6 Jajanan Serba Aci Khas Bandung, Cocok untuk Snack Time!

6 Jajanan Serba Aci Khas Bandung, Cocok untuk Snack Time!

Hawanya yang sejuk dan asri karena dikelilingi oleh pegunungan, membuat dikenal memiliki beragam kuliner lezat yang cocok dinikmati dengan udara dingin di sana. Meski berbentuk , namun sejumlah street food berbahan dasar ini banyak diulas oleh berbagai food blogger yang penasaran akan cita rasanya.

instagram.com/hestri.susilowati
.com/hestri.susilowati

Alhasil, rasanya yang tentu nikmat berbumbu dengan dibalut tekstur kenyal dan gurih membuat kelezatannya populer hingga keluar daerah lho. Lantas, ada apa saja ya khas Kota Kembang yang terbuat dari ini? Yuk, kita simak satu per satu lewat artikel di bawah ini.

1. Cilok

instagram.com/pindle.indonesia_
.com/pindle.indonesia_

satu ini tentu hampir semua milenial pasti mengenal dan pernah mencobanya, siapa lagi kalau bukan cilok. Berasal dari kata dicolok, tentu untuk menikmatinya cilok identik dinikmati dengan cara ditusuk bareng cocolan saus sambal kacang.

Baca juga  Cangehgar : Podcast Komedi Bahasa Sunda dalam Bentuk MP3 dan Cara untuk Menikmatinya

Perpaduan antara cita rasa pedas manis dengan tekstur kenyal dan isian di dalam cilok yang gurih, kenikmatannya benar-benar kelewatan euy.

2. Cireng

instagram.com/hestri.susilowati
.com/hestri.susilowati

Jika cilok adalah camilan berbentuk seperti bakso yang dinikmati dengan cara dicolok, maka cireng alias digoreng adalah adonan berbumbu yang diberi berbagai isian lalu digoreng matang.

Termasuk ke dalam jenis goreng-goreng, cireng cocok dinikmati dengan berbagai macam cocolan baik sambal kacang maupun bumbu rujak. Bahkan, cireng juga bisa banget dinikmati bareng kuah seblak maupun soto. Gimana, endeus kan?

3. Cimol

instagram.com/martinardhi
.com/martinardhi

Menurut bahasa Sunda, cimol memiliki arti digemol alias dibulatkan. Bisa dibilang cimol merupakan perpaduan antara cilok dan cireng, karena bentuknya yang bulat-bulat kecil kemudian digoreng.

Baca juga  Perempuan-Perempuan Pemburu di Garis Depan

Untuk menikmatinya, cimol paling nikmat dinikmati bareng taburan bumbu bubuk selagi hangat. Karena kalau disantap saat sudah mendingin, cimol memiliki tekstur alot yang bisa bikin menggangu momen ngemil.

4. Cilor

instagram.com/jajanan_salatiga
.com/jajanan_salatiga

Street food khas serba berikutnya adalah cilor. Cilor sendiri merupakan singkatan dari telor, terdiri adonan yang dibentuk bulat lalu ditusuk seperti sate barulah digoreng dengan dibalut kocokan telur hingga matang.

Memadukan tekstur kenyal dan gurih telur, cilor biasanya dinikmati bersama lumuran saus sambal.

5. Cilung

instagram.com/wawawiati
.com/wawawiati

Sesuai nama, cilung merupakan serba aci yang menyerupai tampilan mirip telur gulung. Terdiri dari telur yang digoreng dan diratakan di atas teflon, lalu dituang adonan aci dan bumbu tabur.

Baca juga  7 Kampus Negeri Buat Kamu yang Pengen Ngampus di Bandung

Setelah itu, barulah digulung menggunakan tusukan sate. Dalam penyajiannya, cilung biasanya diberi taburan serundeng, saus sambal, cabai bubuk, dan mayonaise. Rasanya ngeunah pisan euy!

6. Bakso aci

instagram.com/visitbogor
.com/visitbogor

Berbeda dengan kelima serba aci di atas, bakso aci identik disajikan bersama kuah gurih. Jadi, satu mangkuk bakso aci berisikan cilok, tahu, cuanki, butiran bakso, sambal, jeruk limau, dan tak lupa diberi taburan cikur.

Memiliki citar rasa kuah rempah gurih menghangatkan, bakso aci underrated dinikmati dengan hawa sejuk Kota Kembang.

Nah, ternyata dari serba aci yang ada, street food khas ini memiliki ciri khasnya tersendiri ya. Rasanya yang nikmat, jadi kira-kira mana saja yang menjadi favoritmu nih?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Amir Rosadi