6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 1

Saat kamu sudah hidup begitu lama dengan obsesi akan barang-barang di sekitar kamu, memulai hidup minimalis seperti keadaan yang tidak mungkin terjadi. Memulai untuk hidup minimalis akan terasa sangat berat dan membingungkan. Padahal ada loh beberapa langkah mudah yang bisa kamu mulai sekarang untuk mengurangi obsesimu akan barang. Misalkan dengan membuang 1 barang setiap hari nya selama 30 hari.

Gaya hidup minimalis lebih dari sekedar hidup dengan sedikit barang. Lebih dari itu. Mulai dari merubah mindset, merapihkan kekacauan psikismu, kebiasaanmu dalam pengeluaran uang dan bagaimana kamu akan menjalankan hidup. Membuatmu belajar dan semakin mengerti apa saja yang benar-benar kamu butuhkan dan hargai dalam hidupmu.

Ini lah langkah awal yang bisa kamu coba untuk memulai gaya hidup minimalis.

1. Semua Berawal Dari Mindset

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 3

Mindset sangat penting lebih dari proses membuang barang-barang yang tidak kamu perlukan. Kamu harus memiliki kemauan dan kesadaran ke dalam setiap kegiatanmu sehari-hari. Kamu tahu alasan kenapa kamu memulai gaya hidup minimalis.

Memulai kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengurangi obsesimu akan barang. Membuat mindset tentang hidup minimalis bertujuan agar kamu hidup dengan segala kesadaran dan kamu punya alasan kenapa kamu melakukannya. Niat kamu memulai harus jelas. Misalkan kamu mau bisa menabung untuk membayar hutang, ingin memiliki ruang yang selalu rapi di rumahmu, atau kamu ingin kedamaian dan menyederhanakan gaya hidupmu. Temukan alasan yang jelas kenapa kamu melakukannya. Karena semua itu akan berdampak langsung ke segala hal dalam hidupmu dan menghindarkan kamu kembali ke kekacauan sebelumnya.

2. Berbenah Sesuai Dengan Urutan

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 4

Marie Kondo menjelaskan dalam bukunya berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up, berbenah lah sesuai dengan urutannya. Mulai dari pakaian, kemudian lanjut ke buku, kertas, komono (pernak-pernik) dan terakhir benda-benda yang bernilai sentimental. Dengan memulai dari yang mudah dan menangguhkan yang sulit di tahap akhir, kamu dapat mempertajam kemampuanmu mengambil keputusan sehingga pada akhirnya, memilah barang yang akan kamu simpan menjadi terkesan mudah.

Kategori pertama yaitu pakaian. Mulai dari atasan, bawahan, pakaian yang mesti digantung, kaus kaki, baju dalam, tas, aksesori, pakaian untuk acara khusus, dan sepatu. Selesaikan satu barang dulu baru berpindah ke barang lain. Cari semua pakaian di ruang mana pun dirumahmu. Lalu tanyakan ke diri sendiri saat memegang satu persatu pakaian itu, apa ini membangkitkan kegembiraan?

3. Menerapkan Capsule Wardrobe

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 5

Apa sih capsule wardrobe? Capsule wardrobe adalah kumpulan beberapa item pakaian yang tidak ketinggalan zaman, seperti kaos, kemeja putih, celana hitam, jeans dan ditambah dengan pakaian musim. Karena kita tinggal di negara yang musimnya hanya dua yaitu panas dan hujan, maka gaada yang sulit untuk memulai “capsule wardrobe” versi diri kita yang benar-benar kita pakai sehari-hari.

Coba kamu tengok ada berapa pakaian yang ada di lemari pakaianmu? Lima puluh item? Tujuh puluh item? Atau bahkan ratusan? Apa semuanya terpakai? Atau bahkan cuma menjadi pajangan? Nah itu lah tujuannya kenapa kamu harus menerapkan capsule wardrobe. Hanya dengan beberapa pasang baju, celana dan aksesoris saja sebenarnya sudah cukup. Triknya adalah kamu memilih warna-warna senada dan basic. Sehingga bisa kamu mix and match dengan mudah.

Mulai sadar deh kenapa dulu buang-buang uang untuk beli pakaian yang cuma dipakai sekali atau bahkan tidak terpakai?

4. Simpan, Donasi, Jual

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 6

Beberapa orang memulai berbenah dan berakhir dengan ruangan lebih berantakan dari sebelumnya. Karena membeli banyak barang baru agar ruangan “terlihat minimalis”. Latih dirimu untuk tidak menambah lagi barang dengan membeli baru. Karena beberapa barang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama sehingga sebenarnya kamu tidak perlu membeli barang baru yang fungsinya bisa digantikan oleh barang yang sudah kamu miliki. 

Pikirkan semua barang-barang di rumahmu yang hanya kamu pakai sekali saja atau bahkan belum pernah dipakai sama sekali. Seperti atasan yang ukurannya sudah terlalu kecil namun masih disimpan karena kamu anggap “lucu”. Atau buku yang tersimpan rapi di kolong meja, yang bahkan kamu tidak ingat pernah membeli dan berniat membacanya. Simpanlah barang-barang yang memang kamu butuhkan dan memancarkan kebahagiaan untukmu. Sisanya barang yang masih baik bisa kamu donasikan atau kamu jual. 

Hindari membeli barang baru lagi sampai yang lama benar-benar rusak.

5. Mengurangi aktivitas TV dan Sosial Media

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 7

Seberapa sering kamu melihat iklan? Dan seberapa sering juga kamu tertarik membeli barang tersebut setelah melihat iklannya? Tidak jarang kita membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan karena melihat iklan yang menarik. Karena itulah tujuan iklan ada. Untuk menarik pembeli lebih banyak lagi. Dan kebanyakan iklan muncul dalam acara TV dan sosial media. Pikirkan lah sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk barang-barang yang hanya kamu gunakan sekali saja atau bahkan belum dipakai sama sekali?

Batasi dirimu untuk mengurangi aktivitas di TV dan sosial media. Pikirkan hal lain yang sebenarnya bisa kamu lakukan dalam hidup tanpa terganggu oleh layar. Dengan begitu kamu juga bisa menyelamatkan uangmu dari hal-hal yang tidak perlu. Bye bye boros!

6. Siapkan Menu Makanmu

6 Langkah Awal Untuk Memulai Hidup Minimalis 8

Seberapa sering kamu menyimpan makanan dalam kulkas sampai kamu lupa dan akhirnya membuangnya? Jadikan gaya hidup sehat menjadi kebiasaanmu. Kamu bisa mulai dari menu makanmu. Meal planning biasanya dilakukan menyiapkan menu makananmu untuk 3 hari sampai 7 hari kedepan. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu untuk memikirkan mau makan apa hari ini. Kamu juga bisa menghemat lebih banyak uang daripada harus membeli makanan lewat aplikasi online. 

Meal planning juga akan membantumu merasa bertanggung jawab dengan apa yang kamu konsumsi. Membuatmu hanya membeli apa yang memang benar-benar kamu butuhkan dalam hidupmu. Jadi kamu siap memulainya?

Mengadaptasi gaya hidup minimalis membuatmu lebih sadar dan peduli tentang bagaimana kamu menghabiskan uangmu dan kemana kamu menghabiskannya. Minimalism isn’t about what you own, it’s about why you own it.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life