6 Klub Sepakbola Terbaik di Nigeria

6 Klub Sepakbola Terbaik di Nigeria 1

Nigeria merupakan negara yang merupakan bagian dari benua Afrika, dan melahirkan banyak pemain-pemain sepakbola profesional dunia. Sebut saja Yakubu, Obafemi Martin, John Obi Mikel, John Utaka, Nwanko Kanu. Namun dibalik kecemerlangan pemain-pemain Nigeria yang sukses menjadi pemain bintang, tentunya Nigeria memiliki kompetisi domestik Liga Nigeria atau dinamakan NPFL Liga Utama Nigeria. 

6 Klub Sepakbola Terbaik di Nigeria 3

Berikut deretan klub terbaik di Nigeria yang wajib anda tahu :

1. Akwa United

Akwa United merupakan klub sepakbola profesional Nigeria saat ini, dan menjadi deretan klub tebaik di Liga Nigeria atau Liga NPFL di Nigeria. KLub yang berjuluk The Promise Keepers ini berdiri tahun 1996, dan bermarka di Godswill Akpabio Stadium yang berkapasita 30.000 penonton. 

Akwa United saat ini berada di urutan ke atas Liga Profesional Nigeria atau bernama Nigeria Profesional Football League. Akwa United memiliki kostum kebanggaan orange putih yang selalu dipergunakan dalam setiap pertandingannya. Akwa United disebut memiliki kans baru di kompetisi liga profesional Nigeria dengan warna baru memberikan semangat baru di sepakbola Nigeria.

2. Enyimba

Enyimba Internasioanl Football Club merupakan klub profesional di Liga Profesional Nigeria yang bermarkas di Aba, Nigeria dan bermain di stadion Enyimba Internasional yang berkapasitas 20.000 penonton. Klub ini berdiri pada tahun 1976 dan berjuluk Peoples’ Elephant, The Aba Warriors dan menjuarai Liga Nigeria pada 2001, 2002, 2003, 2005, 2007, 2010.  Klub ini memiliki kostum kebangaan warna biru muda.

Enyimba sendiri juga banyak menjuaai kompetisi NPFL ini dan terakhir kali menjuarai Liga NPFL yaitu pada musim kemarin. Enyimba sendiri juga melahirkan pemain-pemain berkualitas.

3. Lobi Star

Klub berikutnya yang tak kalah populernya, yaitu Lobi Star. Lobi Star merupakan klub yang telah lama berkompetisi di Liga Nigeria. Klub ini berjuluk Mosquito football club dan bermarkas di Aper Aku Stadium. Klub yang bermarkas di Makurudi ini terakhir kali menjuarai Liga Utama Nigeria pada tahun 2018. Klub ini memiliki warna kostum kebangaan kuning biru.

4. Kano Pillars 

Klub berikutnya yang cukup banyak menjuarai Liga NPFL Nigeria yaitu Kano Pillars Football Club. Klub ini berdiri pada tahun 1990 dan berjuluk Sai Masu Gida. Klub ini bermarkas di stadion Sani Abacha Stadium yang berkapasitas 16.000 penonton.

Kano Pillars terakhir kali menjuarai kompetisi NPFL yaitu pada musim tahun 2013/2014 selama empat musim berturut-turut muai dari musim 2011/2012 dan sebelumnya pada musim tahun 2007/2008. Kano Pillars FC ini memiliki kostum kebanggaan berwarna kuning hijau.

5. Nasarawa United

Klub berikutnya benama Nasarawa United Football Club, klub yang berjuluk Solid Miners ini bermarkas di Lafia Township Stadium, Lafia, yang berkapasitas 10.000 penonton. Nasarawa United ini memiliki kostum kebangaan berwarna hijau.

6. Kwara United

Klub berikutnya yang tak kalah bagus adalah Kwara United. Klub ini berjuluk Harmony boys, The Afonja Warriors dan bermarkas di stadion Kwara State United yang berkapasitas 16.000 penonton. Kwara United merupakan klub papan atas di Liga NPFL Nigeria saat ini dan patut disejajarkan dengan klub Enyimba dan Akwa United.

Klub ini berdiri tahun 1997 dan memiliki warna kostum kebanggaan berwarna hijau muda. Klub ini saat ini berada di urutan ke empat klasemen Liga NPFL Nigeria diatas Enyimba.

Nah itu tadi deretan klub terbaik di Nigeria yang masuk dalam kompetisi Liga Profesional Nigeria atau disebut Nigeria Profesional Football League. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lystha AK