6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Ilmu pengetahuan dapat mengukur lobus otak dan menghitung sel-sel reseptor bau di sana, tetapi masih tidak memenuhi syarat bau di laboratorium. Hanya hidung yang tahu apakah aroma atau tidak, dan mengungkapkan persepsi ini dengan kata-kata atau perilaku.

Berikut ini adalah beberapa hewan dengan yang .

1. Beruang

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Menurut jumlah reseptor aroma, beruang memiliki terbaik dari semua mamalia darat. Beruang hitam telah diamati melakukan perjalanan 29 kilometer dalam garis lurus ke sumber makanan, sementara grizzlies dapat menemukan bangkai rusa di bawah air. Namun, ini bukan hanya tentang makanan. Beruang kutub jantan diketahui telah menempuh perjalanan 161 kilometer mengikuti aroma betina yang reseptif secara seksual.

2. Hiu

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Di antara hiu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hiu putih besar memiliki yang paling signifikan. dikendalikan oleh sekitar dua pertiga otak hiu. hiu dapat merasakan setetes darah lebih dari 1,6 kilometer jauhnya, dan kecepatannya membuatnya menjadi pemangsa yang . Hiu memiliki lubang hidung di bawah moncong yang mengalir air terus menerus.

Baca juga  Selain Hiu, Inilah 9 Ikan Paling Berbahaya di Dunia

3. Gajah

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Beberapa hewan memiliki yang sangat selektif dan melampaui yang lainnya dalam mendeteksi bau tertentu. Gajah, baik Afrika maupun Asia, memiliki yang unggul dalam hal air, dan khususnya air bawah tanah. Mereka dapat mencium aroma air sejauh 19 kilometer, dan mereka dapat mengingat di mana mereka sebelumnya menemukan air. Seekor kawanan akan menggunakan kaki dan taringnya dalam menggali lubang air untuk minum dan mandi. Mereka bersedia berbagi, sehingga air yang terpapar memberi bagi hewan lain juga.

Baca juga  7 Ilustrasi Kontroversial Yang Menyinggung Kehidupan Saat Ini

4. Kiwi

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Para ahli berbeda pada sensitivitas beberapa burung, seperti condor pemakan bangkai, tetapi kiwi Selandia Baru dianggap memiliki hidung yang untuk seekor burung. Mereka telah mengembangkan bakat ini karena tidak dapat terbang dan harus menemukan makanan berupa serangga maupun cacing di tanah. Penempatan lubang hidung kiwi di ujung paruhnya adalah adaptasi tidak biasa yang membuatnya mencari makanan lebih mudah.

5. Ular

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Ular memiliki yang sangat berkembang, tetapi mereka tidak menggunakan hidungnya untuk ini. Sebaliknya, mereka “merasakan udara” dengan lidahnya, menggunakan permukaan lembab untuk menangkap partikel aroma dan membawanya ke organ khusus di mulut yang disebut organ Jacobson, di mana mereka dapat diidentifikasi sebagai makanan atau bahaya. Banyak hewan lain yang memiliki organ serupa, termasuk beruang.

Baca juga  5 Anjing Terpanjang di Dunia, Mau Pelihara?

6. Ngengat

6 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Serangga yang memiliki penciuman terbaik adalah ngengat jantan. Dia bisa mencium aroma betinanya sejauh 9 mil atau lebih, dan dia bisa mendeteksi sedikitnya satu atau dua partikel aroma feromonnya pada jarak itu. Semangatnya menunjukkan dirinya dalam perjalanannya, yang terhuyung-huyung, seolah-olah dia mabuk cinta. penciumannya yang kuat telah mengilhami para ilmuwan untuk mulai mengembangkan otak buatan yang didasarkan padanya yang suatu hari nanti akan menjadi penggerak robot pendeteksi aroma untuk digunakan melawan penyelundupan narkoba dan senjata kimia.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado