6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

merupakan minat khusus yang tidak bisa dilakukansewaktu-waktu dan serta merta karena harus didahului dengan serangkaian persiapan, mulai dari memperhitungkan kondisi cuaca, kondisi fisik tubuh sampai dengan mempersiapkan perbekalan yang hendak dibawa, salah satunya adalah makanan yang harus dibawa saat .

Membawa makanan apapun sebenarnya tidak dilarang pada saat melakukan aktifitas . Persoalannya, perjalanan yang harus ditempuh selama proses harus melewati medan yang berat dan dengan beban yang berat. Artinya, jika membawa makanan seisi restotan jelas tidak mungkin karena isi tas carrier terbatas.

Itu sebabnya makanan yang harus dibawa saat Jumlahnya terbatas dan harus disesuaikan dengan lamanya serta kemampuan carrier dalam menampung bahan logistik. Karena banyaknya makanan yang dibawa terbatas, sudah barang tentu harus benar-benar diperhitungkan kadar gizi dan tingkat kalori yang terdapat pada makanan.

Bagi yang akan namun masih bingung dalam menentukan makanan yang harus dibawa saat berikut beberapa jenis makanan yang bisa dipilih.

Umbi

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Karbohidrat merupakan kebutuhan mutlak bagi tubuh, karena itu salah satu makanan yang harus dibawa saat adalah yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Jangan berpikir bahwa hanya beras atau nasi yang memiliki kadar karbohidrat tinggi. Justru saat sebaiknya tidak membawa beras karena proses memasaknya yang kurang praktis.

Baca juga  Mendaki Gunung dan Bahaya yang Mengintainya

Pilihan untuk mencukupi karbohidrat pada saat adalah umbi, bisa ketela pohon, ketela rambat, talas, serta yang lain. Namun sebaiknya membawa kentang, karena pada sebuah kentang yang berukuran sedang terkandung 37 gram karbohidrat yang lebih dari cukup untuk memulihkan tenaga setelah melakukan perjalanan yang berat. Selain itu kentang juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gula.

Kelebihan lain dari kentang adalah rasanya yang enak meski dimakan tanpa lauk, mudah mengolahnya karena cukup dibakar atau direbus, praktis cara membawanya serta membuat perut cepat kenyang.

Outmeal atau Sereal

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Solusi lain untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asupan karbohidrat adalah oatmeal atau sereal. Oatmeal menjadi salah satu makanan yang harus dibawa saat karena memiliki kadar karbohidrat yang tinggi bahkan melebihi kadar karbohidrat yang terkandung pada nasi.

Selain itu kandungan nutrisi pada oatmeal atau sereal tidak hanya karbohidrat saja, tapi juga protein, vitamin, zat besi, serat dan lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oatmeal juga lebih praktis karena tersedia dalam berbagai kemasan yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan tas carrier.

Baca juga  7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung

Madu

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Tidak disangsikan lagi, madu merupakan makanan yang harus dibawa saat karena kandungan gizi yang terdapat pada madu begitu kompleks. Sehingga dengan hanya meminum satu sendok madu, maka tenaga yang terkuras habis selama akan dapat segera pulih, karena dalam sesendok madu terkandung 64 kalori.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung antioksidan untuk menetralisir racun yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh, madu mengandung kalium, kalsium dan zat besi yang dapat memperkuat otot-otot dan daya tahan tubuh, madu mengandung nutrisi dan mineral yang dapat mempercepat sembuhnya luka dan madu juga membuat perut awet kenyang sehingga selama tidak merasakan lapar yang dapat mengganggu konsentrasi.

Cokelat

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Tidak hanya sebagai camilan yang membuat semakin terasa manis, Dark Chocolate juga merupakan sumber energi yang besar karena dalam setiap 100 gram cokelat terkandung 545 kcal. Dengan kalori yang besar tentunya sangat efektif untuk memulihkan kembali tenaga yang terkuras.

Selain itu, salah satu makanan yang harus dibawa saat mendakiini memiliki kandungan polifenol jenis epicatechin yang dapat diolah sebagai cadangan tenaga serta senyawa phenethylamine yang dapat merangsang hormon endorfin. Hormon ini dapat merangsang tubuh sehingga tetap bersemangat dan tidak cepat kehabisan tenaga.

Baca juga  Pendaki Nepal Bersihkan 2.2 Ton Sampah di Gunung Everest

Abon dan Sosis

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Selain karbohidrat, tubuh juga membutuhkan protein hewani. Banyak makanan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan protein hewani yang praktis untuk dibawa, tidak memakan tempat dan berasa lezat, dua diantaranya adalah aneka abon dan sosis dengan rasa yang sesuai selera.

Hindari untuk membawa daging yang dikemas dalam kaleng atau sarden, karena selain kemasan kalengnya banyak memakan tempat saat dibawa ke atas, dari kaleng itupun dapat merobek trash bag atau kantong plastik saat dibawa turun.

Jahe

6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Ketika melakukan di atas , selain makanan tentunya juga butuh minuman penghangat di tengah suasana yang dingin. Pilihan miunuman yang tepat bagi bukan kopi atau teh, karena kedua jenis minuman ini berisiko membuat perut terasa kembung dan mual-mual.

Bawalah jahe dalam bentuk serbuk untuk diseduh dengan air panas, karena minuman ini selain dapat menghangatkan tubuh dan memulihkan tenaga juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Itulah jenis-jenis makanan yang harus dibawa saat mendakiyang bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh selama melakukan aktifitas . (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan