6 Hobi Sempurna Untuk Introvert Dan Orang Yang Suka Sendirian

6 Hobi Sempurna Untuk Introvert Dan Orang Yang Suka Sendirian 1

Mungkin kamu pernah digambarkan sebagai ekstrovert atau introvert di beberapa titik dalam hidup. Namun, hal itu tidak lah sepenuhnya, introvert juga menikmati acara sosial dan ekstrovert senang juga membaca buku di tempat yang sepi dan tenang.

Introvert adalah orang-orang yang menikmati menghabiskan waktu sendirian mereka tidak selalu pemalu. Tidak seperti rasa malu yang lebih merupakan takut akan dihakimi secara negatif, introvert didefinisikan sebagai preferensi untuk lingkungan yang tenang dan kurang merangsang. Orang yang suka menyendiri lebih suka terlibat dengan dunia secara berbeda daripada kepribadian sosial, mereka cenderung fokus pada aktifitas dan ide yang membuat mereka menjadi hidup.

Orang yang introvert menginginkan waktu sendiri untuk berpikir, berefleksi, bekerja, dan melakukan lebih banyak hal yang membantu mereka memulihkan tenaga tanpa ada pengaruh sosial. Jika kamu seorang introvert atau kamu lebih suka kegiatan sendiri yang tidak melibatkan banyak orang, coba kamu luangkan waktu untuk sebuah hobi. Kegiatan dibawah ini dapat memberikan kepuasan dalam menguasai keterampilan baru yang menarik atau menikmati waktu berkualitas sendirian.

1. Mendengarkan Podcast

Salah satu hiburan paling menyenangkan bagi siapa saja yang suka menyendiri adalah mendengarkan podcast yang menyenangkan, mendidik, atau menggugah pikiran. Ada banyak pilihan di Apple dan Spotify Podcast.

Cukup unduh aplikasi podcast gratis untuk ponsel kamu dan jelajahi ratusan ribu podcast audio tentang topik tertentu yang kamu sukai. Kamu juga dapat melihat YouTube untuk podcast video gratis. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang dunia (atau topik apa pun) dengan mendengarkan podcast pendidikan dan informasi. Podcast telah menjadi salah satu alat tercepat dan tepercaya untuk meningkatkan diri kamu sambil memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

2. Menulis

Menulis memungkinkan kamu mengekspresikan diri dengan cara kamu sendiri, pada waktu kamu sendiri. Bisa dalam bentuk jurnal pribadi, puisi, atau cerita fiksi. Ini adalah cara yang memuaskan untuk mengekspresikan diri kamu. Jika tulisan kamu dapat membantu orang lain, kamu juga bisa mendapatkan kepuasan karena mengetahui bahwa orang mendapat manfaat dari ekspresi diri kamu. Menulis sebagai hobi bisa memiliki arti yang bermacam-macam, jadi sambil menyendiri, kamu bisa mencoba berbagai jenis dan gaya tulisan sampai kamu menemukan yang paling cocok untuk kamu.

Kamu dapat menikmati menulis sendiri dengan membuat jurnal, menulis novel, menulis memoar, atau menulis secara daring tentang apa pun yang kamu inginkan. Keuntungan besar lainnya dari menulis adalah dapat dengan mudah beralih dari hobi ke karier, sesuatu yang tidak membuat kamu sering berhubungan dengan siapa pun.

3. Membaca

Di halaman buku, kamu bisa pergi ke mana saja, melakukan apa saja, menjadi siapa saja. Membaca adalah salah satu hobi terbaik yang bisa dinikmati oleh para introvert selama berjam-jam, di mana pun dan kapan pun mereka bisa. Jika kamu belum rajin membaca, ini adalah hobi yang bagus untuk orang-orang yang suka menghabiskan waktu berkualitas sendirian.

Kamu dapat melakukan perjalanan dekat atau jauh untuk melarikan diri dari kebisingan dan kebingungan dunia di sekitar, mengajari diri kamu sendiri keterampilan baru, atau belajar cara meluncurkan proyek baru saat kamu berkomitmen penuh untuk membaca sebagai hobi. Buku adalah pendidikan tercepat, termudah, dan paling murah yang bisa kamu dapatkan.

4. Bermain Teka-Teki

Teka-teki adalah cara sempurna untuk melatih otak kamu dan menantang diri sendiri. Teka-teki sangat bagus untuk orang-orang yang menyukai kesendirian,  kamu hanya perlu menemukan jenis teka-teki yang kamu sukai. Kamu dapat membuat teka-teki jigsaw, sudoku, teka-teki silang, teka-teki online, atau bahkan kubus Rubik. Selain menjaga agar otot kognitif kamu tetap tajam, teka-teki dapat membantu meningkatkan fokus dan daya ingat kamu juga loh.

5. Fotografi

Fotografi memungkinkan kamu melihat segala sesuatu di sekitar kamu dari perspektif yang berbeda. Kamu dapat berinteraksi dengan orang lain dalam prosesnya atau memilih untuk menikmati pengalaman dari kejauhan. Kamu dapat menikmati berfoto sebagai hobi tanpa berinteraksi dengan orang lain. Kamu tidak perlu menginvestasikan banyak uang untuk membeli kamera yang mahal; kamu dapat mengembangkan keterampilan fotografi yang hebat hanya dengan menggunakan ponsel yang dimiliki.

Kamu dapat membuat hobi mengambil gambar hampir semua hal tanpa gangguan orang lain. Saat kamu memilih fotografi sebagai hobi, kamu membuka berbagai pilihan yang dapat membantu hobi baru kamu tumbuh dan berkembang seiring waktu.

6. Membuat Karya Seni

Jika kamu seorang introvert, kamu bisa menjadi berseni dan menikmati prosesnya. Kabar baiknya adalah, kamu tidak perlu keahlian sejati sebagai seniman untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Nikmati waktu luang kamu dengan mengikuti kelas menggambar, melukis, kaligrafi secara online.

Melukis juga dapat meningkatkan keterampilan ingatan memori kamu melalui visualisasi dan implementasi. Melakukan hobi seperti melukis dapat meredakan kecemasan dan stres. Ini juga bisa menjadi pengalaman meditatif. Belajar menikmati kebersamaan sendiri tidak berarti kamu harus sendirian sepanjang waktu. Ini berarti kamu harus menikmati waktu yang kamu habiskan sendirian, dan hoby adalah cara sempurna untuk melakukannya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susilo mardani