepat. Generasi terbaru prosesor sekarang ini untuk intel adalah generasi ke 11 sedangkan ryzen adalah ryzen 4000. Untuk keperluan jangka panjang sebaiknya pilih generasi prosesor minimal setingkat dibawah generasi terbaru.

Kemudian untuk grafis, ini sangat penting digunakan untuk membantu pengolahan berbasis AI. Seperti render video, pemodelan 3D dan lainya.

Jika kamu memilih porsesor generasi terbaru, biasanya sudah mumpuni dengan grafis bawaannya. Namun jika generasi sebelumnya, saya sarankan untuk memilih laptop dengan grafis tambahan.

 

Baterai laptop

Cara termudah untuk tahu kualitas baterai adalah dengan tanya langsung ke penjualnya. Biasanya juga ada tertulis di stiker laptop.

Daya beterai sangat penting jika kamu orang yang malas colok mencolok. Suka mobilisasi yang terkadang terhambat dengan listrik.

 

Lakukan riset harga sebelum beli offline

Pertimbangan terakhir yang paling penting adalah lakukan riset terlebih dahulu sebelum datang ke toko offline. Sekarang semua informasi sangat mudah diakses, silahkan manfaatkan om google dan tante youtube.

Sebelum tanya om google, buat terlebih dahulu daftar laptop yang masuk kriteria kamu. Setelah itu cari review dari masing-masing laptop tersebut. Terakhir simpulkan apakah cocok atau tidak dengan keinginan. 

Oiya jika kamu benar-benar ingin laptop yang kualitasnya bagus, saya sarankan untuk cari laptop yang sudah tersertifikasi EVO. Ini adalah sertifikasi laptop yang dikeluarkan intel dengan beberapa persyaratan yang cukup ketat. Biasanya laptop yang lulus sertifikasi ini ditandai dengan sticker bertuliskan EVO.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memilih laptop. Dengan melihat hal tersebut, saya yakin laptop yang kamu beli bisa digunakan hingga 3-5 tahun. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.