6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku


6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 1

Dengan pengguna aktif bulanan jutaan orang, kini facebook menjadi tempat yang sangat baik untuk mengembangkan bisnis. Berjualan di facebook menjadi alternatif yang pas untuk menggapai pasar yang lebih luas. Apapun produk yang dipasarkan, ada kesempatan untuk tetap terjual karena banyaknya karakter orang yang berada di facebook.

Namun begitu banyak yang kemudian gagal mengembangkan bisnis di media sosial sejuta umat ini. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab produk yang dipasarkan di facebook tidak diminati oleh orang. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada saat berjualan di facebook, terutama pemula. Simak ulasanya!

1. Posting jualan terus menerus.

6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 3

Ada yang mengatakan jika sering-sering posting maka akan berdampak baik, seperti produk cepat laku. Akibatnya kemudian anda memposting jualan secara terus-menerus. Ini tentu saja tidak benar. Posting rutin tentu berbeda dengan posting terus menerus.

Pengguna facebook mungkin akan bosan jika postingan anda tentang jualan secara terus menerus. Seperti kita pun kadang bosan ketika melihat pengguna lain yang memposting jualan secara terus-menerus. Buatlah postingan jualan disela-sela postingan lain yang disukai oleh pengguna facebook. Postingan yang bermanfaat seperti doa, motivasi atau hal-hal lain yang disukai pengguna lain.

2. Asal share di grup facebook.

6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 4

Semakin banyak yang berinteraksi dengan postingan yang dibuat, maka akan semakin viral status kita. Untuk itu mungkin anda akan menshare postingan tersebut kebanyak grup di facebook. Hal semacam ini juga sangat tidak baik. Selain mengganggu kenyamanan pengguna lain, ada kemungkinan akun anda dianggap menyebarkan spam. Jika sudah dianggap menyebarkan spam maka akan ada sanksi dari facebook, seperti menonaktifkan akun anda untuk beberapa waktu.

3. Add Friend asal-asalan

6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 5

Semakin banyak teman, semakin banyak interaksi juga. Prinsip utamanya seperti itu. Akan tetapi teman yang di add pun harus sesuai dengan target pasar dari produk yang dijual. Jika tidak tertarget maka sebanyak apapun teman yang di add akan sia-sia. Selain hal tersebut, terlalu banyak add friend dalam satu waktu juga akan membuat akun anda terkena sanksi dari facebook. Add friend maksimal per harinya berkisar 50 akun.

4. Menjual produk yang di larang oleh facebook.

6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 6

Semua produk memang memiliki kesempatan untuk terjual di facebook. Namun jangan salah, facebook pun memiliki ketentuan produk apa saja yang diperbolehkan untuk dipasarkan di facebook. Anda harus jeli membaca pedoman untuk berjualan di facebook, salah-salah postingan yang anda buat akan dihapus oleh facebook, atau akun anda akan mendapatkan sanksi.

5. Memberikan informasi produk yang salah

6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 7

Seperti kita saat membeli sesuatu. Informasi mutlak kita perlukan sedetail mungkin. Informasi tersebut berupa seluruh informasi mengenai produk yang dijual, cara membeli, cara mengirim, cara membayar, dsb. Jangan sampai memberikan informasi yang salah. Sekali saja memberikan informasi yang salah, pegguna yang pernah berinteraksi akan menganggap anda sebagai pembohong. Pelajari dulu produk yang anda jual, cara pembelian, cara pengiriman,dsb, sebelum anda memulai menjual produk.

6. Enggan berinteraksi dengan pengguna lain.

6 Kesalahan Saat Berjualan Di Facebook Yang Membuat Produk Tidak Laku 8

Membangun interaksi dengan pengguna lain diperlukan agar mereka juga berinteraksi dengan kita. Memberikan like, berkomentar atau share akan sangat bermanfaat untuk kita lakukan agar mereka juga melakukan hal yang sama dengan postingan kita. Jika kita bermalas-malasan maka begitupun mereka juga enggan untuk berinteraksi dengan kita.

Itulah kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan pada saat berjualan di facebook. Menghindari kesalahan tersebut seharusnya menjadi kewajiban jika kita ingin produk yang dipasarkan laku dan mendapatkan banyak pelanggan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elang

   

Semenjak lama suka menulis, kemudian mencoba untuk menuangkannya melalui media sosial atau blog. Sekarang sedang merawat blog di http://tanimillenial.com

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap