6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 1

Lautan menyimpan banyak jenis ikan, berbagai spesies atau jenis ikan yang hidup di laut sangat banyak. Kebanyakan Nelayan khususnya Indonesia pasti menemukan berbagai macam jenis ikan laut, terutama ikan-ikan yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Nah berikut jenis ikan yang sering ditemui para nelayan di Indonesia :

1. Ikan Tongkol

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 3

Ikan tongkol sendiri merupakan ikan yang paling banyak dikenal, terutama ditemui para nelayan karena hidup bergerombol dan berton-ton. Ikan tongkol memiliki ciri khas berwarna putih agak gelap, dengan punggungnya berwarna biru metalik dan bermotif garis-garis.

Ikan tongkol paling banyak ditemui di lautan Indonesia, dan merupakan ikan paling sering dinikmati khususnya masyarakat Sumatera dan Jawa.

Ikan tongkol tersebar di seluruh lautan Indonesia memiliki panjang rata-rata 60 cm dan berat atau masa rata-rata 7,7 kilogram. Ikan tongkol paling banyak dimasak dengan rica-rica, pedes asam.

2. Ikan Tuna

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 4

Ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang sering ditemui para nelayan serta merupakan yang paling banyak ditemui di lautan Indonesia.Indonesia merupakan komoditi dan penghasil ikan tuna terbesar di dunia.

Ikan tuna ini ikan dengan bentuknya yang sangat besar dengan rata-rata beratnya 35 hingga 350 kilogram. Daging ikan tuna ini juga beda dengan ikan lainnya, yang kebanyakan dagingnya berwarna putih, namun ikan tuna ini memiliki daging berwarna merah muda hingga merah tua.

Ikan tuna ini merupakan spesies yang bergerak cukup cepat dengan rata-rata kecepatan berenangnya 70 kilometer per jam.

3. Ikan Cakalang

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 5

Ikan Cakalang ini juga merupakan ikan yang sering ditemui oleh nelayan Indonesia, dan merupakan satu spesies dengan ikan tongkol dan ikan tuna. Cuman bedanya ikan cakalang ini berwarna lebih terang ketimbang ikan tongkol.

Ikan Ini juga sering dinamakan ikan tongkol putih, namun bentuknya lebih gemuk dan besar ketimbang ikan tongkol yang lebih langsing. Ikan Cakalang ini memiliki panjang yang sama dengan ikan tongkol dengan rata-rata 60 cm.

Ikan cakalang memiliki warna punggungnya biru keunguan. Ikan cakalang ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Sulawesi dan Maluku.

4. Ikan Teri

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 6

Ikan teri ini juga sering ditemui banyak nelayan di Indonesia dan sering dikonsumsi banyak masyarakat Indonesia. Ikan teri ini memiliki bentuk kecil-kecil, dengan panjang rata-rata 5 cm.

Ikan teri ini sering disebut Ikan asin karena rasanya cukup asin. Ikan teri ini memiliki banyak khasiatnya atau manfaat bagi kesehatan manusia. 

5. Ikan Tenggiri

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 7

Ikan tenggiri ini jug sering ditemui oleh para nelayan di Indonesia. Ikan tenggiri ini memiliki bentuk lebih panjang ketimbang ikan tongkol dan ikan tuna. 

Panjang ikan tuna dewasa kurang dari satu meter dan ikan jenis tenggiri Melayu memiliki panjang sekitar dua meter. Ikan tenggiri paling sering diolah masakannya di Indonesia seperti makanan pempek, makanan tekwan, makanan tahu bakso ikan, kerupuk kemplang, makanan siomay, serta makanan otak-otak.

6. Ikan Kembung

6 Jenis Ikan Laut Yang Sering ditemui Nelayan Indonesia 8

Ikan Kembung ini juga sering ditemui nelayan di Indonesia dan satu keluarga dengan Ikan tuna dan tongkol. Ikan Kembung ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan harganya yang relatif murah ketimbang ikan lainnya.

Nah itu tadi 6 jenis ikan yang sering ditemui oleh nelayan di Indonesia, dan juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dari keenam ikan tersebut mana yang kalian ingin nikmati. 

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

boban