6 Keuntungan Menabung di Bank Syariah Indonesia

6 Keuntungan Menabung di Bank Syariah Indonesia 1

Halo sobat ekonomi, kali ini kita akan membahas terkait keuntungan-keuntungan yang akan sobat ekonomi dapatkan Ketika sobat ekonomi menabung di Bank Syariah Indonesia. Sebelumnya sobat ekonomi perlu memahami terlebih dahulu apa sih itu menabung? Apakah terdapat perbedaan jikalau kita menabung di Bank Syariah dibandingkan dengan menabung di Bank Konvensional?

Menabung merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Menurut Undang-Undang No 10 Tahun 1998, tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati. Sedangkan menurut otoritas jasa keuangan, makna dari tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya dapat di lakukan menurut syarat tertentu. Maka dapat kita simpulkan bahwasanya tabungan adalah uang simpanan yang dapat di Tarik kapan saja dengan persyartan tertentu.

Sobat ekonomi, ada 3  tujuan seseorang itu menabung di bank. Pertama, adalah agar merasa nyaman karena uangnya berada dalam posisi aman. Kedua, Ketika sesorang itu membutuhkan uangnya makai a bisa menariknya dengan mudah ada mesin-mesin ATM terdekat. Ketiga, untuk upaya penghematan agar uang yang di terimanya tidak digunakan seluruhnya untuk berbelanja.

Ketika sobat ekonomi memahami lebih lanjut terkait Bank Syariah dan Konvensional maka sobat ekonomi akan mendapatkan perbedaan antara tabungan syariah dengan tabungan konvensional. Perbedaan utamanya terdapat pada sistem dasar yang digunakan. Dan itu menyangkut hubungan antara sobat ekonomi dengan pihak bank terkait dengan perolehan keuntungan. Sedangkan pada Bank Konvensional, tabungan yang disimpan oleh sobat ekonomi akan dikelola untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya. Berbeda dengan Bank Syariah, karena setiap transaksi keuangan yang terjadi harus sejalan dengan prinsip syariah islam.  

KEUNTUNGAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA

Pertama, akad sesuai dengan Syariah islam. Sebagai umat islam sobat ekonomi di wajibkan untuk menjalankan seluruh aktivitas sesuai dengan syariat yang berlaku. Begitupun dengan menabung. Bank Syariah Indonesia memfasilitasi seluruh kegiatan transaki uang yang sesuai dengan prinsip dan akidah syariah islam. Bank Syariah Indonesia biasanya memiliki dua jenis tabungan yaitu tabungan akada wadiah dan tabungan akad mudharabah.

Tabungan akad wadiah adalah tabungan yang menggunakan sistem penyimpanan. Maksud dari penyimpanan adalah sobat ekonomi bertindak sebagai penyimpan uang dan memberikan Amanah kepada pihak bank untuk memanfaatkan uang tersebut. Selain itu pada akad wadiah, tidak ada pemberian bonus. Namun, pihak bank bisa saja memberikan insentif secara sukarela kepada sobat ekonomi tanpa melalui kesepakatan. Sedangkan akad mudharabah adalah akad yang memilki sistem kerja sama antara sobat ekonomi dan pihak bank. Sobat ekonomi tidak sebatas menyimpan uang saja, tetapi juga memberikan izin kepada pihak bank agar di Kelola untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan diawal dan jikalau terjadi kerugian maka kerugian tersebut akan di tanggung oleh pihak bank.

Kedua, menerapkan skema bagi hasil. Seluruh bank Syariah menerapkan skema bagi hasil dan tidak menerapkan sistem bunga dalam transaksinya di karenakan skema bunga mengandung riba yang di haramkan oleh syairah islam. Besaran bagi hasil yang di berikan oleh bank kepada sobat ekonomi sesuai dengan keungan yang diperoleh bank Syariah. Jadi, semakin banyak keuntungan yang diperoleh oleh bank Syariah maka bagi hasil yang akan sobat ekonomi dapatkan juga akan lebih banyak.

Ketiga, tidak adanya biaya administrasi. Sobat ekonomi tidak perlu khawatir terhadap biaya administrasi bulanan. Karena bank Syariah meniadakan biaya administrasi bulanan walaupun saldo yang di miliki oleh sobat ekonomi sangat minimum. Keadaan ini akan menguntungkan sobat ekonomi yang ingin menabung dalam jumlah yang kecil tanpa harus takut jumlah uang yang sobat ekonomi simpan akan berkurang karena biaya administrasi.

Keempat, tersedia produk-produk yang tidak ada di bank konvensional. Keuntungan yang juga  sobat ekonomi dapatkan Ketika menabung di bank Syariah Indonesia yaitu adanya produk-produk yang tidak tersedia pada bank konvensional. Contohnya adalah tabungan haji dan umrah, wakaf, tabungan kurban dll.

Kelima, dijamin oleh LPS (Lembaga penjaminan simpanan). Bagi sobat ekonomi yang menabung di bank Syariah, seluruh uang simpanan sobat sudah bisa dipastikan terjamin oleh LPS (Lembaga penjaminan simpanan). Seluruh kegiatan transaksi keuangan sobat ekonomi akan dijamin keamanannya oleh LPS. Jadi, sobat ekonomi tidak perlu khawatir akan kehilangan uang, terjadi bangkrut atau resiko kerugian lainnya.

Keenam, tersedianya fasilitas internet banking. Keuntungan yang juga sobat ekonomi dapatkan adalah kemudahan dalam bertransaksi. Dengan adanya internet banking maka sobat ekonomi bisa melakukan pengiriman uang, pembayaran tagihan, pembelian, ataupun transaksi lainnya kapan saja dan dimana saja. Hal tersebut sangat membantu sobat ekonomi dalam transaksi yang sudah serba digital pada saat ini.

Setelah mengetahui enam keuntungan yang sobat ekonomi bisa dapatkan jika sahabat ekonomi menabung di bank Syariah. Selanjutnya penulis akan memberitahukan sobat ekonomi cara membuka rekening tabungan BSI secara online. Hal pertama yang sobat ekonomi perlu lakukan adalah mengunduh aplikasi BSI Mobile pada ponsel sobat ekonomi, dan ikuti Langkah berikut :

  1. Unduh aplikasi “BSI Mobile” di perangkat ponsel pintar. 
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih “Buka Rekening”.
  3. Pilih jenis rekeningnya Easy Wadiah atau Easy Mudharabah. (untuk pembukaan rekening di BSI Mobile hanya dikhususkan untuk Tabungan Easy). 
  4. Pilih jenis kartu ATM yang diinginkan.
  5. Mengisi informasi kontak seperti email dan nomor ponsel yang aktif, lalu pili “Selanjutnya”.
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul SMS yang berisikan kode OTP. 
  7. Masukkan 6 digit kode OTP tersebut sesuai instruksi layar. 
  8. Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi data diri dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP dan foto selfie dengan KTP. 
  9. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengunggah foto tanda tangan di atas selembar kertas putih. 
  10. Mengisi informasi mengenai pekerjaan. 
  11. Selanjutnya memilih lokasi Kantor Cabang BSI untuk pembukaan rekening.
  12. Setelah selesai, kamu akan dihubungi oleh petugas BSI untuk proses verifikasi. 
  13. Jika verifikasi disetujui, kamu bisa mengunjungi Kantor Cabang BSI yang telah dipilih sebelumnya untuk melakukan setoran awal dan pengambilan buku tabungan beserta kartu ATM.

Mudah bukan cara membuka rekening tabungan BSI Online. Makanya sobat ekonomi juga harus punya tabungan di Bank Syariah Indonesia agar Bersama kita bisa mengembangkan implementasi ekonomi syariah di Indonesia dan juga agar semua aktivitas yang kita lakukan baik itu pekerjaan, transaksi keuangan selalu sesuai dengan akidah Syariah islam agar hidup penuh dengan keberkahan dari Allah. Amin .

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Johan Putramoro